Berdasarkan hasil survey dari info beasiswa kuliah di Polandia yang sudah ada, ternyata jumlah pelajar dari negara Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di Polandia terbilang masih sangat sedikit. Entah itu dikarenakan aksesnya, sumbernya yang kurang, atau bahkan memang tidak begitu berminat dengan negara ini. Padahal, sudah dari tahun 2015, Indonesia bersama dengan Polandia sudah bekerjasama di bidang pendidikan.

Jasa penerjemah bahasa polandia
Foto : Ilustrasi

Dimana dari hasil kerjasama inilah maka dihasilkan pemberian beasiswa untuk pelajar yang mau menempuh pendidikan di jenjang S2 dan juga di tingkat pendidikan S3. Tak hanya itu saja, pihak dari Menteri Ilmu Pengetahuan dan juga Pendidikan Tinggi Polandia, beserta Menteri Luar Negeri Polandia sudah mengumumkan rekrutmen beasiswa Ignacy Lukasiewicz di tahun 2018/ 2019 yang lalu.

Program beasiswa ini merupakan masuk dari program polish aid yang tujuannya untuk membantu proses pembangunan sosio dan ekonomis untuk negara berkembang, seperti negara Indonesia. Setiap pelamar yang ingin menempuh pendidikan di bangku S2 di universitas Polandia ini bisa mengikuti program beasiswa Ignacy Lukasiewicz. Banyak universitas di Polandia yang menawarkan program beasiswa ini.

Beberapa universitas yang menawarkan program beasiswa ini menurut info beasiswa kuliah di Polandia adalah Cardinal Stefan Wyznski University, Adam Mickiewicz University, Jagiellonian University, Jan Dlugosz University, John Paul II Catholic University, Jan Kochanowski University, Kazimierz Wielki University, Nivolas Copernivus University, dan juga Maria Curie Sklodowska University. Selain itu, masih banyak universitas lainnya di Polandia.

Cakupan Info Jurusan yang Mendapat Beasiswa Studi di Polandia

Cakupan info beasiswa kuliah di Polandia yang bisa Anda dapatkan dari beasiswa Polandia ini meliputi biaya untuk kuliah secara gratis dan juga biaya kursus untuk persiapan bahasa Polandia secara gratis sebelum akhirnya melanjutkan masa studi di Polandia. Selain itu, setiap mahasiswa juga akan mendapatkan tunjangan bulanan untuk biaya hidup dan akomonasi senilai 5,9 juta rupiah per bulan.

Sebelum menempuh perkuliahan, para peserta akan melakukan persiapan demi memudahkan perkuliahan di Polandia lewat kursus perisapan. Kursus ini nanti akan ditanggung beasiswa. Selain itu, di dalam kursus ini nanti setiap pesertanya akan mendapat pengetahuan seputar bahasa Polandia. Dengan begitu, setiap peserta bisa lebih matang dalam belajar di Polandia.

Setiap, peserta yang memilih studi ke dalam bahasa Inggris nantinya akan mendapatkan kursus persiapan yang lebih singkat. Dimana kursus persiapannya nanti akan berlangsug hingga 1 semester saja. Sementara itu, untuk jurusan yang tersedia ke dalam beasiswa ini ada banyak. Misalnya saja, seperti Sciences yang meliputi Astronomy, Information Technology, Mathematics, Geophysics, Biphysics, Biotechnology, Physics, Chemistry, Chemical technology, dan juga Environmental protection.

Tak hanya itu saja, jurusan lainnya ada natural sciences yang meliputi, Geology Ecology, Biology, Microbiology, Geography, Ocenography, dll. Selain itu, masih ada lagi jurusan Techical Sciences yang menawarkan beasiswa ini, meliputi automatics and robotics, architecture and urban planning, bimedical engineering, dan juga biocybernetics, dll. selanjutnya, untuk jurusan yang lainnya, bisa berupa Forestry, Agricultural, dan juga Veterinary Sciences.

Info Persyaratan agar Mendapat Beasiswa Studi di Polandia

  1. Menurut info beasiswa sekolah di Polandia yang beredar saat ini, untuk lolos ke dalam salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa di Polandia adalah harus warga negara dari beberapa pilihan negara berikut ini, yaitu Angola, Indonesia, Colombia, Chile, India, Ethiopia, Mexico, Kenya, Palestina, Nigeria, Peru, Filipina, South Africa, Tanzania, Senegal, dan juga Vietnam. Selain negara ini, maka Anda tidak lolos.
  2. Selain beberapa negara yang sudah ditentukan, Anda juga harus bukan lulusan atau bukan siswa dari lembaga pendidikan tinggi yang ada di Polandia agar bisa masuk dalam persyaratan beasiswa ini. Hal ini juga berlaku sama untuk Anda yang pernah mendapat gelar Magister ataupun Magister Inzynier disini, maka Anda juga tidak bisa mendapatkan beasiswanya. Karena ini sudah masuk persyaratan khusus didalamnya.
  3. Persyaratan info beasiswa sekolah di Polandia yang lainnya adalah harus lulus dari S1 di tahun 2014 atau sesudahnya. Untuk bidang jurusan yang bisa mendapatkan beasiswa ini meliputi Natural Sciences, Sciences, Agricultural, Technical Sciences, Veterinary Sciencies, dan juga Forestry. Itupun harus disertai dengan memiliki sertifikat Bahasa Inggris, minimal di level B2.

Dimana sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang ditentukan dalam info beasiswa sekolah di Polandia ini adalah harus memiliki nilai IELTS minimal 6, kemudian memiliki nilai TOEFL iBT senilai 87 atau lebih. Harus punya nilai TOEFL pBT minimal sebanyak 510, kemudian nilai TOEFL cBT sebanyak 1880 atau lebih, dan juga memiliki nilai TOEIC setidaknya 700 atau lebih.

Info Cara Pendaftaran Beasiswa Studi di Polandia

Berdasarkan info beasiswa studi di Polandia, sebelum Anda melakukan pendaftaran, maka Anda harus memilih dulu universitas yang ada di Polandia yang mendukung program beasiswa secara online. Untuk menampilkan layar dalam bahasa Inggris pada laman resminya, Anda bisa memilih EN. Selanjutnya, langsung saja pilih create account untuk membuat akun Anda yang baru lebih dulu.

Bila sudah, Segera lakukan pendaftaran sebelum masa deadlinenya habis. Beasiswa yang diberikan kali ini adalah untuk pelajar yang mau belajar tentang ilmu sains dan juga teknologi. Hanya saja, skema penerimaan mahasiswa di jenjang S2 dan S3 itu sangat berbeda sekali. Karena di tingkat pendidikan S2 diwajibkan mempelajari bahasa Polandia selama 1 tahun dulu agar bisa mengikuti perkuliahan Magister.

Ini berbeda sekali dengan info beasiswa studi di Polandia untuk tingkat pendidikan S3. Karena di jenjang ini, Anda tidak perlu mempelajari bahasa Polandia dulu. Anda bisa melakukan riset ke universitas tujuan secara langsung. Yang paling menarik dari beasiswa yang diberikan di Polandia ini adalah, Anda diberi kebebasan sendiri untuk menentukan universitas publik yang mana yang Anda inginkan.

Jadi, semuanya nanti tergantung dari bidang dan kebutuhan yang sesuai dengan Anda. Maka dari itulah, sebaiknya gali info beasiswa studi di Polandia sebanyak-banyaknya pada universitas tujuan yang ditentukan pihak penyedia beasiswa terlebih dahulu. Agar pilihan Anda tidak salah. Apalagi, pembukaan beasiswa ini umumnya hanya ditawarkan sekali saja dalam 1 tahun. Yaitu, di bulan Mei dan Juni.

Sedangkan untuk proses pengumuman kandidat yang berhasil lolos disampaikan di bulan Agustus. Beasiswa ini disebut juga dengan Ignacy Lukasiewicz yang menawarkan skema beasiswa penuh dari pemerintah negara Polandia. Beasiswa ini untuk pelajar internasional di jenjang pendidikan Master atau S2 dan juga S3 atau PhD di Polandia. Seperti di tahun sebelumnya, ternyata Indonesia masuk nominasi sebagai negara yang diprioritaskan mendapatkan beasiswa. Bahkan, kabarnya jumlah penerima beasiswa yang paling banyak adalah berasal dari negara Indonesia. Untuk beasiswa penuh yang ditawarkan meliputi pertanggungan biaya kuliah secara penuh selama studi dan biaya hidup, beserta biaya akomodasi. Sedangkan, biaya perjalanan ke Polandia tidak ditanggung dalam beasiswa ini. Untuk melihat info beasiswa studi di Polandia selanjutnya, silahkan akses di laman resminya secara langsung.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?