Akhirnya info beasiswa kuliah di Turki sudah ada dan lengkap! Seperti yang diketahui, di setiap tahun, pihak pemerintah Turki selalu menawarkan program beasiswa penuh, yaitu Türkiye Scholarships untuk pelamar internasional. Program beasiswa ini diberikan untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku S1, S2, dan juga di bangku S3 yang ada di beberapa universitas di Turki yang sudah dipilih.

Jasa penerjemah bahasa turki
Foto : Ilustrasi

Program beasiswa yang ditawarkan sendiri tersedia untuk banyak jurusan pilihan. Namun, khusus untuk beberapa universitas yang ada di Turki umumnya menawarkan kuota khusus untuk pelajar Indonesia. Bahkan, ada juga beberapa universitas yang telah menggelar ujian masuk di tingkat pendidikan S1 di Indonesia. Salah satu universitas yang menawarkan program beasiswa adalah Bindarma Onyedi Eylul University.

Sedangkan, universitas yang lainnya yang menawarkan program beasiswa ini adalah Uludag University. Dimana universitas ini sebenarnya sudah ada dari tahun 1975. Dimana kampus ini mulanya merupakan universitas negeri yang paling terkenal di negara Turki. Ada sebanyak 400 mahasiswa internasional yang masuk ke dalam universitas ini, dimana 130 di antaranya merupakan mahasiswa dari Indonesia.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, kampus ini menawarkan variasi biaya perkuliahan untuk setiap jurusan. Biaya termahalnya adalah untuk fakultas kedokteran dengan dana beasiswa sebesar 1.160 Euro setiap tahun, atau sebanding dengan 19 juta rupiah. Sementara itu, untuk jurusan ekonomi mendapatkan dana beasiswa sebesar 480 Euro setiap tahun, atau setara dengan 8 juta rupiah per tahun.

Info Beasiswa Studi di Turki Berdasarkan Jurusan dan Tingkat Pendidikannya

Berdasarkan tingkat pendidikan beserta jurusan yang disampaikan ke dalam info beasiswa kuliah di Turki, beasiswa yang diberikan ini sifatnya adalah penuh dan juga tidak mengikat pada penerima beasiswanya. Pelamar juga akan mendapatkan kebebasan untuk memilih program studi yang diinginkan. Sedangkan untuk WNI sendiri mendapatkan kesempatan pada beberapa beasiswa pilihan, seperti:

Bosphorus Scholarship Program – yang merupakan beasiswa untuk mereka yang menempuh jenjang tingkat pendidikan S1 pada semua jurusan. Kecuali Studi Islam, Ilmu medis dan juga Studi Sastra atau Bahasa Turki. Ali Kuşçu Science && Technology Scholarship – adalah beasiswa untuk studi di jenjang S2 dan S3 di jurusan Teknik, Teknologi, dan Ilmu pengetahuan. Masih ada lagi, beasiswa Ibni Haldun Social Sciences Scholarship.

Beasiswa ini juga untuk studi pasca sarjana S2 dan S3 di jurusan Ilmu Sosial. Untuk jurusan Kedokteran, bisa mengambil beasiswa İbni Sina Medical Sciences Scholarship Program di tingkat pendidikan S1. Sedangkan, untuk Anda yang ingin mengambil sastra dan bahasa Turki, Anda bisa mencoba beasiswa Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program di tingkat S1, S2, dan juga di tingkat S3.

Selanjutnya, bila Anda ingin belajar khusus di bidang studi Islam, Anda bisa mengikuti program beasiswa Islamic Studies Scholarship Program. Karena beasiswa ini meliputi program S1 hingga S3. Sehingga, Anda bisa memiliki banyak pilihan. Tak hanya itu saja, masih ada banyak jenis beasiswa yang lainnya. Seperti beasiswa riset dan juga beasiswa untuk internasional mahasiswa di Turki.

Namun, untuk bisa lolos dalam pendaftarannya, setiap pelamar hanya bisa mendaftar 1 program beasiswa dari yang disebutkan di atas sesuai background pendidikannya dan tujuan akademiknya. Untuk proses pengajuan aplikasinya bisa dilakukan secara online. Karena untuk program ini tidak bisa dilakukan via pos pendaftarannya. Untuk beasiswanya sendiri bisa meliputi penempatan universitas sekaligus. Sehingga, prosesnya lebih mudah!

Info Beasiswa Studi di Turki Melihat dari Persyaratannya

  1. Untuk bisa mendapatkan beasiswa studi di negara Turki, maka menurut info beasiswa sekolah di Turki yang sudah ada, Anda harus merupakan warganegara bukan dari negara Turki. Karena, jika Anda adalah seseorang yang memiliki warga negara Turki, maka Anda tidak boleh melakukan pendaftaran beasiswa ini. Karena sudah pasti Anda tidak masuk ke dalam persyaratan yang ditentukan.
  2. Selain itu, calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke dalam beasiswa ini harus tidak terdaftar menjadi mahasiswa di universitas Turki yang telah dilamar. Setiap pelamar yang ingin mengajukan pendidikan S2 dalam beasiswa ini harus lulus dulu ke dalam SMK/ SMA/ Sederajat. Sedangkan, pelamar S2 dan S3 harus meraih tingkat pendidikan Sarjana atau master terlebih dahulu.
  3. Untuk pelamar S1, persyaratannya adalah usianya masih kurang dari 21 tahun. Sedangkan pelamar jenjang S2, usianya harus kurang dari 30 tahun. Selanjutnya, menurut info beasiswa kuliah di Turki, untuk pelamar jenjang S3, usianya tidak boleh lebih dari 35 tahun. Itupun harus disertai dengan nilai yang bagus, baik untuk IPK dan nilai Ujian Akhir Nasionalnya.

Info Beasiswa Studi di Turki tentang Cara Pendaftarannya

  1. Sebenarnya, untuk proses pendaftaran beasiswa yang disediakan di Turki ini bisa Anda lakukan secara online dari web resminya. Setelah itu, pilih saja tulisan Applu. Selanjutnya, buat akun baru dulu untuk mendaftarkan diri. Dalam hal ini, Anda membutuhkan alamat email yang aktif, beserta password yang dibutuhkan saat ingin login ke dalam situs resminya.
  2. Selanjutnya, segera cek email dan lakukan konfirmasi link aktivasi info beasiswa sekolah di Turki yang sudah dikirim ke alamat email Anda. Selanjutnya, agar dapat mengisi formulir pendaftarannya, Anda bisa kembali lagi ke web resmiya dan login menggunakan email beserta password yang telah didaftarkan sebelumnya. isilah formulirnya sesuai data yang ditentukan.
  3. Upload semua dokumen yang dibutuhkan, dan terjemahkan ke dalam bahasa Turki atau menggunakan bahasa Inggris. Umumnya ada batasan pendaftaran beasiswa di Turki. Untuk Anda yang berhasil lolos seleksi administrasi yang ditentukan, Anda bisa melakukan seleksi wawancara. Semuanya akan diinformasikan lewat email yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Umumnya, periode wawancaranya di gelar 1 bulan setelah deadline pendaftarannya.

Di tahun 2019, periode wawancaranya di gelar April sampai dengan Mei 2019. Sedangkan, pengumuman akhir untuk siapa saja yang menerima beasiswa akan diumumkan di bulan Juli 2019. Selanjutnya, berdasarkan info beasiswa sekolah di Turki, nantinya studinya akan dimulai di bulan September 2019. Yang harus digaris bawahi disini adalah, Anda tidak perlu mengajukan pendaftaran secara terpisah dengan universitas tujuan Anda.

Hanya dengan memakai formulir pendaftaran secara online, Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke dalam universitas yang Anda inginkan. Dengan begitu, ketika pelamar dinyatakan berhak mendapatkan beasiswa ini, maka Anda akan langsung diterima ke dalam universitas di Turki secara otomatis. Namun sebelum itu, Anda akan mendapat kursus dalam bahasa Turki terlebih dahulu selama 1 tahun secara gratis. Yang harus diperhatikan disini adalah, dalam praktik perkuliahannya disini memakai bahasa Turki. Namun meskipun begitu, masih ada lagi program studi yang memakai bahasa pengantar, seperti bahasa Perancis, Inggris, dan bahasa Arab. Maka dari itulah, sebelum melakukan pendaftaran beasiswa ini, sebaiknya cermati dulu bahasa pengantar sesuai dengan yang disebutkan dalam info beasiswa studi di Turki.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?