Mungkin sebagian besar dari anda belum mengetahui bagaimana cara mengurus SIM internasional. Bagi anda yang kebetulan saat ini membutuhkan SIM internasional namun belum mengetahui cara membuatnya, anda bisa menyimak tulisan ini. Tidak hanya cara membuatnya saja, anda juga bisa mengetahui apa saja syarat yang anda perlukan beserta tahapan-tahapan membuat SIM internasional.

Jasa Penerjemah Bahasa Asing
Foto : Ilustrasi

Bagi anda yang kerap bepergian ke luar negeri, memiliki SIM internasional mungkin harus anda pertimbangkan. SIM internasional akan memudahkan anda ketika membutuhkan waktu sendiri atau bersama keluarga, tergantung bersama siapa anda pergi ke luar Negeri. Sehingga, akan merasa lebih nyaman ketika berkendara diluar negeri. Apalagi bagi anda yang sedang kuliah atau bekerja diluar negeri, pastinya menguntungkan jika punya SIM internasional.

Perlu anda ketahui apa itu SIM Internasional, jika anda memiliki SIM internasional maka anda dapat menggunakannya diseluruh dunia. SIM internasional ini tentu dibutuhkan oleh WNA yang tinggal di sebuah negara. Termasuk bagi anda yang akan bepergian ke luar negeri. Meskipun SIM Indonesia yang anda miliki saat ini bisa digunakan di beberapa negara lain, namun hal ini memiliki batasan waktu tertentu.

Cara Mengurus SIM Internasional dengan Mudah

Cara membuat SIM internasional ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun tetap saja, bagi anda yang belum pernah membuat SIM internasional, proses ini akan terasa ribet dan mungkin membuat bingung. Oleh sebab itu, mengetahui tahapan dan persyaratan membuat SIM internasional akan sangat membantu. Jika anda membuat SIM internasional di luar negeri, tentu anda akan memerlukan penerjemah jika tidak menguasai bahasa disana.

SIM internasional yang anda buat di Indonesia juga perlu untuk diterjemahkan sesuai dengan bahasa negara yang akan anda kunjungi. Atau setidaknya SIM internasional anda perlu diterjemahkan kedalam bahasa inggris yang berfungsi sebagai bahasa internasional. Tanpa berpanjang lebar lagi, anda bisa menyimak apa saja persyaratan, tahapan cara mengurus SIM internasional pada penjelasan pada sub bahasan selanjutnya di bawah ini.

Persyaratan Untuk Memiliki SIM Internasional

Supaya anda bisa memiliki SIM internasional dengan mudah dan cepat, pastikan anda melengkapi persyaratan yang dibutuhkan sebelum mulai untuk mengurusnya. Persyaratan yang pertama adalah kartu identitas atau KTP, baik asli maupun fotocopy. Syarat yang kedua adalah pas foto berukuran 4×6 dengan latar belakang berwarna biru sebanyak tiga lembar. Siapkan juga paspor dan SIM anda yang masih berlaku beserta dengan fotocopy-nya.

Syarat selanjutnya yang tidak kalah penting adalah sejumlah uang untuk persyaratan administrasi berkisar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Jika persyaratan di atas sudah anda lengkapi, anda tinggal menuju tempat dimana anda bisa membuat SIM Internasional yang tedekat dari tempat tinggal anda. Dengan melakukan cara mengurus SIM internasional yang benar maka prosesnya akan berlangsung lebih mudah.

Tahapan Membuat SIM Internasional

Setelah anda melengkapi persyaratan cara membuat SIM internasional seperti diatas, ada beberapa tahap yang harus anda lakukan. Tahap pertama yang anda lakukan setiba dilokasi pembuatan SIM internasional, anda harus mengambil nomor antrean terlebih dahulu dan tunggu hingga anda dipanggil. Setelah dipanggil, serahkan berkas anda untuk dilakukan validasi oleh petugas pembuatan, kemudian isilah formulir pengajuan SIM internasional. Setelah terisi lengkap, anda perlu membubuhkan tanda tangan diatas materai. Setelah itu anda harus membayar biaya administrasi seperti yang terbilang di atas. Jika sudah, serahkan bukti pembayaran biaya administrasi tadi untuk mengambil SIM internasional anda yang sudah siap untuk digunakan. Dengan memiliki SIM internasional anda biasa berkendara sendiri sendiri. Itulah, penjelasan bagaimana cara membuat SIM internasional.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?