Dalam kegiatan perekonomian, keberadaan kuitansi menjadi hal yang sangat penting terlebih lagi apabila adanya transaksi jual beli. Nah, kwitansi ini merupakan sebuah dokumen yang bisa menjadi alat bukti apabila sudah terjadi adanya pembayaran maupun penerimaan sejumlah uang. Biasanya dikeluarkan oleh penerima dan diserahkan kepada pemberi uang.

Apa Itu Kuitansi? Apa Isinya dan Gunanya?
gambar : ilustrasi

Isi dari dokumen ini berisi tentang kop perusahaan, instansi, lembaga, toko, nomor kwitansi, nama pemberi uang, jumlah uang yang sudah disetorkan dalam bentuk nominal angka dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menempelkan materai agar terdapat kekuatan hukum.

Ciri-Ciri Kuitansi dan Kegunaannya

Adapun beberapa ciri-ciri dari dokumen yang satu ini yakni mempunyai dua sisi yakni sisi luar maupun sisi atas bawah, isi dari dokumen ini mencantumkan sejumlah uang yang sudah dibayarkan atau diserahkan dalam bentuk angka ataupun terbilang huruf, adanya tanggal transaksi, tempat transaksi serta tanda tangan.

Adapun beberapa fungsi atau kegunaan dari kwitansi ini adalah sebagai berikut:

1. Sebagai bukti telah terjadinya transaksi antar kedua belah pihak.

2. Dapat dijadikan sebagai bukti apabila terjadi sengketa ketika Anda tengah melakukan transaksi.

3. Bisa menjadi bukti apabila pihak penerima transaksi belum menerima transaksi yang Anda lakukan.

Demikian ulasan mengenai dokumen yang sangat penting ini. Dengan adanya dokumen inilah maka semua hal bisa diselesaikan dengan baik. Ayo segera buat kuitansi setiap melakukan transaksi.

Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah, sworn translator, penerjemah bersumpah untuk/dari bahasa Indonesia ke Inggris, China, Mandarin, Taiwan, Arab, Jerman, Belanda, Perancis, Jepang, Italia, Turki, Turkey, Hindi, India, Polandia, Swedia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnam, Philipina dan bahasa asing lainnya.

Hubungi Kami

error: Content is protected !!