Slip gaji atau penghasilan merupakan bukti yang menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya, dalam membayarkan gaji per bulan kepada karyawan. Setiap karyawan tentu memiliki hak untuk mendapatkan penghasilan rutin per bulan dari perusahaan, hal tersebut dimasukkan ke slip gaji.

Apa Itu Slip Gaji atau Penghasilan?  Apa Isi dan Kegunaannya
gambar : ilustrasi

Bukan hanya nominal gaji per bulan, jika selama bekerja ada keterlambatan atau hal yang lain berhubungan dengan pemotongan gaji, hal ini juga akan diterapkan dalam slip gaji. Tujuan dimasukkannya berbagai potongan ini supaya jelas berapa gaji yang diterima dan kenapa ada potongan di beberapa hal.

Kegunaan Slip Gaji untuk Berbagai Kepentingan

Slip gaji secara umum memiliki kegunaan atau fungsi, yakni sebagai:

  • Bukti resmi bahwa karyawan mendapatkan segala sesuatu yang menjadi haknya selama satu bulan bekerja di perusahaan tertentu.
  • Dapat menjadi dokumen resmi yang dipergunakan sebagai syarat peminjaman dana di bank atau surat resmi yang dibutuhkan oleh lembaga lainnya.

Untuk kredit di bank, slip gaji memiliki keuntungan untuk membuktikan bahwa Anda pantas menerima sejumlah pinjaman. Besaran gaji juga menentukan seberapa lama waktu pelunasan yang layak diberikan bank kepada Anda selaku debitur. Sebab dalam mengabulkan pinjaman, bank tidak main-main.

Banyak fungsi slip gaji yang bisa didapatkan, salah satunya ketika Anda bermaksud mengajukan KPR. Adanya slip gaji atau penghasilan juga bisa memberikan pencerahan jelas kepada Anda maupun perusahaan terkait hak serta kewajiban.

Sukses bisnis tentunya dengan kelengkapan dokumen penunjang bisnis. Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah dokumen persyaratan kontrak, agreement, MoU, perjanjian kerjasama, perjanjian keagenan, perjanjian kerahasiaan, akta jual beli, sewa menyewa, leasing, kredit, risalah rapat dan lainnya.

Hubungi Kami

error: Content is protected !!