Setiap Negara tentu mengharuskan penggunaan identitas bagi warga negaranya tidak terkecuali dengan Indonesia. Di Indonesia, identitas itu disebut dengan KTP atau kartu tanda penduduk. Kartu tanda penduduk ini merupakan identitas yang dimiliki oleh setiap warga Negara Indonesia. Saat ini, kartu pengenal ini sudah berbentuk elektronik sehingga lebih aman

Apa Itu KTP? Apa Isi KTP? Cara Buat, Urus, Manfaat dan Guna KTP
gambar : ilustrasi

Kartu tanda penduduk elektronik ini ternyata sudah diluncurkan sejak tahun 2009 silam dan bisa merekam identitas penduduk secara digital. Untuk membuat e-KTP  ini sebenarnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti telah berusia 17 tahun ke atas dan membawa fotokopi KK. Anda bisa langsung datang ke kantor kecamatan setempat untuk mengurus pembuatannya.

Cara membuat dan Manfaat KTP

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk membuat kartu tanda penduduk tersebut, Anda bisa langsung datang ke Kantor Disdukcapil ataupun UPT disdukcapil yang ada di kabupaten tempat Anda tinggal dengan syarat membawa KK dan telah berusia 17 tahun ke atas. Anda bisa mengambil nomor antrean hingga petugas pembuatan kartu tanda penduduk elektronik memanggil nama Anda.

Selain itu, kartu tanda penduduk ternyata juga mempunyai beberapa manfaat yang dalam kehidupan Anda di antaranya adalah:

  1. Digunakan sebagai tanda pengenal Anda sebagai seorang WNI.
  2. Sebagai syarat untuk pembuatan paspor ataupun dokumen kenegaraan lainnya.
  3. Untuk mengurus urusan perbankan Anda.
  4. Dengan adanya kartu tanda penduduk, maka Anda turut membantu pembangunan Negara.

Demikian informasi penting mengenai kartu tanda penduduk di Indonesia. Dengan adanya kartu tanda penduduk inilah, Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Bagi Anda yang belum memilikinya, ada baiknya Anda segera mengurus KTP ke Disdukcapil agar menjadi warga Negara yang tertib.

Desk: KTP merupakan kartu identitas yang mempunyai segudang manfaat untuk pemiliknya.

Solusi penerjemahan, translasi, penterjemahan, translet, tarjamah dan nerjemah dokumen KTP untuk kelengkapan dan persyaratan resmi oleh penerjemah resmi tersumpah/sworn translator dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, Arab, Mandarin, China, Jerman, Perancis, Polandia, India, Rusia, Swedia, Jepang dan bahasa asing lainnya.

Hubungi kami

error: Content is protected !!