Sebagai pebisnis, sudahkah Anda mengetahui jenis dan macam penerjemahan, terjemahan, translasi dan translet resmi tersumpah dokumen tender? Hal ini sangat penting khususnya bila bisnis Anda mencakup level multi nasional.

Tender adalah hal biasa dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan akan berlomba untuk memenangkan tender agar mendapatkan sebuah proyek. Suatu perusahaan juga bisa melakukan tender untuk mencari mitra bisnis.

Untuk perusahaan multi nasional, maka proses tender bisa melibatkan perusahaan dari negara-negara asing. Hal ini cukup menyulitkan bila dokumen tender menggunakan bahasa yang tidak universal.

Jenis dan Macam Penerjemahan, Terjemahan, Translasi dan Translet Resmi Tersumpah Dokumen Tender

Jenis dan Macam Penerjemahan, Terjemahan, Translasi dan Translet Resmi Tersumpah Dokumen Tender

Oleh karena itu, dokumen tersebut harus dialihbahasakan oleh penerjemah agar bisa dipahami perusahaan asing. Namun ingat, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan jasa translasi untuk melakukannya.

Kemungkinan Masalah Jika Penerjemahan Dokumen Tender Tidak Menggunakan Penerjemah Tersumpah

Menggunakan jenis dan macam penerjemahan, terjemahan, translasi dan translet resmi tersumpah dokumen tender adalah keharusan bukan tanpa alasan. Hal ini bertujuan agar tidak ada masalah yang datang di kemudian hari.

Apalagi mengingat hasil tender sangat berpengaruh pada masa depan antar pihak di dalamnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan masalah jika Anda tidak menggunakan penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen tender.

  1. Proyek Tersendat

Anda tentu sudah memahami bahwa tender adalah proses lelang untuk mendapatkan partner dalam mengerjakan proyek tertentu. Perusahaan pemenang akan bekerja sama dengan perusahaan pengada tender sesuai dokumen tender yang disepakati.

Jika ada masalah pada dokumen tender, maka proyek bisa berhenti di tengah jalan. Salah satu masalah yang sering terjadi pada dokumen tender adalah perbedaan pemahaman mengenai isi dokumen.

Hal yang cukup sering menyebabkan masalah ini adalah kesalahan terjemahan. Sehingga perusahaan asing keliru memahami isi dokumen yang berujung pada perbedaan pendapat di kedua perusahaan.

  1. Sengketa Hukum

Dokumen tender merupakan dokumen resmi yang mengikat pihak pemenang tender dan pemilik proyek. Karena dokumen tender akan menjadi kontrak yang mengikat bagi para pihak yang bersangkutan.

Perbedaan makna atau maksud dalam dokumen tender sangat berbahaya karena bisa membuat perusahaan Anda terjerat permasalahan hukum. Karena bisa saja Anda dinilai menyalahi kontrak karena kesalahpahaman akibat penerjemahan.

Jika hal ini terjadi, maka tentu perusahaan Anda mendapatkan kerugian ganda. Bukan hanya gagal menjalankan proyek, namun Anda harus berurusan dengan hukum untuk menyelesaikan masalah.

Pentingnya Menggunakan Jasa Translet Terdaftar untuk Dokumen Tender

Tender adalah hal penting dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu setiap elemen yang berada di dalamnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pastikan dokumen asli dan terjemahan sesuai dengan yang seharusnya.

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya jenis dan macam penerjemahan, terjemahan, translasi dan translet resmi tersumpah dokumen tender. Pastikan Anda memahaminya dengan baik agar tidak melakukan kesalahan di masa depan.

  1. Kesepahaman Semua Pihak

Dalam tender, pasti akan melibatkan banyak perusahaan dan pihak terkait. Sehingga kesepahaman antar seluruh pihak tersebut adalah sebuah keharusan agar tidak terjadi masalah saat tender dilaksanakan.

Dengan hasil terjemahan yang akurat, akan membuat seluruh pihak bisa memahami dokumen dengan tepat meski berbeda bahasa. Sehingga tender bisa berjalan tanpa adanya masalah yang berarti.

  1. Kelancaran Berjalannya Proyek

Setelah tender selesai, maka proyek akan berjalan sesuai hasil tender. Proses berjalannya proyek tersebut akan berjalan sesuai dengan dokumen tender yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Akan ada masalah jika terjadi perbedaan maksud antar dokumen karena proses alih bahasa. Oleh karena itu Anda harus mencegahnya dengan menggunakan jasa translator yang memiliki jaminan tidak mengubah maksud.

Tender bukanlah hal yang bisa dilakukan sembarangan. Pastikan Anda hanya menggunakan jenis dan macam penerjemahan, terjemahan, translasi dan translet resmi tersumpah dokumen tender untuk menghindari masalah.

error: Content is protected !!
× Live chat WA