SOP atau standar operasional prosedur merupakan dokumen yang berkaitan dengan prosedur pengerjaan sebuah pekerjaan, yang bertujuan untuk mendapatkan hasil maksimal, seperti tujuan awal. Standar operasional prosedur umumnya berisi manfaat, waktu dibuat serta direvisi, dan metode penulisan.

Apa Itu SOP? Apa Isi dan Kegunaannya
gambar : ilustrasi

Selain dari hal-hal yang disebutkan di atas, isi dari standar operasional prosedur adalah pembubuhan flowchart di bagian akhir dengan tujuan mempermudah pihak terkait untuk memahami isinya. Standar operasional prosedur ini jelas dibutuhkan oleh semua perusahaan sebagai pedoman pekerjaan jelas.

Kegunaan Standar Operasional Prosedur

Jika mau menjabarkan kegunaan atau fungsi dari standar operasional prosedur untuk berbagai pekerjaan, akan didapati berbagai fungsi seperti di bawah ini:

  1. Menjadi acuan kerja yang jelas, tidak hanya bagi pekerja, namun juga bagi supervisor ketika mengawasi kinerja pegawai.
  2. Standar operasional prosedur bisa menjadi parameter kualitas pekerjaan yang dilakukan, sehingga tidak ada istilah berlebihan apalagi berkekurangan.
  3. Membuat pemanfaatan sumber daya manusia, dalam hal ini para pekerja menjadi lebih efektif dan efisien.
  4. Dapat difungsikan sebagai standar pembuatan atau perbaikan standar operasional prosedur baru.

Dari berbagai kegunaan di atas, jelas sudah betapa pentingnya peranan standar operasional prosedur, untuk mendukung berbagai jenis pekerjaan yang dilakukan. Adanya SOP ini dapat menjadi parameter yang absah untuk menilai bagus atau tidaknya kinerja para pekerja, serta menghindari anggapan atasan tidak adil.

Jasa translet, terjemahan, penerjemahan, penerjemah resmi tersumpah on-line bahasa asing terbaik, terpercaya, tercepat, bergaranasi, order terjemahan mudah, buktikan, order terjemahan dari kota, wilayah, daerah, kabupaten, propinsi dan negara manapun, tak lagi ada batas.

error: Content is protected !!