Akta cerai merupakan sebuah dokumen otentik yang dikeluarkan oleh pengadilan agama dan digunakan sebagai bukti telah adanya perceraian. Ini juga menjadi bukti apabila perceraian yang dilakukan sudah selesai secara sah. Adapun isi dari akta ini antara lain adalah berisi tentang adanya perceraian yang sudah di keluarkan.

Apa Itu Akta-Akte Cerai? Apa isi Akte cerai? Kapan diperoleh dan Jenisnya
gambar : ilustrasi

Akta cerai ini bisa didapatkan apabila gugatan maupun permohonan yang diajukan sudah dikabulkan oleh pihak majelis hakim dan perkara tersebut telah memperoleh kekuatan hukum yang tetap. Perkara biasanya akan mendapatkan kekuatan hukum jika sudah 14 hari sejak putusan dibacakan.

Syarat Mengambil Akta

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengambil akta tersebut seperti menyerahkan nomor perkara, membayar penerimaan Negara bukan pajak sebesar Rp 500 hingga menguasakan kepada orang lain untuk bisa mengambil akte cerai tersebut.

Dengan keberadaan akta inilah akan memberikan banyak manfaat bagi Anda di antaranya adalah bisa Anda gunakan sebagai bukti apabila Anda sudah putus hubungan pernikahan dengan seseorang. Selain itu juga sebagai syarat untuk melakukan pernikahan resmi apabila Anda sudah pernah menikah sebelumnya, hingga digunakan sebagai pembuatan dokumen lainnya.

Untuk bisa mendapatkan akta ini maka Anda harus melewati serangkaian persidangan di Pengadilan agama. Dengan adanya akta inilah maka akan mendapatkan banyak keuntungan. Pasalnya, jika Anda sudah mempunyai akte cerai, Anda bisa terbebas dari hubungan orang yang bersangkutan.

Desk: akta cerai merupakan salah satu dokumen sah yang harus Anda miliki jika ingin melakukan perceraian.

Pusat Penerjemah – Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah, sworn translator, penerjemah bersumpah untuk/dari bahasa Indonesia ke Inggris, China, Mandarin, Taiwan, Arab, Jerman, Belanda, Perancis, Jepang, Italia, Turki, Turkey, Hindi, India, Polandia, Swedia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnam, Philipina dan bahasa asing lainnya.

Hubungi Kami

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Live chat WA