Info beasiswa sekolah di Qatar mungkin bisa menjadi informasi menarik bagi Anda yang ingin melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi di salah satu negara timur ini. Apalagi memutuskan untuk sekolah di luar negeri bukanlah sesuatu yang murah. Sehingga dengan menggunakan program beasiswa, maka dapat menghemat budget yang harus disiapkan. Bagi Anda yang tertarik untuk kuliah di Qatar, berikut informasi selengkapnya tentang program beasiswa Qatar.

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah
Foto : Ilustrasi

Beasiswa S1 Qatar University untuk Lulusan SMA/ Sederajat

Salah satu perguruan tinggi di Qatar yang bekerja sama dengan Indonesia dalam hal pendidikan adalah Qatar University. Menurut info beasiswa sekolah di Qatar, bagi lulusan SMA/ Sederajat di Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa S1 Qatar University. Qatar University sendiri setiap tahunnya menawarkan sekitar 400 penerima beasiswa dari lulusan SMA di berbagai negara, termasuk Indonesia untuk mendapatkan program beasiswa S1 tersebut.

Legalisasi Dokumen Terjemahan Di Kedutaaan Besar Asing, Dokumen Apa Saja?

Mendulang Beasiswa di Luar Negeri, Dokumen Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Tips dan Cara Memilih Kantor Jasa Penerjemah Terpercaya

Menurut info beasiswa studi di Qatar, adapun bagi lulusan SMA/ Sederajat yang berhasil untuk mendapatkan beasiswa studi di Qatar University, mereka akan mendapatkan beberapa fasilitas berikut ini:

  • Bebas biaya selama menempuh pendidikan sesuai dengan waktu yang ditentukan
  • Izin tinggal dan visa untuk mahasiswa
  • Bebas biaya pembelian buku-buku kuliah
  • Mendapatkan tiket pulang-pergi setiap tahunnya ke negara asal
  • Penyambutan di bandara saat pertama kali datang ke Qatar
  • Bisa tinggal di asrama universitas dengan fasilitas lengkap seperti Double Room, makan tiga kali sehari, layanan internet gratis, ruang permainan, perpustakaan, kolam renang, gym, transportasi ke dan dari kampus serta fasilitas-fasilitas lainnya yang dapat menunjang kebutuhan selama menempuh pendidikan di Qatar.

Persyaratan dan Cara Mendaftar Beasiswa S1 Qatar University

Untuk mendapatkan beasiswa agar bisa melanjutkan kuliah ke luar negeri juga bukan sesuatu yang mudah. Ada serangkaian tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa agar bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Untuk itu, menurut info beasiswa kuliah di Qatar berikut beberapa syarat untuk mendapatkan beasiswa S1 di Qatar University:

  1. Memiliki ijazah atau sertifikat dari pendidikan SMA yang setara di Qatar.
  2. Memiliki sertifikat skor TOEFL Internasional dengan skor minimal 450, kecuali untuk calon mahasiswa yang mendaftar di Fakultas Syariah.
  3. Telah memenuhi persyaratan masuk untuk kuliah di Qatar University.

Lalu bagaimana cara melakukan pendaftaran kuliah S1 di Qatar Unievrsity? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah pertama, Kamu bisa menentukan fakultas mana yang akan dituju melalui laman resmi dari Qatar University. Ada beberapa fakultas dan program studi yang ditawarkan Qatar University seperti Art and Science, Business and Economics, Education, Engineering, Law, Health Science, Medicine, Pharmacy, Dental Medicine dan Sharia and Islamic Studies.
  2. Siapkan semua berkas yang dibutuhkan dan perhatikan baik-baik deadline sesuai yang tersedia di website tersebut. Karena program beasiswa bisa saja ditutup sewaktu-waktu karena kuota telah memenuhi.
  3. Jangan lupa untuk menyiapkan legalisir ijazah yang bisa Anda dapatkan dari kedutaan Qatar yang ada di Indonesia.
  4. Pastikan Kamu sudah memiliki paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan sejak pemberangkatan.
  5. Persyaratan skor TOEFL setiap universitas berbeda-beda, sehingga Anda bisa mencari tahunya terlebih dahulu sesuai yang tercantum di laman resmi Qatar University.
  6. Melengkapi formulir aplikasi pendaftaran secara online.
  7. Membayar biaya administrasi senilai 200 QAR ke bagian admission atau sekitar Rp 632 ribu.
  8. Kemudian kirimkan semua dokumen yang dipersyaratkan tadi ke Qatar University, PO Box 2713, Doha Qatar.

Setelah Anda melakukan pendaftaran, harap untuk selalu cek atau follow up secara online. Biasanya setiap website kampus termasuk Qatar Univesity selalu update tentang perkembangan penerimaan beasiswa yang sudah diajukan. Informasi lebih lanjut tentang beasiswa S1 di Qatar University bisa menghubungi melalui email resmi Qatar University di alamat email yang telah tersedia.

Beasiswa S2 Studi Islam di Qatar Faculty of Islamic Studies (QFIS)

Bagi Anda yang mencari info beasiswa kuliah di Qatar untuk program pasca sarjana atau S2, saat ini memang belum tersedia di Qatar University. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mendaftar di Qatar Faculty of Islamic Studies (QFIS) sebagai salah satu fakultas di Hamad Bin Khalifa University. Sama seperti Qatar University, disini setiap tahunnya juga menawarkan beasiswa bagi pelajar internasional untuk melanjutkan studi pasca sarjana di HBKU, Qatar.

HBKU sendiri adalah anggota dari Qatar Foundation dalam bidang ilmu pengetahuan, pendidikan dan pengembangan masyarakat. Beberapa program master yang ditawarkan di tempat studi ini diantaranya seperti:

  • Islamic Studies in Contemporary Fiqh (khusus lulusan S1 bidang syariah)
  • Public Policy in Islam
  • Islamic Finance (khusus lulusan S1 ekonomi, bisnis, keuangan, akuntansi, syariah dan bidang studi lainnya yang terkait)
  • Study of Contemporary Muslim Though and Societies
  • Urban Design and Architecture in Islamic Societies (khusus lulusan S1 bidang arsitektur dan teknik)
  • Islamic Studies in Comparative Religions

Bagi lulusan S1 yang berhasil untuk mendapatkan beasiswa S2 di QFIS, maka berhak untuk mendapatkan Tanggungan Biaya Pendidikan Penuh, Akomodasi, Tunjangan Kesehatan, Transportasi di dalam maupun di luar Qatar Foundation serta fasilitas internet, telepon dan rekreasi.

Persyaratan Beasiswa S2 Dari QFIS

Legalisasi Dokumen Terjemahan Di Kedutaaan Besar Asing, Dokumen Apa Saja?

Mendulang Beasiswa di Luar Negeri, Dokumen Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Tips dan Cara Memilih Kantor Jasa Penerjemah Terpercaya

Bagi Anda yang mencari info beasiswa studi di Qatar dan tertarik dengan beasiswa S2 dari QFIS tersebut, berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Sudah menyelesaikan studi S1 dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi sangat baik dengan IPK minimal 3.4
  2. Memiliki sertifikat skor TOEFL minimal dengan skor 550 dan IELTS minimal 6.0, sedangkan untuk pelamar program studi Islamic Studies in Conremporary FIqh dan Islamic Studies in Comparative Religions membutuhkan skor TOEFL minimal 450 dan IELTS 5.0.
  3. Lulus Arabic Plascement Test dan mendapatkan skor minimal 80% di pusat bahasa di Qatar. Jika siswa tidak lulus tes ini dalam masa studi satu tahun, maka akan ada pencabutan beasiswa.
  4. Melakukan wawancara melalui telepon saat seleksi terakhir.
  5. Menyiapkan beberapa kelengkapan dokumen yang diperlukan seperti form aplikasi pendaftaran beasiswa QFIS, salinan passport, ijazah S1, transkrip nilai dan dua pas foto terbaru.

Semua kelengkapan berkas tersebut disiapkan dan dikirim ke pihak admissions QIFS. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi laman resmi HBKU untuk informasi deadline dan persyaratan-persyaratan tambahannya. Itulah info beasiswa di Qatar untuk program S1 dan S2. Jika Anda tertarik untuk melanjutkan studi di Qatar, Anda bisa memanfaatkan program beasiswa tersebut yang setiap tahunnnya selalu dibuka secara umum untuk calon mahasiswa internasional. Semoga info beasiswa kuliah di Qatar tersebut bermanfaat untuk Anda yang ingin kuliah di Timur Tengah.

Jasa Penerjemah Bahasa Arab Tersumpah dan Terpercaya

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?