Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan orang-orang di dunia. Bukan hanya di negara Inggris saja, negara-negara lain pun banyak yang menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa nasional. Setidaknya ada 100 negara di dunia yang mengakui bahasa Inggris sebagai bahasa utama atau kedua di negaranya. Contoh yang tidak jauh adalah Malaysia dan Singapura.

Jasa penerjemah bahasa asing
Foto : ilustrasi

Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib yang ada di kurikulum sekolah bahkan hingga ke jenjang perguruan tinggi. Bahkan lembaga pendidikan anak usia dini yang sudah mulai mengajarkan bahasa Inggris kepada anak didiknya. Salah satu alasan gencarnya sosialisasi penggunaan bahasa Inggris adalah bahasa Inggris merupakan bahasa yang diakui secara internasional.

Faktor yang Menyebabkan Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional

Pembentukan bahasa global umumnya dipengaruhi oleh kekuasaan. Pada era revolusi industri, kerajaan Inggris menjadi negara dengan jumlah wilayah jajahan terluas dan menjadikan bahasanya paling banyak digunakan di dunia. Dengan kolonialisasi Inggris yang semakin besar penggunaan bahasa Inggris pun makin meningkat sehingga menjadikan bahasa Inggris menjadi lingua franca atau bahasa pengantar.

Faktor lainnya adalah kehadiran negara berbahasa Inggris lain, yaitu Amerika Serikat. Pada abad ke 20 Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Kekuasaan ekonomi Amerika Serikat merambah ke berbagai penjuru dunia. Singkatnya, kekuatan ekonomi Amerika Serikat yang besar memaksa negara-negara lain di dunia untuk menggunakan dolar serta berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Alasan Mengapa Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa Internasional

Faktanya bahasa Inggris memang diakui sebagai bahasa dunia. Setidaknya, ada 54 negara di dunia dan 27 entitas non negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Sebenarnya, banyak sekali alasan yang bisa dikemukakan mengenai mengapa bahasa Inggris dijadikan bahasa internasional. Berikut lima alasan mengapa bahasa Inggris dapat menjadi bahasa internasional: Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa tertua dan paling banyak digunakan di dunia.

Karena itulah bahasa Inggris dianggap cocok dijadikan lingua franca untuk mempermudah komunikasi antar negara. Inggris merupakan negara dengan jumlah negara jajahan terbanyak di era kolonialisasi. Hal inilah yang menyebabkan bahasa Inggris menyebar pesat di seluruh penjuru dunia. Gempuran Amerika Serikat dalam ekonomi dunia membuat bahasa Inggris semakin kokoh menjadi bahasa dunia.

Fenomena globalisasi yang memperkokoh posisi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Banyaknya perusahaan dan media asing yang mendirikan kantor di negara lain dan menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di perusahaannya, membuat para pelamar mempelajari bahasa Inggris agar dapat bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut. Gempuran budaya, musik, dan film dari Negeri Paman Sam juga memberi dampak penggunaan bahasa Inggris yang semakin tinggi di dunia.

Pentingkah Belajar Bahasa Inggris?

Sebuah pepatah bijak mengatakan, “Menguasai bahasa asing, bagaikan kita telah menggenggam dunia”. Pepatah ini tidak salah, dewasa ini menguasai bahasa asing Inggris merupakan sebuah kewajiban. Bahasa Inggris penting dipelajari bagi mereka yang ingin pergi ke luar negeri, baik untuk bekerja maupun menuntut ilmu. Namun, untuk Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan dan pendapatan yang lebih baik, skill berbahasa Inggris juga patut dipelajari. Jadi, jika ditanya apakah mempelajari bahasa Inggris merupakan hal yang penting? Maka jawabannya adalah ya. Bahasa Inggris patut dipelajari demi menunjang karier maupun dalam bisnis. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mempelajari bahasa internasional ini, misalnya dengan mengikuti les di lembaga kursus atau belajar secara otodidak melalui buku atau artikel berbahasa asing.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?