Work from home WFH di masa pandemi, apa efektifitas, untung dan ruginya menjadi salah satu pertanyaan yang cukup menarik dijadikan sebagai pembahasan.

Dengan merebaknya kasus COVID-19 serta adanya PPKM darurat, praktis karyawan di setor non esensial dan kritikal harus bekerja dari rumah.

Sekilas bekerja dari rumah sangat menyenangkan karena terlihat santai. Namun, banyak dari karyawan yang mengeluh karena harus berjam-jam menatap layar laptop untuk melakukan zoom meeting karena merebaknya pandemi.

Work from home WFH di masa pandemi, apa efektifitas, untung dan ruginya menjadi salah satu pertanyaan yang cukup menarik dijadikan sebagai pembahasan

Work from Home WFH di Masa Pademi, Apa Efektifitas, Untung dan Ruginya

Ada juga yang kelelahan karena harus melakukan isolasi diri dari rekan kerja selama beberapa bulan belakangan ini. pandemi yang berlangsung selama berbulan-bulan memang memunculkan kebiasaan baru di ranah kehidupan seperti WFH ini.

Work from Home WFH di Masa Pandemi, Apa Efektifitas, Untung dan Ruginya

Untuk menjawab tingkat efektivitas bekerja, ada beberapa survei yang dilakukan. Berikut paparannya:

  1. Banyak responden yang mengungkapkan jika produktivitas pekerja saat WFO lebih tinggi dibandingkan dengan WFH.

 

Dari hasil survei, pekerja Indonesia selama WFO produktivitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan WFO. Hal ini juga dilihat dari fasilitas, tempat kerja serta work life balance.

 

Ketika diberi skala 1 hingga 5 dengan angka 1 tidak produktif sedangkan angka 5 sangat produktif, peserta survei memperlihatkan jika rata-rata 3.95 pada WFO, sedangkan WFH 3,45.

 

  1. Komunikasi lebih efektif dengan menggunakan sistem WFO

Responden juga mengaku jika komunikasi dengan menggunakan sistem WFO jauh lebih efektif, hal ini disebabkan karena fasilitas kantor yang memadai serta waktu kerja kantor yang membuat bekerja menjadi semakin efisien.

 

Tidak sedikit yang berkomentar jika bekerja di kantor bisa membuat lebih fokus, semua keperluan bisa ditemukan di kantor.

 

Namun tentu saja bekerja secara WFO juga dibayang-bayangi dengan ketakutan karyawan terpapar virus COVID-19.

 

  1. Kesulitan membatasi antara pekerjaan rumah serta kantor saat WFH

Meskipun melakukan pekerjaan kantor dari rumah merupakan sebuah kemewahan sendiri untuk karyawan, tetapi di lapangan tidak sedikit ditemukan karyawan yang sulit menyesuaikan diri.

 

Karyawan sulit menyesuaikan diri kapan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah dan kapan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

Keuntungan dan Kerugian Work From Home

Pembahasan work from home wfh di masa pandemi, apa efektifitas, untung dan ruginya juga menjadi sebuah pertanyaan, terutama untuk kerugian serta keuntungannya. Berikut berbagai keuntungan dan kerugiannya:

  1. Hemat biaya

work from home tentu saja dapat menghemat berbagai macam biaya pengluaran seperti biaya makan serta transportasi. Karena tidak perlu berangkat ke kantor, biaya transportasi yang seharusnya dikeluarkan bisa dihemat.

 

  1. Fleksibel

work from home membuat pekerjaan menjadi bisa dilakukan dengan lebih fleksibel. Bekerja dari rumah tentu saja membuat pengawasan pada karyawan menjadi lebih minim.

Dengan work from home, Anda dapat mengatur produktivitas walaupun terdapat jam yang harus diikuti. Anda juga bisa mengenakan pakaian apa saja sesuai dengan keinginan.

 

  1. Semakin dekat dengan keluarga

Work from home wfh di masa pandemi, apa efektifitas, untung dan ruginya, dari segi keuntungan saat harus bekerja di kantor, energi yang Anda miliki mungkin akan habis untuk berpergian.

 

Tetapi, karena tidak perlu keluar rumah, Anda memiliki banyak energi serta waktu untuk dihabiskan bersama dengan keluarga. Meskipun terlihat sederhana, namun work from home yang membuat kita semakin dekat dengan keluarga merupakan sebuah hal yang berharga.

 

  1. Sangat mudah terdistraksi

Meskipun ada berbagai kelebihan, namun tetap saja work from home memiliki kekurangan seperti tergoda menonton televisi, berselancar di dunia mata, tidur siang, hingga membuka media sosial.

 

Bahkan, karena sangat bebasnya, Anda malah menghabiskan waktu bersama dengan anak dibandingkan dengan mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor.

 

  1. Terlalu santai

WFH bisa membuat Anda terlalu santai dan pada akhirnya tidak begitu termotivasi. Berbeda dengan bekerja di kantor. Bekerja di kantor bisa membuat kita menjadi semakin termotivasi.

WFH tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Apalagi, bagi perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaan asing. Menerjemahkan dokumen kala WFH pasti memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Penerjemah, resmi, tersumpah menjadi salah satu pilihan untuk menerjemahkan berbagai dokumen dan bahasa. Dengan menggunakan jasa penerjemah, work from home wfh di masa pandemi, apa efektifitas, untung dan ruginya mungkin akan lebih banyak keuntungannya.

error: Content is protected !!
× Live chat WA