Info beasiswa kuliah di Oman dan juga berbagai negara di timur tengah saat ini menjadi salah satu informasi yang paling dicari para pelajar yang berasal dari Indonesia. Para calon penerima beasiswa tersebut tidak hanya ingin memperdalam ilmu mengenai agama islam saja, banyak dari mereka yang juga ingin melanjutkan pendidikan untuk memperdalam ilmu teknik, perbankan, keuangan dan masih banyak lagi jurusan lainnya.

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah
Foto : Ilustrasi

Sebagai tambahan informasi bagi Anda yang sedang mencari info beasiswa studi di Oman, Oman sendiri sebenarnya merupakan negara dengan ukuran yang relatif kecil. Ia memiliki luas sekitar dua setengah kali luas Pulau Jawa dengan jumlah penduduk yang hampir sedikit sama dengan jumlah penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Negara Oman dipimpin oleh seorang sultan yang juga sekaligus menjadi kepala pemerintahan. Menarik sekali bukan sedikit informasinya?

Beberapa kota besar di Oman yang perlu Anda ketahui di antaranya adalah Duqm, Salalah dan juga Nizwa. Hampir sama seperti negara di timur tengah lainnya, sebagian besar penduduknya ber-etnis Arab. Biasanya, etnis Arab yang ada di Oman sendiri menggunakan Bahasa Arab untuk kehidupan sehari-hari. Tidak hanya Bahasa Arab, sebagian dari mereka juga menggunakan Bahasa Swahili. Meski begitu, mereka tidak menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi.

Ada etnis lain yang juga hidup di Oman seperti etnis Lawati, Persia, Mehri, Lurs dan juga Balusi. Selain itu, bahasa Inggris juga kerap digunakan sebagai bahasa sehari-hari. Anda yang saat ini berkutat dengan info beasiswa di Oman penting untuk mengetahui hal ini agar dapat menyiapkan kemampuan berbahasa Inggris Anda di jauh hari.

Tambahan informasi bagi para pencari info beasiswa studi di Oman, berikut beberapa poin penting mengenai dunia studi di Oman yang perlu Anda ketahui:

Keuntungan Belajar di Oman

Pada dasarnya, apa saja keuntungan yang Anda dapatkan jika nanti Anda mendapat kesempatan belajar di Oman? Menurut salah satu sumber dari seseorang yang pernah belajar di Oman di sebuah institusi bernama Sultan Qaboos College for Teaching Arabic to Non-Native Speakers. Menempuh pendidikan di Oman memakan biaya yang termasuk murah karena sebagian besar biaya sudah ditanggung pemberi beasiswa. Menarik sekali, bukan?

Sultan Qaboos University sendiri terletak di daerah Muscat yang merupakan ibu kota Oman. Beberapa fakultas di perguruan tinggi di antaranya adalah Fakultas Kedokteran, Fakultas Perdagangan dan Ekonomi, Fakultas Seni, Fakultas Teknik, Fakultas Sains, Fakultas Pertanian, Fakultas Negeri Hukum, Fakultas Keperawatan dan juga Fakultas Pendidikan. Anda hanya perlu mencari info beasiswa kuliah di Oman melalui Sultan Qaboos University.

Selain itu, info beasiswa di Oman yang lainnya adalah dengan mencari tahu informasi mengenai Muscat University. Kedua universitas unggulan tersebut merupakan bagian dari beberapa universitas favorit para mahasiswa baik dari dalam mau pun luar negeri. Dunia pendidikan di Oman juga sudah berkembang dengan pesat karena Oman sedang mengembangkan industri migas yang ia miliki. Jadi, kebutuhan akan ahli di bidang migas juga meningkat.

Keuntungan lainnya adalah masyarakat Oman yang amat ramah terhadap tamu atau turis yang datang ke negaranya. Mereka sangat bersahabat, lingkungan di sekitar negara tersebut juga sangat bersih. Selain itu, kenyamanan, keamanan dan juga ketertiban yang juga memadai dan cocok untuk calon pendatang seperti Anda yang peduli akan keamanan dan ketertiban. Inilah info beasiswa studi di Oman yang terkenal di Oman.

Beasiswa Studi di Oman

Biasanya, pemerintah Oman sering menawarkan beasiswa terhadap mahasiswa Indonesia yang sekiranya tertarik untuk melanjutkan pendidikan di sana. Informasi mengenai beasiswa tersebut biasanya diterbitkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Oman di Muscat. Bidang ilmu yang ditawarkan di antaranya adalah Ilmu Syariah, Teknik, Ilmu Terapan dan juga Keuangan dan Perbankan. Namun, seperti beasiswa pada umumnya, terdapat persyaratan yang harus Anda penuhi.

Anda biasanya perlu mengisi formulir yang sudah terlampir di situs resmi informasi beasiswa ke Oman. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan seperti legalisir ijazah sekolah sebelumnya dari Kementerian Luar Negeri, kedutaan besar juga instansi pemerintahan lain yang akan mencatat data Anda ketika Anda nantinya lolos sebagai penerima beasiswa.

Pemerintah Oman atau Kesultanan biasanya memberikan biaya sebesar 518 USD untuk mahasiswanya untuk biaya uang saku, biaya hidup, akomodasi dan juga transportasi. Mahasiswa juga nantinya akan diberikan satu tiker pesawat pulang pergi ke Indonesia setiap tahunnya. Bagaimana? Apa Anda semakin tertarik untuk mencari tahu info beasiswa di Oman?

Persiapan yang Harus Dilakukan

Saat sedang mencari tahu info beasiswa studi di Oman, Anda juga diwajibkan untuk mempersiapkan diri. Persiapan yang harus dilakukan adalah dengan selalu memonitor situs atau sumber pemberi informasi mengenai beasiswa yang Anda cari. Pastikan Anda mendapatkan info mengenai beasiswa tersebut dari sumber tepat dan juga terpercaya. Jangan sampai Anda terjebak pada sumber palsu yang tidak dapat diandalkan.

Perhatikan juga syarat-syarat yang harus Anda persiapkan. Jangan sampai terdapat kesalahan membaca informasi sehingga dokumen atau persiapan yang Anda lakukan masih kurang. Selain itu, pastikan Anda menguasai materi yang akan menjadi bahan seleksi penerimaan beasiswa ke Oman. Giatlah latihan soal dan membaca efektif. Hindari belajar dengan cara yang tidak efektif seperti sistem kebut semalam karena dikhawatirkan hasilnya tidak akan maksimal.

Fokus pada apa yang menjadi tujuan Anda. Persiapkan segala persyaratan dan materi sebaik mungkin untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan juga restu dari orang tua dan orang terdekat, ya!

Banyak universitas di Oman yang memiliki fasilitas sangat memadai. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sistem pendidikan di negara ini dapat dibilang sedikit lebih maju dibandingkan sistem yang dimiliki Indonesia. Banyak dari bagian pemerintah yang memberikan beasiswa atau sekolah secara gratis supaya kemudian lulusannya dapat menjadi bagian dari tenaga ahli yang memang dibutuhkan di sana.

Anda dapat menemukan informasi mengenai macam-macam biaya tersebut pada situs resmi milik KBRI Oman atau Kementerian Luar Negeri. Selain itu, saat ini juga Oman sedang mengembangkan industry pariwisata yang dimilikinya secara besar-besaran. Jadi, tidak dipungkiri lagi bahwa pemerintah Oman memiliki ketergantungan terhadap profesional yang ahli pada bidang pelayanan dan juga pariwisata.

Dengan berkuliah di luar negeri seperti di Oman salah satunya, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan. Ya, Anda akan bertemu dengan berbagai macam teman dari berbagai macam negara dengan latar belakang budaya, bahasa dan kebiasaan yang berbeda. Selain itu, Anda akan dilatih untuk percaya diri karena ketika di luar negeri Anda sudah terbiasa berinteraksi dengan berbagai tipe dan watak orang. Jangan pernah bosan mencari tahu tentang info beasiswa kuliah di Oman untuk tetap mencari ilmu. Semoga Anda berhasil!

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?