Kementerian Keuangan, wewenang dan dokumen apa saja yang diterbitkannya di Indonesia sangat penting posisinya terhadap sektor keuangan negara. Hanya saja dahulu kementerian ini masih bernama Departemen Keuangan. Pengelolaan uang di pemerintah oleh Kemenkeu meliputi segala kepemilikan dan kekayaan pemerintah.

Kekayaan dan keuangan pemerintah tersebut berasal dari pajak, bea cukai, maupun sumber lainnya. Karena mengelola kekayaan negara, Kemenkeu menjadi instansi pemerintah yang memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi. Kelancaran pembangunan ekonomi tentu didukung dengan adanya administrasi serta pengelolaan keuangan negara yang baik.

Maka hingga kini, Kemenkeu dipanggil sebagai Negara Dana Raksa atau berarti penjaga keuangan negara. Beroperasinya Kementerian Keuangan, wewenang dan dokumen apa saja yang diterbitkannya tidak lepas dari sejarah Indonesia di masa penjajahan. Pada masa penjajahan, pemerintah Belanda melalui VOC memiliki kebijakan terkait kas negara.

Karena kekurangan ahli keuangan, maka pemerintah Belanda memberikan kursus keuangan dan perbendaharaan kepada kaum Pribumi. Hingga merdeka, Indonesia memiliki ekonom-ekonom handal yang kemudian menata perekonomian dengan dana yang masih ada dari pemerintahan Belanda.

Definisi dari Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan, wewenang dan dokumen apa saja yang diterbitkannya atau yang biasa disebut kemenkeu RI merupakan salah satu kementerian Republik Indonesia di bidang keuangan serta kekayaan negara. Dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya, Kemenkeu bertanggung jawab kepada Presiden.

Kemenkeu menjalankan tugasnya dipimpin seorang Menkeu (Menteri Keuangan) yang dipilih dan diangkat oleh Presiden. Kantor Kemenkeu ada di jalan Lapangan Banteng Timur serta Jalan dr. Wahidin Jakarta Pusat. Sebelum memiliki nama Kemenkeu, dahulu bernama Departemen Keuangan.

Perubahan nama ini diatur dalam Nonmenklatur Departemen Keuangan tahun 2009. Hingga saat ini, kita mengenal dengan istilah Kemenkeu RI. Kemenkeu berkeinginan untuk menjadi penggerak yang kompetitif, inklusif, berkeadilan dan produktif di abad 21 sehingga mereka akan menjadi penggerak utama dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tugas dan Wewenang Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan, wewenang dan dokumen apa saja yang diterbitkannya memiliki cakupan cukup luas. Secara umum membantu presiden dalam bidang keuangan. Tugas Kemenkeu dibagi ke dalam beberapa fungsi berdasarkan PP nomor 28 tahun 2015.

Tugas yang paling dikenal adalah berkaitan dengan perumusan kebijakan hingga pelaksanaan pajak, anggaran, bea dan cukai, kekayaan negara dan pengelolaan risiko pembiayaan. Kemenkeu juga memiliki tugas untuk berkoordinasi dengan organisasi di lingkungan kemenkeu terkait administrasi dan pembinaan.

Selain itu, kemenkeu melaksanakan bimbingan teknis, pelatihan, sertifikasi serta supervisi dalam bidang keuangan baik tingkat pusat hingga tingkat daerah. Dalam hal kebijakan, Kemenkeu memiliki tugas merumuskan, menetapkan dan memberikan rekomendasi terkait sektor keuangan serta kebijakan fiskal.

Dokumen yang Diterbitkan Kementerian Keuangan

Berkaitan dengan Kementerian Keuangan, wewenang dan dokumen apa saja yang diterbitkannya, Kemenkeu bertanggung jawab dalam memberikan pelaporan serta administratif dalam melaksanakan tugasnya mengelola keuangan negara. Dokumen-dokumen dari Kemenkeu pun beraneka macam bentuknya.

Hal itu disebabkan karena banyak bidang yang ditangani, misalnya terkait bea dan cukai, pajak, Surat Utang negara, Sukuk, iuran BPJS, dan sebagainya. Kemenkeu juga menerbitkan beragam laporan terkait APBN beserta realisasinya, beragam data informasi publik, laporan realisasi keuangan internal serta beragam dokumen lainnya.

Kemenkeu bertanggung jawab kepada Presiden terkait pelaporan mengenai pembiayaan dan keuangan negara. Kemenkeu juga menyajikan data dan dokumen pelaporan di website resmi mereka. Kemenkeu memiliki peranan yang sentral dan strategis terutama dalam pengelolaan keuangan negara.

Pengelolaan keuangan yang baik akan menunjang perekonomian negara yang baik pula. Sebagai warga negara, bisa berkontribusi dalam hal pengawasan serta taat membayar pajak sesuai peraturan. Kontribusi masyarakat membantu dalam mendukung kinerja Kementerian Keuangan, wewenang dan dokumen apa saja yang diterbitkannya RI mencapai Indonesia maju.

 

Jasa Legalisasi-Leges-Atestasi-Pengesahan-StempelDokumen Asli dan Terjemahan di Kantor Notaris, Kementerian Hukum dan HAM – Kemenhumham (Kehakiman), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Agama (Kemenag), Kantor Catatan Sipil, Kantor Urusan Agama (KUA), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (DIKTI), Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan dan Perindustrian, Kementerian Inggris, BKPM, Kedutaan Besar di Jakarta, Kedutaan Besar China (RRC), Perancis, Belanda, Taiwan, Turki, Italia, India, Korea, Jepang, Vietnam, Thailand, Swedia, Polandia, Rusia, Jerman, Spanyol, Philipina, Singapura, Malasyia, Uni Emirat Arab-UEA-PEA, Dubai, Qatar, Kuwait, Sudan, Mesir, Palestina, Arab Saudi, Aljazair, Tunisia, Suriah, Yaman

error: Content is protected !!