Saat ini banyak orang yang berharap bisa mendapat beasiswa di luar negeri untuk melanjutkan studi mereka. Bukan menjadi rahasia lagi, untuk melanjutkan studi di luar negeri memang harus menyiapkan dana yang cukup besar. Karena memang biaya hidup disana memang terkenal lebih mahal dari Indonesia. Maka dari itu banyak kalangan yang memilih mencari beasiswa untuk melanjutkan studi yang diidam-idamkan.

Jasa Penerjemah Bahasa Asing
Foto : ilustrasi

Untuk mewujudkan impian anda untuk melanjutkan studi dengan mendapatkan beasiswa di luar negeri, saat ini bukan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Karena pemerintah sendiri sangat mendukung masyarakat yang memiliki keinginan dan kemampuan untuk melanjutkan studi baik didalam maupun diluar negeri. Bentuk dukungan itu berupa, pemberian program beasiswa bagi para peminatnya. Seluruh warga negara berhak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Namun, beasiswa tersebut tidak semata-mata diberikan karena anda mau. Tetapi anda harus melengkapi dokumen persyaratannya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, anda harus lebih teliti dalam menyiapkan dokumen. Karena biasanya unversitas luar negeri tidak mentolerir setiap kekurangan dokumen. Apabila ternyata dokumen yang anda bawa tidak lengkap maka dapat berakibat fatal.

Mempersiapkan Essay dan Curriculum Vitae (CV)

Dalam rangka mempersiapkan dokumen untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, anda harus menyiapkan essay dan curriculum vitae menggunakan bahasa inggris. Hal tersebut dikarenakan lembaga yang biasa memberikan biasa siswa meminta anda untuk membuat kedua dokumen tersebut. Isi dalam essay biasanya diminta untuk menjelaskan tentang kontribusi yang telah anda lakukan. Kemudian kontribusi yang akan anda berikan setelah selesai menjalani masa studi.

Serta anda juga diminta untuk menjelaskan alasan mengapa ingin mendapatkan melanjutkan studi di luar negeri. Kemudian untuk cv, buatlah seperti pada umumnya dengan ditambahkan karya yang sudah anda ciptakan. Anda bisa menggunakan jasa penerjemah untuk membuat essay dan cv anda lebih menarik.  Sehingga, dapat menjadi nilai tambah bagi anda untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri.

Persiapkan Ijazah dan Transkrip Nilai

Dokumen utama yang anda harus siapkan adalah ijazah dan transkrip nilai. Dokumen ini merupakan bukti bahwa anda sudah selesai menempuh pendidikan pada universitas sebelumnya. Selain itu, kedua dokumen ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam menetukan hasil seleksi anda.

Ijazah serta transkrip nilai yang anda ajukan untuk mendaftar adalah yang sudah berbentuk bahasa inggris, yang biasanya sudah diterjemahkan oleh pihak kampus, untuk memudahkan lulusannya yang akan melanjutkan ke luar negeri. Jangan lupa untuk mengcopy sebanyak mungkin kedua dokumen ini. Kemudian dilegalisir, agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan anda tidak harus pulang dulu.

Siapkan Paspor dan Visa

Ketika anda memutuskan untuk melanjutkan studi dengan mengharapkan beasiswa di luar negeri, supaya anda tidak mendapat masalah dengan pihak imigrasi negara yang menjadi tujuan anda untuk melanjutkan studi, siapkan paspor dan visa sebelum berangkat. Untuk visa sendiri tidak semua negara mengharuskan pengunjung yang berasal dari negara lain untuk memilikinya, tergantung dengan kebijakan negara terkait. Sedangkan untuk paspor, anda harus memilikinya ketika berkunjung ke luar negeri sebagai tanda pengenal. Selain ketiga dokumen diatas, jika anda ingin melanjutkan studi pada negara tertentu. Anda diwajibkan untuk memiliki sertifikat toefl dan ielts sebagai bukti memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, yang dapat digunakan untuk berkomunisai disana. Nah, itu dia beberapa dokumen yang harus anda siapkan ketika akan mendulang beasiswa di luar negeri untuk melanjutkan studi.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?