Jika mempunyai rencana pergi ke luar negeri, diantara informasi yang wajib Anda miliki adalah cara mudah urus paspor di Kantor Imigrasi. Paspor merupakan dokumen wajib ketika Anda ingin berkunjung ke negara tertentu. Bisa karena kerja, liburan, bisnis, menuntut ilmu, dan lain sebagainya. Sekarang ini tidak ada negara yang akan mengizinkan orang asing masuk ke wilayahnya tanpa disertai paspor.

Jasa penerjemah tersumpah
gambar : ilustrasi

Dalam hubungan antar negara ada standar Internasional Civil Aviation Organization yang harus dipatuhi negara lainya. Dan Paspor menjadi salah satu insturmenya. Paspor sendiri mengandung informasi terkait identitas, alamat, negara tujuan, tujuan mengunjungi negara, dan sebagainya. Sebagai pemegang paspor, WNI akan mendapatkan hak dan pelayanan sebagai WNI melalui perwakilan pemerintah yang berada di negara tersebut.

Banyak  anggapan membuat paspor sulit dan berbelit-belit. Padahal membuat paspor sangatlah mudah. Jika syarat yang dibutuhkan dan tips mudah urus paspor di Kantor Imigrasi sudah Anda ketahui, kami jamin Anda tidak akan mendapatkan hambatan yang berarti untuk mendapatkan paspor. Apalagi saat ini pelayanan administrasi dari negara semakin tertata dengan rapi dan profesional.

Syarat dan Cara untuk Mengurus Paspor di Kantor Imigrasi

Sebelum membahas tips mudah urus paspor di Kantor Imigrasi, Syarat yang harus dibawa ketika Anda kekantor Migrasi pertama kartu tanda penduduk (KTP) asli dilengkapi dengan salinanya. Kedua, Kartu keluarga (KK) asli disertai salinanya. Ketiga, dokumen yang memuat informasi tentang Anda termasuk identitas orang tua. Bisa akta nikah, Ijazah, dan sebagainya. keempat, Paspor lama, jika sudah mempunyai paspor yang perlu diperpanjang. Terakhir materai dengan nillai 6 ribu rupiah.

Jika dokumen yang diperlukan sudah Anda kumpulkan, tinggal berangkat ke kantor Imigrasi di kabupaten/kota Anda. Di kantor Imigrasi silahkan langsung menuju keloket permohonan. Kemedian isi formulir permohonan pembuatan paspor. Silahkan lengkapi data tersebut sesuai informasi yang ada di dokumen yang Anda bawa.  Setelah itu tinggal menyerahkan ke bagian pembuatan paspor.

Pada saat penyerahan formulir dan dokumen, petugas akan menyampaikan waktu wawancara, foto dan penangkapan sidik jari. karena itu dalam pembuatan paspor tidak boleh diwakilkan kepada orang lain. Semua informasi yang Anda miliki harus Anda pahami dengan baik. Agar tidak terjadi kendala dalam proses wawancara. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kebenaran informasi dari berkas yang Anda bawa.

Jika cara mudah urus paspor di Kantor Imigrasi telah Anda lakukan, tinggal menyelesaikan biaya administrasi. Pastikan Anda mendapatkan informasi kapan paspor dapat diambil. Sesuai jadwal yang dijanjikan, silahkan datang lagi ke kantor Imigrasi untuk mengambil paspor Anda. Jika ternyata belum jadi, pastikan lagi kapan paspor tersebut sudah bisa diambil.

Tips Dalam Mengurus Paspor di Kantor Imigrasi Melalui Online

Untuk memastikan proses pembuatan paspor bisa dilakukan, ada tips mudah urus paspor di Kantor Imigrasi dengan mendaftar melalui Online. Diantaranya melalui aplikasi “Layanan Aplikasi paspor Online” yang bisa diunduh di Play Store. Setelah memasangnya, lengkapi data untuk pembuatan akun. Jika akun sudah jadi, Log In, dan pilih panel “Antrian Paspor”. Masukan waktu pembuatan paspor, dan klik “simpan”.

Anda juga bisa mengambil nomor antrian melalui layanan situs Imigrasi dengan alamat www.antrian.imigrasi.go.id. Sama seperti di aplikasi, Anda diminta untuk membuat akun, log in, dan mengisi informasi yang dibutuhkan. Jika selesai simpan QR Barcodenya.  Cara yang lebih mudah tentu saja melalui layanan Whatsapp. Dengan format #Nama#TanggalLahir#waktupembuatan. Namun belum semua kantor imigrasi menyediakan layanan ini. Itulah syarat dan proses mudah dalam membuat paspor. Mengingat paspor adalah dokumen penting, simpan baik-baik. Jangan sampai hilang atau digunakan tidak semestinya. Selain itu jangan menyalahi tujuan paspor, misalnya paspor untuk wisata digunakan untuk bekerja. Jangan sampai cara mudah urus Paspor di Kantor Imigrasi mengantarkan Anda berurusan dengan pihak berwajib.

Pusat Penerjemah – Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah, sworn translator, penerjemah bersumpah untuk/dari bahasa Indonesia ke Inggris, China, Mandarin, Taiwan, Arab, Jerman, Belanda, Perancis, Jepang, Italia, Turki, Turkey, Hindi, India, Polandia, Swedia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnam, Philipina dan bahasa asing lainnya

Hubungi Kami

error: Content is protected !!