Info beasiswa sekolah di Taiwan selalu menjadi salah satu topik paling dicari di dunia maya. Pasalnya salah satu bagian dari negeri cina ini merupakan negeri yang memiliki kualitas pendidikan cukup maju. Ada banyak sekali universitas bergengsi yang ada di negara ini. Tak heran jika peminat beasiswa ke Taiwan tidak pernah sepi. Setiap tahunnya selalu ada pelajar Indonesia yang menuju ke negeri satu ini.

Jasa penerjemah bahasa taiwan
Foto : Ilustrasi

Bagi anda yang berencana untuk melanjutkan kuliah di Taiwan, sudah tentu ada banyak informasi yang harus anda kumpulkan terlebih dahulu supaya anda bisa mendapatkan tempat kuliah terbaik yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda. Karena itu pada kesempatan kali ini kami akan melakukan pembahasan mengenai informasi penting bagi anda yang hendak melanjutkan pendidikan di negara satu ini.

Jenis Beasiswa untuk Mahasiswa Asing di Taiwan

Sebagai salah satu negara dengan perekonomian dan pendidikan yang baik, Taiwan membuka peluang besar bagi anda yang memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan di sana. Karenanya jangan heran jika kemudian ada banyak sekali opsi beasiswa yang bisa anda pilih. Diikuti dari berbagai sumber terpercaya, inilah 5 info beasiswa sekolah di Taiwan yang bisa anda lamar jika anda serius.

1.Ministry of Education (MOE) – Beasiswa Huayu Enrichment

MOE adalah paket beasiswa resmi dan paling populer di Indonesia. Program beasiswa satu ini diadakan oleh pemerintah dan menjadi salah satu program yang paling diminati. Hanya saja,  beasiswa Huayu Enrichment ini bukan beasiswa pendidikan akademis melainkan hanya beasiswa bahasa. Durasi belajarnya sendiri sangat singkat, hanya 3 bulan sampai 12 bulan saja. Program pendaftaran dibuka setiap tahun mulai 1 Februari hingga 31 Maret.

 2.Ministry of Education (MOE) Taiwan Scholarship

Info beasiswa sekolah di Taiwan selanjutnya yang bisa anda pilih adalah MOE Taiwan Scholarship. Beasiswa ini masing sama-sama dilaksanakan secara resmi oleh pemerintah Taiwan. Beasiswa satu ini ditujukan untuk mereka yang berencana melanjutkan kuliah S1, S2, ataupun S3 di Taiwan. Dalam program beasiswa satu ini anda juga akan mendapatkan tunjangan biaya kebutuhan anda sehari hari.

3.Taiwan International Cooperation and Development Fund (ICDF) Program Beasiswa Pendidikan Tinggi Taiwan

Opsi terakhir, anda bisa memilih Taiwan ICDF. Beasiswa satu ini juga menawarkan pendidikan gratis untuk jenjang S1, S2, dan S3. Selain menanggung biaya kuliah anda, ICDF juga memberikan uang saku yang cukup besar untuk anda sekitar 12.000 NT$. Tidak hanya itu saja, Biaya tempat tinggal, asuransi, buku, hingga tiket pesawat ke Taiwan pulang pergi juga ditanggung oleh pemerintah.

Syarat Mengajukan Beasiswa di Taiwan

Untuk anda yang memiliki intensi untuk melanjutkan kuliah di Taiwan, ada beberapa syarat utama yang harus anda penuhi. Tentunya proses seleksi administrasi juga memiliki peranan yang sangat penting. Karena itu anda harus mempersiapkan semua syarat-syarat ini dengan seksama. Jika tertinggal satu saja, bukan hal yang tidak mungkin jika cita-cita anda untuk kuliah di negara satu ini harus anda hapus.

1.Persyaratan Umum

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah anda merupakan mahasiswa internasional. Tentu saja Indonesia termasuk di dalamnya dan anda bukan merupakan warganegara Tiongkok atau Taiwan. Anda juga harus memiliki ijazah SMA Untuk pelamar S1, dan memiliki Ijazah S1 atau S2 untuk pelamar pasca sarjana. Tidak hanya ijazah saja, catatan akademis anda juga akan sangat berpengaruh terhadap potensi kelulusan anda.

Persyaratan lainnya, anda tidak diperkenankan melamar beasiswa satu ini jika pernah melakukan kuliah di Taiwan atau memiliki keterikatan dengan program beasiswa kuliah di Taiwan lainnya. Anda juga diwajibkan untuk memiliki moralitas yang baik dan tidak pernah berkaitan dengan hal-hal kriminal atau narkoba. Terakhir anda juga harus memastikan kalau anda tidak pernah diberhentikan oleh salah satu program beasiswa di atas.

2.Persyaratan Administratif

Berdasarkan penyedia Info beasiswa study di Taiwan terpercaya, ada beberapa persyaratan yang harus anda persiapkan. Yang pertama adalah formulir registrasi yang sudah diisi sesuai dengan data anda. Kemudian anda juga harus menyiapkan Paspor dan Kartu Keluarga, serta Ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir anda. Kalau anda memilih kuliah dengan pengantar bahasa China, anda harus memiliki sertifikat TOCFL level L3 sedangkan untuk pengantar kuliah berbahasa Inggris, anda harus memiliki sertifikat TOEFL.

Daftar Universitas, jurusan, dan tingkat pendidikan

Ada banyak sekali Universitas di Taiwan yang bekerjasama dengan pemerintah dalam mensukseskan program beasiswa mahasiswa asing ini. Berikut ini 10 universitas terbaik yang paling diminati oleh para mahasiswa asing saat mereka melanjutkan studi di Taiwan.

  1. Taipei Medical University
  2. National Taipei University of Nursing and Health Sciences
  3. National Taiwan University
  4. National Central University
  5. Yuan Ze University
  6. National Taiwan Ocean University
  7. National Taiwan Normal University
  8. National Tsing Hua University
  9. National Cengchi University
  10. National Pingtung University of Science and Technology

Menurut Info beasiswa sekolah di Taiwan lainnya, ada banyak jurusan dan tingkat pendidikan yang bisa diambil jika anda kuliah di negeri ini. Dari mulai Administrasi bisnis, Mekanikal Engineer, Perdagangan dan Bisnis Internasional, Jurnalisme dan komunikasi massa, Tropical Agriculture, Agribusiness, Medical Laboratory Science and Biotechnology, serta School of Medicine. Dan tentunya masih ada banyak jurusan lain. Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi penyedia beasiswa untuk info lebih lanjutnya.

Hampir semua universitas yang bekerjasama dengan pemerintah dalam mensukseskan program beasiswa ini menyediakan berbagai Jenjang Pendidikan dari mulai S1, S2, atau bahkan S3. Yang paling penting, anda benar-benar sudah mempersiapkan semua persyaratan yang kami bahas di atas secara lengkap. Bahkan anda bisa mengakses situs dari universitas tersebut untuk mendapatkan Info beasiswa kuliah di Taiwan lainnya.

Informasi dan Cara Pendaftaran

Jika anda berminat untuk menanggapi Info beasiswa kuliah di taiwan secara serius, anda bisa langsung melakukan registrasi. Caranya mudah. Pertama anda bisa mengunjungi situs resmi beasiswa Taiwan dan kemudian mengunduh form registrasi permohonan beasiswa di dalamnya. Isilah data-data yang diminta dengan seksama. Pastikan anda melakukan pengecekan ulang setelah mengisinya.

Setelah anda selesai mengisikan semua informasi yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Buat dokumen menjadi dua rangkap dan dilegalisir. Jika diperlukan, buatlah versi bahasa China atau bahasa Inggris dari dokumen penting yang anda miliki dengan dilakukan legalisasi oleh instansi terkait. Bila perlu, buatlah surat rekomendasi dari dosen atau rektorat pendidikan terakhir anda.

Tujukan semua dokumen persyaratan tersebut ke alamat Kantor Taipei Economic and Trade Office yang berlokasi di Gedung Artha Graha Lantai 17, Jalan Jend Sudirman kavling 52-53, SCBD, Jakarta 12190. Biasanya tidak lama kemudian pihak terkait akan menghubungi anda melalui telepon atau email untuk informasi lebih lanjut. Pastikan anda melakukan pengecekan email secara berkala dan mengaktifkan nomor telepon anda. Itulah informasi yang bisa kami sampaikan terkait beasiswa di Taiwan. Sangat kami rekomendasikan bagi anda untuk melakukan pertimbangan dengan baik sebelum anda melakukan registrasi karena dalam proses registrasi dan kualifikasi beasiswa ini akan dibutuhkan biaya tambahan. Lebih jauh, pastikan juga anda melakukan balidasi terhadap setiap info beasiswa kuliah di Taiwan ini dengan baik untuk mengantisipasi terjadinya penipuan.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?