Surat rekomendasi merupakan surat yang dikeluarkan oleh pimpinan atau pejabat yang berwenang dari sebuah instansi dan digunakan untuk menerangkan bagaimana keadaan pribadi dari seseorang yang pernah belajar ataupun masih dalam bekerja sesuai dengan data-data yang dimiliki oleh pembuatnya.

Apa Itu Surat Rekomendasi? Apa Isinya dan Kegunaannya
gambar : ilustrasi

Surat ini sendiri biasanya dibuat berdasarkan permintaan dari seseorang untuk kepentingan pribadi. Seperti digunakan untuk melamar pekerjaan hingga untuk memasukkan ke dalam aplikasi beasiswa. Surat ini sendiri ternyata cukup penting keberadaannya. Hal ini tidak lain karena dengan adanya surat tersebut, seseorang bisa mempunyai dukungan secara moral.

Isi dan Kegunaan Surat Rekomendasi

Surat tersebut harus diisi berdasarkan akan pernilaian terhadap kinerja maupun kapabilitas dari para pemohon. Biasanya format yang digunakan untuk pembuatan surat ini mengikuti format tertentu. Tetapi isinya harus dibuat semenarik mungkin tetapi juga tidak lupa untuk mengisinya sesuai dengan kebernaran. Adapun kegunaan dari surat rekomendasi tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bagi siswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, surat ini bisa menjadi dokumen pendukung Anda.

2. Digunakan untuk memperoleh pekerjaan baru.

3. Bisa digunakan untuk memperoleh beasiswa ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

4. Digunakan untuk mengambil dana BPJS ketenaga kerjaan. Dengan adanya surat inilah maka segala urusan Anda akan diberikan kemudahan. Untuk membuat surat rekomendasi, Anda harus mendatangi instansi atau perusahaan di mana Anda pernah belajar ataupun bekerja dengan membawa dokumen pribadi Anda.

Pusat Penerjemah – Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah, sworn translator, penerjemah bersumpah terbaik, terpercaya, tercepat dan bergaransi di Jakarta Indonesia dengan layana mencakup wilayah Kota Medan, Bandung, Surabaya, Palembang, Lampung, Makassar, Palangkaraya, Semarang, Aceh, Bali, Batam, Ambon dan wilah lainnya.

Hubungi Kami

error: Content is protected !!