Apakah Anda salah satu dari sekian banyak mereka yang mencari tahu syarat dan ketentuan agar bisa bekerja di Indonesia secara legal? Biasanya kalangan yang mencari tau akan hal ini merupakan mereka yang memiliki urusan bisnis. Bukan dalam artian hendak melakukan perdagangan manusia, tetapi lebih kepada memberikan informasi kepada pihak lain.  Maka, pada artikel ini akan diberikan penjelasan apa saja yang mungkin akan membantu Anda memenuhi informasi tersebut.

Jasa Penerjemah

Hukum Dasar Bagi Siapa Yang Ingin Bekerja di Indonesia

Beberapa waktu yang lalu tepatnya tahun lalu, pemerintah mengeluarkan peraturan baru mengenai Penggunaan Tenaga Kerja Asing di Indonesia. Maka, hal ini tertuang di dalam Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan konferensi pers dengan tujuan sebagai bentuk dukungan perekonomian nasional. Tidak hanya itu, Presiden juga memiliki tujuan ingin sekali memperluas kesempatan kerja melalui investasi.

Selain daripada ketentuan hukum syarat dan ketentuan agar bisa bekerja di Indonesia secara legal di atas, ternyata ada beberapa hal lain yang bisa Anda ketahui. Terutama yang berhubungan dengan dasar hukum tertulis. Hal ini patut Anda cari tau dengan tujuan dasar dan tunggal yaitu agar tidak salah paham saat hendak melakukan kegiatan bisnis dan bekerja di Indonesia. Dengan begitu, karena pada artikel ini tidak tertuang secara full dan lengkap Anda bisa mencari tau sendiri di berbagai macam sumber.

Kualifikasi Tenaga Kerja Asing Agar Bisa Bekerja di Indonesia

Untuk beberapa kalangan terutama Anda yang ingin bekerja di Indonesia, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Apa saja syarat dan ketentuan agar bisa bekerja di Indonesia secara legal? tidak ada yang salah dan ketinggalan, berikut ini akan dipaparkan secara khusus untuk Anda:

1. Calon TKA memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang akan diduduki.

2. Bagi yang memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun akan lebih diutamakan. Terutama bagi yang memiliki sertifikat kompetensi yang sesuai dengan jabatan.

3. Bagi beberapa tempat kerja atau instansi, Anda pasti diharuskan untuk memiliki keterampilan dalam bekerja. Jika tidak, mereka akan sulit menerima Anda dan akan lebih mengutamakan tenaga kerja dari dalam.

4. Untuk ketentuan lain, Anda bisa berpaduan dan mencari tau informasi yang lengkap dari BPJS Ketenagakerjaan.

Apa Itu Rancangan Penggunaan Tenaga Kerja

Untuk Anda yang ingin melamar dan melakukan aplikasi ke beberapa instansi di dalam negeri dari TKA, pasti tidak asing dengan istilah ini. RPTK ini merupakan kepanjangan dari Rancangan Penggunaan Tenaga Kerja yang harus Anda lengkapi dengan cara mengisi form online. Alamat form itu biasa sudah ditentukan maka Anda jangan mudah saja percaya dengan apa yang dikatakan oleh beberapa kalangan. Bisa saja syarat dan ketentuan agar bisa bekerja di Indonesia secara legal hal itu tipuan dan hanya mengatasnamakan pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Jabatan-jabatan yang Dilarang Diduduki Tenaga Kerja Asing Ada beberapa jabatan yang mungkin banyak diinginkan oleh TKA saat syarat serta ketentuan agar bisa bekerja di Indonesia secara legal namun dilarang. Sebelum apply ada baiknya Anda mencari tau terlebih dahulu agar tidak salah dan membuang waktu.  Beberapa jabatan tersebut adalah manajer personalia, direktur personalia, penata usaha personalia, hingga jabatan fungsional lainnya. Maka, itulah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum melengkapi syarat dan ketentuan agar bisa bekerja di Indonesia secara legal.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?