Sebagai salah satu profesi berkelas, gaji penerjemah seringkali menjadi obyek pembahasan yang sangat menarik. Bagaimana tidak, penerjemah ini identik dengan para pejabat yang berwenang baik itu di perusahaan ataupun di pemerintahan. Jika anda bekerja pada perusahaan, ada kisaran gaji yang lebih dari cukup menanti anda. Tapi jika anda bekerja di kedutaan asing, mungkin ada perhitungan yang berbeda terkait gaji ini.

melirik gaji penerjemah di kedutaan asing

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata gaji penerjemah di kedutaan asing dan perusahaan asing jauh lebih besar jika dibandingkan dengan gaji para penerjemah di perusahaan lokal. Tapi tentunya untuk bisa masuk menjadi penerjemah kedutaan ini bukanlah hal yang mudah. Diperlukan perjuangan dan progress yang lama untuk mencapainya. Hal ini dikarenakan pengalaman menjadi salah satu hal yang paling utama di dalamnya.

Rata-rata Penerjemah Puas dengan Gaji Mereka

Tanpa melihat bahasa apa yang diterjemahkan, biasanya para penerjemah sangat puas terhadap gaji yang mereka dapatkan dari pekerjaannya. Entah itu di perusahaan lokal, perusahaan asing, ataupun di instansi pemerintahan seperti misalnya kedutaan ini. Dikutip dari berbagai sumber, seorang penerjemah lulusan S1 yang belum berpengalaman biasanya mendapatkan gaji sebesar 5 hingga 8 juta rupiah per bulannya di perusahaan lokal.

Nominal ini tentu jauh lebih besar dibandingkan dengan posisi lain yang diisi oleh fresh graduate. Biasanya seorang fresh graduate memiliki gaji maksimal 6 jutaan saja untuk pekerjaan pertama mereka. Tak heran jika saat ini ada banyak orang yang ingin menjadi penerjemah saja dan mengambil pendidikan di luar negeri. Salah satu alasannya tentu besaran nominal gaji penerjemah yang begitu menggiurkan ini.

Gaji Penerjemah Kedutaan Asing di Indonesia

Bagi anda yang berencana untuk melamar kerja di kedutaan asing, ketahuilah kalau disini ada range gaji yang berbeda menyesuaikan dengan lokasi tempat anda bekerja. Berdasarkan sumber yang kami percayai, seorang penerjemah yang bekerja di kedutaan asing di Indonesia biasanya memiliki kisaran gaji antara 10 hingga 15 juta rupiah perbulannya. Tapi tidak semua orang bisa menjadi penerjemah di kedutaan asing seperti ini.

Ada istilah Sow Interpreter atau istilahnya adalah penerjemah tersumpah. Jadi kalau misalkan anda ingin bekerja di kedutaan, anda harus mengikuti sertifikasi penerjemah tersumpah terlebih dahulu. Caranya mudah, anda hanya perlu mengikuti serangkaian ujian yang biasanya dilakukan oleh Himpunan Penerjemah Tersumpah Indonesia (HPI) yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia. Kalau lulus, nantinya anda akan disumpah langsung oleh Gubernur DKI Jakarta.

Gaji Penerjemah Kedutaan Asing di Luar Negeri

Berbeda halnya dengan kedutaan asing di dalam negeri, kedutaan asing di luar negeri memberikan gaji yang lebih fantastis. Berdasarkan info dari situs lowongan kerja luar negeri yang kami rangkum, kisaran gaji penerjemah di kedutaan asing di luar negeri adalah 300 juta hingga 1 M per tahunnya. Ada beberapa info mengenai lowongan kedutaan Spanyol di Amerika yang berani memberikan gaji di angka 27 juta perbulannya Ada pula info lowongan kerja penerjemah di kedutaan Amerika di Inggris yang berani memberikan gaji sebesar 92 juta rupiah perbulannya. Dengan nominal gaji seperti ini, mungkin biasa saja jika anda adalah warga Inggris, tapi jika kita menggunakannya untuk hidup di Indonesia, ini adalah angka yang sangat fantastis bukan? Tidak akan ada yang menyangka kalau gaji penerjemah bisa sebesar ini.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?