Dalam membuat atau mempelajari sesuatu biasanya manusia memerlukan petunjuk atau panduan untuk melakukan atau mempelajarinya. Misalnya saja Anda ingin merakit sebuah antena, Anda perlu membaca petunjuk yang tertera pada kotak atau buku manual yang dilampirkan bersama antena tersebut agar dapat memasangnya secara benar sehingga antena tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Jasa penerjemah bahasa asing
Foto : ilustrasi

Membaca buku panduan sebelum menggunakan suatu produk sangat penting untuk menghindari kesalahan penggunaan produk. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang malas membaca buku manual sebelum menggunakan produk. Menurut survey hanya 15% orang Indonesia yang membaca buku panduan sebelum menggunakan sebuah produk. Alasan orang malas membaca manual book daladah bosan atau sudah mengetahui cara penggunaan produk tersebut.

Pengertian Buku Panduan atau Manual Book

Buku panduan atau Manual book adalah buku yang menyajikan informasi yang memandu atau memberikan tuntunan kepada pembaca untuk melakukan apa yang disampaikan dalam buku tersebut. Walau sering terabaikan karena banyak orang beranggapan bahwa proses belajar akan lebih cepat jika menggunakan barang secara langsung, keberadaan buku panduan sangatlah penting dan ternyata dapat membuat Anda lebih efektif dalam menggunakan suatu barang.

Zaman sekarang buku panduan tak hanya dibuat untuk menjelaskan sebuah produk, tapi juga bisa berisi panduan perjalanan atau cara membuat sesuatu. Dalam buku panduan perjalanan ke suatu negara atau kota Anda akan diberitahu tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi beserta rute menuju tempat tersebut. Sedangkan dalam buku panduan membuat barang atau kerajinan berisi mengenai langkah-langkah untuk membuat kerajinan dari awal hingga selesai.

Manfaat Membaca Manual Book

Manual book yang seringkali Anda anggap sepele dan abaikan, bahkan dibiarkan tersimpan rapi di dalam kardus, ternyata memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi kelancaran pengoperasian alat yang Anda beli. Selain dapat mengetahui cara mengoperasikan sebuah alat dengan benar, buku panduan juga bisa mempercepat proses efisiensi seseorang dalam menguasai cara pemakaian sebuah alat. Berikut adalah beberapa fungsi dari manual book:

  1. Mengetahui cara mengoperasikan produk. Dalam manual book akan dijelaskan secara detail mengenai cara mengoperasikan sebuah produk. Mulai dari menyalakan, merakit hingga menjelaskan setiap bagian yang ada pada alat tersebut. Penjelasan ini biasanya disertai gambar sehingga mempermudah Anda dalam memahami isinya.
  2. Mengetahui bagaimana merawat produk. Setiap produk memiliki cara perawatan yang berbeda. Mulai dari cara menyimpan yang baik hingga hal apa saja yang patut dihindari.
  3. Menginformasikan kelebihan produk. Setiap produk memiliki kelebihan masing-masing. Nah, di dalam buku panduan biasanya akan dicantumkan apa saja keunggulan dari produk itu. Jika Anda mencermatinya, maka Anda dapat memanfaatkan keunggulan tersebut.

Alasan Buku Panduan/Manual Book Ditulis dalam Beragam Bahasa

Buku panduan memiliki bermacam ukuran dan ketebalan. Ada yang berukuran saku dengan halaman yang tebal, ada pula yang seukuran buku biasa dengan isi yang lebih tipis. Bagaimanapun ukurannya, buku panduan biasanya memiliki satu kesamaan, yaitu ditulis dalam beberapa bahasa. Paling sedikit ada dua bahasa yang tertera dalam sebuah buku panduan. Mengapa demikian? Alasannya sangat sederhana, yaitu untuk mempermudah pengguna dalam memahami isi buku panduan tersebut. Produsen tidak tahu siapa yang akan membeli barang mereka. Meskipun sudah menentukan target market, tapi produsen tetap tidak bisa menduga siapa yang akan menjadi konsumen akhir. Karena itu, buku manual menyertakan beberapa bahasa di dalamnya, salah satunya bahasa Inggris, karena dianggap sebagai bahasa dunia.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?