Melakukan wisata dan kunjungan ziarah wali songo adalah hal yang tidak hanya mendidik, namun juga dapat menjadi sarana hiburan. Wali songo adalah bagian dari sejarah penyebaran Islam di Nusantara, sehingga ketika Anda napak tilas ke beberapa makam mereka, Anda akan menyadari perjuangan para wali.

Sesuai dengan namanya, wali songo adalah 9 wali yang memiliki tugas mendakwahkan Islam di Indonesia dengan berbagai cara. Tanpa wali songo, Anda tidak akan pernah tahu nasib agama terbesar di tanah air ini seperti apa. Banyak hikmah dan pelajaran yang dapat Anda petik dari kegiatan berlibur ini.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan mengulas singkat beberapa wali songo yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Nusantara. Setelah itu, kami akan mengulas juga apa saja hikmah yang dapat diraih setelah melaksanakan ziarah ke makam para wali Allah yang dalam hal ini adalah 9 wali tersebut.

Biografi Singkat Beberapa Wali Songo

Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim adalah salah satu dari 9 wali yang terlahir di Samarkand Asia Tengah pada awal abad ke-14. Dalam sejarah, Sunan Gresik merupakan wali pertama yang masuk ke Pulau Jawa dan meng-Islamkan orang-orang di Indonesia. Dinamakan Sunan Gresik karena Gresiklah yang menjadi destinasi pertama beliau menebarkan ajaran Islam hingga beliau mendirikan masjid.

Ketika wisata dan kunjungan ziarah wali songo, Anda juga harus tahu ada salah satu nama wali, yakni Sunan Ampel atau memiliki nama asli sebagai Raden Rahmat. Jika Anda mengetahui Masjid Agung Demak, tempat ini adalah sarana ibadah yang didirikan oleh Sunan Ampel sebagai tempat berdakwah.

Berikutnya, anggota wali songo yang wajib Anda ketahui adalah Sunan Kalijaga atau Raden Sahid yang lahir di Tuban dan wafat di Demak. Wali songo ini menggunakan metode pendekatan seni dan budaya sebagai cara berdakwah. Berbagai bukti yang menjadi media dakwah adalah patung dan juga wayang.

Terakhir yang akan masuk ke pembahasan penting saat wisata dan kunjungan ziarah wali songo adalah wali Sunan Gunung Djati atau Syarif Hidayatullah. Nama wali yang dijadikan nama universitas di Indonesia ini merupakan wali yang berdakwah di Cirebon untuk menebarkan ajaran agama Islam.

Hikmah Berziarah ke Makam Wali Songo

Banyak lagi nama wali lainnya, namun kali ini akan mengulas hikmah melakukan wisata, sekaligus ziarah ke makam para wali tersebut. Hikmah pertama yang tidak dapat dielakkan adalah membuat para peziarah bertafakur tentang betapa salehnya wali-wali Allah yang sudah meninggal itu. Dengan demikian, Anda dapat menarik banyak pelajaran tentang kebijaksanaan hidup.

Kedua, hikmah yang dapat diraih ketika melakukan wisata dan kunjungan ziarah wali songo lainnya adalah menjadi penegur agar Anda senantiasa beribadah dan taat kepada Allah. Berkat perjuangan mereka menyebarkan agama Islam, Anda berada dalam jalan lurus yang Allah ridhoi di dunia akhirat.

Hikmah lainnya yang dapat dipetik setelah melakukan ziarah adalah membuat Anda bersyukur hidup di masa damai, alih-alih hidup di masa perang dan harus lebih tangguh ketika memutuskan beriman. Dengan kondisi sebagian keluarga besar Islam, tentu bukan perkara sulit untuk memeluk Islam juga.

Banyak hikmah yang dapat Anda petik ketika melakukan ziarah ke makam para wali. Banyak yang dapat dipetik dari sekadar memposting foto untuk eksistensi di sosial media. Pastikan tujuan wisata dan kunjungan ziarah wali songo murni untuk beribadah.

Penerjemah resmi tersumpah/bersumpah, sworn translator-Kantor Jasa Penerjemah. Solusi penerjemahan, translasi, penterjemahan, translet, tarjamah dan nerjemah semua bahasa dan dokumen, bahasa Indonesia, Arab, China, Mandarin, Taiwan, Belanda, Jerman, Inggris, Italia, Polandia, Swedia, Vietnam, Thailand, Philipina, Rusia, Spayol, Portugis, Turki, Hindi, Perancis dan bahasa lainnya. Menerjemahkan dokumen akte-akta-sertifikat surat kelahiran, pernikahan, kematian, kelulusan, kuasa, waris, kontrak perjanjian kerjasama, notaris, pendirian usaha-perusahaan, laporan tahunan, laporan keuangan, kehilangan, lapor diri, NPWP, SIM, SKCK,  KTP, KK,  paspor, ijazah dan transkip nilai, keterangan sehat dokter, NPWP, siup, TDP, TDUP, NIB, domisili, dokumen kelengakapan persyaratan beasiswa, menikah, visa, tender, kerja dan lainnya. Jasa leges-legalisasi dokumen resmi asli dan terjemahan di Kantor Notaris, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri, Pendidikan, Kementerian Agama dan Kedutaan Asing di Jakarta.

www.pusatpenerjemah.com

error: Content is protected !!