Saat ini segala platform milik Perusahaan Google memang menjadi andalan banyak orang dalam menggunakan internet atau media sosial, salah satunya ialah Google Translate. Salah satu layanan milik Google ini memang tidak dipungkiri digunakan oleh hampir seluruh masyarakat dunia. Mereka tidak jarang lebih memilih layanan mesin penerjemah ini dibandingkan jasa penerjemah secara langsung. Tidak lain karena efisiensi waktu yang mereka miliki.

Jasa penerjemah bahasa asing
Foto : Ilustrasi

Terlebih lagi saat ini Google sudah menambah kualitas mesin terjemahan tersebut dengan dukungan Neural Machine Translation atau NMT. Dengan sistem yang baru ini, Google tidak hanya menerjemahkan kata demi kata melainkan satu kalimat secara utuh. Ajaib sekali bukan? Bahkan, ia juga dapat mengartikannya sesuai dengan tata bahasa dan juga gender.

Karena, bagaimana pun juga penerjemahan bukan hanya tentang mengganti teks melainkan sebagai sarana penyampaian informasi ke bahasa sasaran. Mengingat canggihnya teknologi mesin terjemahan seperti itu, apakah Google Translate akan menggeser peran para penerjemah sesungguhnya? Akankah Google menjadi ancaman bagi profesi seorang penerjemah? Berikut beberapa ulasan yang dapat membantu Anda menjawab dari pertanyaan tersebut.

Mesin Terjemahan dapat Digunakan Tanpa Mengenal Tempat dan Waktu

Kecanggihan zaman saat ini memang tidak bisa kita pungkiri lagi. Seperti yang Anda ketahui, semua ponsel pintar saat ini memiliki sistem milik Google di dalamnya, begitu juga dengan Google Translate. Kita semua dapat dengan mudah mengakses situs tersebut kapan pun dan juga dimana pun. Mereka hanya perlu menggunakan smartphone untuk mengakses mesin terjemahan dengan segera.

Setelah itu, hasil terjemahan akan segera keluar. Bahkan saat ini Google inijuga sudah mampu menerjemahkan file yang bisa diunggah. Canggih sekali, bukan?

Tidah Perlu Mengeluarkan Biaya

Media mesin terjemahan yang dikeluarkan perusahaan Googlememang tidak perlu lagi mengeluarkan biaya. Anda dapat menerjemahkan teks atau file secara utuh dengan hasil yang langsung keluar (cepat). Ditambah lagi, Anda sudah tidak perlu mengeluarkan biaya setelah selesai menggunakan layanan yang tersedia. Meski begitu hasil terjemahan mesin terjemahan memang tidak dapat dijadikan jaminan.

Keuntungan Tersendiri apabila Menggunakan Jasa Penerjemah

Meskipun Google Translate terhitung cepat, praktis dan juga gratis, Anda tetap harus ingat mengenai keuntungan-keuntungan apabila Anda lebih memilih menggunakan jasa penerjemah dibandingkan mesin terjemahan. Pada jasa penerjemah sesungguhnya, teks yang akan diterjemahkan harus dibaca untuk mendapatkan pemahaman sebenar-benarnya. Setelah itu, penerjemah juga lebih memahami konteks dan situasi teks yang akan diterjemahkan.

Penerjemahan juga berkaitan dengan suasana dan rasa berbahasa. Mereka dituntut untuk menerjemahkan suatu teks sesuai dengan target pembaca yang ada. Agar nantinya para pembaca dapat menangkap poin penting dari teks tersebut. Selain itu, pembaca juga dapat merasakan suasana yang memang seharusnya ada di bahasa sumber dan kini ada di bahasa sasaran.

Hasil terjemahan mesin, bagaimana pun juga akan terkesan kaku karena mereka tidak memiliki rasa kebahasaan, pemahaman akan makna yang ada dan juga situasi di sekitarnya. Untuk itu, rasanya masih mustahil apabila mesin penerjemah dapat dengan mudahnya menggantikan profesi penerjemah. Teknologi tersebut tidak mengubah kata yang ada untuk disesuaikan dengan target pembaca, situasi dalam teks dan juga makna yang terkandung di dalam teks tersebut. Oleh karena itu, mesin penerjemah seperti Google Translate hanya mampu untuk mengartikan suatu bahasa sumber dari kalimat atau teks ke dalam bahasa sasaran.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?