Bagi seorang siswa maupun mahasiswa, tentu akan mendapatkan transkrip nilai bukan? Ini merupakan dokumen yang sangat penting terlebih lagi apabila Anda akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun ketika akan melamar pekerjaan. Nah, transkrip ini merupakan kumpulan dari nilai semua mata pelajaran dari semester 1 hingga lulus untuk SMA/SMK/dari Perguruan Tinggi.

Apa Itu Transkrip Nilai? Apa Isinya dan Kapan Diperoleh
gambar : ilustrasi

Transkrip ini berbeda dengan rapor di mana dokumen ini biasanya hadir dalam satu lembar saja. Sedangkan untuk rapor terdiri dari beberapa lembar kertas yang membentuk buku. Isinya berisi tentang pencapaian akademik Anda secara kuantitatif. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Kapan Transkrip Didapatkan Dan Fungsinya

Transkrip nilai ini biasanya akan Anda peroleh apabila sudah menyelesaikan pendidikan di sebuah sekolah maupun perguruan tinggi. Setelah dinyatakan lulus, maka biasanya transkrip ini akan dicetak bersamaan dengan dokumen lainnya seperti rapor, ijazah, sertifikat, SKHUN dan masih banyak lagi.

Adapun fungsi dari transkrip ini sangat banyak seperti bisa menjelaskan prestasi akademik atau pencapaian akademik dari semester satu ke semester lainnya. Selain itu juga bisa digunakan sebagai bukti yang dimiliki oleh pihak sekolah dan digunakan untuk melamar pekerjaan. Dalam dunia pekerjaan, transkrip ini menjadi dokumen yang penting. Demikian ulasan mengenai transkrip yang perlu Anda ketahui. Setelah menbaca ulasan di atas, diharapkan Anda bisa lebih berhati-hati dalam menyimpan dokumen penting tersebut. Transkrip nilai akan sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin melanjutkan studi maupun akan melamar pekerjaan.

Pusat Penerjemah – Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah dokumen persyaratan beasiswa, sekolah, studi, belajar di luar negeri seperti ijazah/diploma, transkip/daftara nilai, raport/rapor, paspor, KTP, kartu keluarga (KK), akte-akta kelahiran, SKCK, surat sehat/keretangan dokter, rekomendasi, surat pindah sekolah.

Hubungi Kami

error: Content is protected !!