Jenis dan Macam Penerjemahan, Terjemahan, Translasi dan Translet Resmi Tersumpah Dokumen Dokumen Kepolisian

Tahukah Anda bahwa jasa penerjemah bahasa Inggris jenis dan macam penerjemahan, terjemahan, translasi dan translet resmi tersumpah dokumen dokumen kepolisian sangat diperlukan? Jasa ini dibutuhkan untuk berbagai urusan.

Dokumen kepolisian adalah surat-surat yang diterbitkan oleh pihak kepolisian baik itu di tingkat Polsek, Polres, dan seterusnya. Surat ini penting untuk berbagai hal, misalnya menyatakan kehilangan, ingin pindah domisili, atau sebagainya.

Jenis dan Macam Penerjemahan, Terjemahan, Translasi dan Translet Resmi Tersumpah Dokumen Dokumen Kepolisian

Jenis dan Macam Penerjemahan, Terjemahan, Translasi dan Translet Resmi Tersumpah Dokumen Dokumen Kepolisian

Berkas tersebut memiliki legalitas berdasarkan hukum negara. Jadi, jika ingin menerjemahkannya ke bahasa lain seperti Inggris, Spanyol, Korea, Jepang, atau lainnya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang meskipun ia fasih berbahasa asing.

Mengenal Jasa Penerjemah Resmi Tersumpah Dokumen Dokumen Kepolisian

Dalam dunia penerjemahan, kita mengenal beberapa jenis penerjemah atau translator. Misalnya translator pemula, ini biasanya adalah orang yang memiliki kemampuan bahasa asing dengan baik. Sehingga dapat menerjemahkan teks.

Namun teks yang dialihbahasakan adalah jenis teks biasa seperti karangan atau teks pidato yang tidak memerlukan kekuatan hukum. Sedangkan untuk berkas penting seperti ijazah, akta notaris, atau surat kepolisian harus ditangani profesional.

Tenaga profesional tersebut dinamakan penerjemah. Jenis dan macam penerjemahan, terjemahan, translasi dan translet resmi tersumpah dokumen dokumen kepolisian dari bahasa Indonesia ke Inggris, Arab, India, Spanyol, Belanda, maupun sebaliknya.

Penerjemah resmi tersumpah (sworn translator) tidak hanya cakap dalam menguasai pasangan bahasa. Akan tetapi juga dinyatakan lolos tes tertentu serta mendapatkan sertifikat resmi atau SK dari pejabat pemerintah.

Sehingga, sworn translator memiliki wewenang tersendiri untuk mengalihbahasakan file berkekuatan hukum secara legal. Dengan begitu, berbagai surat tersebut baik itu surat pribadi maupun organisasi dapat digunakan untuk kepentingan lebih luas.

Dokumen kepolisian termasuk dalam jenis surat yang memiliki kekuatan hukum. Jadi, Anda tidak bisa menerjemahkannya ke penerjemah biasa atau non sworn karena nantinya hasil terjemah tersebut tidak dianggap sah di mata hukum.

Jadi, baik WNI maupun WNA yang memiliki kepentingan dengan surat kepolisian harus menggunakan jasa penerjemah resmi tersumpah agar dokumennya mempunyai legalitas hukum. Selain penerjemah tertulis, terdapat juga juru bahasa atau interpreter.

Jenis dan Macam Penerjemahan Dokumen Kepolisian

Ada beragam jenis surat kepolisian yang diperlukan oleh masyarakat untuk mengurus berbagai urusan penting. Seperti melamar pekerjaan, pindah alamat, melaporkan kehilangan, serta lainnya.

Berikut beberapa jenis surat kepolisian yang bisa diterjemahkan oleh penerjemah resmi tersumpah dari bahasa Inggris, Korea, Jepang, Belanda, Perancis, Arab, maupun lain sebagainya.

  1. Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Anda tentu sudah tidak asing dengan surat satu ini. Surat Keterangan Catatan Kepolisian alias SKCK adalah keterangan pembuktian bahwa seorang individu tidak memiliki catatan kejahatan atau tindak kriminal.

SKCK diterbitkan oleh Polri dan memiliki kekuatan hukum tersendiri. Surat ini biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya mengurus visa untuk kunjungan ke luar negeri, melamar kerja, hingga daftar PNS.

  1. Surat Keterangan Lapor Diri

Jenis dan macam penerjemahan, terjemahan, translasi dan translet resmi tersumpah dokumen dokumen kepolisian oleh penerjemah bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, atau lainnya ialah Surat Keterangan Lapor Diri disingkat SKLD.

Ini merupakan surat yang diterbitkan oleh Polri bagi Warga Negara Asing (WNA) berdomisili di Indonesia. Jadi, semua warga asing jika ingin tinggal di Indonesia harus melakukan pengurusan serta izin, termasuk dokumen ini.

Penerjemah resmi tersumpah untuk SKCK, SKLD juga mentranslate surat kepolisian seperti surat kehilangan atau lainnya. Baik dalam Inggris, Belanda, Spanyol, Mandarin, atau bahasa asing lainnya.

Agar surat tersebut legal, pastikan gunakan jenis dan macam penerjemahan, terjemahan, translasi dan translet resmi tersumpah dokumen dokumen kepolisian.

 

 

Keyword: jenis dan macam penerjemahan, terjemahan, translasi dan translet resmi tersumpah dokumen dokumen kepolisian

error: Content is protected !!
× Live chat WA