Ingin mengetahui mengenai info beasiswa studi di Yaman karena ingin melanjutkan pendidikan di sana? Jangan khawatir, saat ini sudah banyak sekali informasi yang dapat Anda peroleh secara gratis mengenai informasi beasiswa di negara mana pun. Terlebih lagi Yaman merupakan negara dengan aliran agama islam yang terbilang cukup banyak. Sehingga, banyak juga lembaga pendidikan berbasis islam yang menyediakan banyak beasiswa untuk pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan.

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah
Foto : Ilustrasi

Banyak dari para pelajar Indonesia yang saat ini mencari tahu info beasiswa di Yaman baik untuk perguruan tinggi mau pun sekolah menengah. Alasannya karena sebagian besar dari mereka ingin memperdalam ilmu mengenai islam lebih banyak lagi dan juga untuk menambah jaringan pertemanan secara lebih luas lagi. Beberapa lembaga pendidikan terkenal di Yaman antara lain ialah Darul Mustafa, Al Ahgaff University dan masih banyak lagi.

Detail lebih rinci mengenai info beasiswa kuliah di Yaman dibagi ke dalam persyaratan apa saja yang harus dilengkapi, info universitas, jurusan, dan juga cara pendaftarannya. Sebagai tambahan informasi, ada juga beasiswa yang memberikan pembiayaan secara fully funded bahkan Anda kemungkinan juga diberikan biaya bantuan keuangan untuk setiap beberapa bulan. Untuk beasiswa di luar negeri, Anda juga akan diberikan informasi mengenai komunitas sesama mahasiswa Indonesia.

Daya Tarik Studi di Yaman

Menurut salah satu sumber mengenai info beasiswa studi di Yaman, sebagai dokumen persyaratan tentunya Anda nanti akan berhubungan dengan Kementerian Luar Negeri dan juga Kedutaan Besar Yaman yang ada di Indonesia. Bagaimana pun juga nantinya Anda akan tinggal beberapa saat di negeri Yaman itu berarti kementerian Luar Negeri dan juga kedutaan besar kedua negara wajib mengetahuinya untuk keamanan Anda sendiri.

Sebenarnya, apa yang menjadi daya tarik sehingga para pelajar yang mencari info beasiswa di Yaman ingin melanjutkan pendidikan di Yaman? Untuk Anda ketahui, negeri Yaman biasanya didatangi para pelajar yang berstatus sebagai santri untuk memperdalam ilmu mengenai agama islam. Ya, terlebih lagi hubungan antara Yaman dan Indonesia sudah lama terjalin dengan baik. Selain itu, banyak dari warga negara Indonesia yang masih memiliki keturunan dari Yaman.

Tradisi keilmuan yang ada di Yaman terutama di Hadhramaut hampir mirip dengan tradisi keilmuan yang diajarkan pada sebagian tradisi pesantren di Indonesia. Maka tidak heran lagi apabila para pencari info beasiswa kuliah di Yaman sebagian besar berasal dari lulusan pesantren. Biasanya, karena tradisi keilmuan agama Islam yang dimiliki hampir sama, sebagian besar santri tersebut ingin melanjutkan pendidikan pesantren sebelumnya.

Beasiswa Studi di Yaman

Lalu, bagaimana dengan info beasiswa studi di Yaman? Perlu Anda ketahui, salah satu perguruan tinggi yang terkenal di Yaman sekaligus sering dijadikan tempat untuk melanjutkan para mahasiswa dan pelajari dari Indonesia adalah Universitas Al Ahgaff, Yaman. Tidak hanya mahasiswa dari Indonesia, universitas yang satu ini juga merupakan pemikat mahasiswa muslim dari seluruh dunia.

Terdapat dua fakultas di Universitas Al Ahgaff yang dikhususkan untuk pelajar dari Indonesia dengan mendapatkannya melalui beasiswa, yaitu Fakultas Syariah khusus untuk putra dan juga Fakultas Tarbiyah dengan jurusan Dirosat Islamiyah yang dikhususkan untuk putri. Beasiswa tersebut dapat Anda dapatkan dari Yayasan Al Ahgaf yang merupakan perwakilan lembaga satu-satunya dari Indonesia untuk pelajar Indonesia, Malaysia dan sekitarnya yang ingin beasiswa studi ke Universitas Al Ahgaff.

Biasanya, beasiswa akan diberikan kepada para peserta yang dinyatakan lulus seleksi karena memenuhi segala persyaratan. Seleksi untuk mendapatkan beasiswa itu sendiri biasanya dilaksanakan di beberapa pesantren sekitar Indonesia dan Malaysia yang berhubungan langsung dengan Yayasan Al Ahgaf. Inilah info beasiswa studi di Yaman yang bisa Anda targetkan ketika ingin belajar di Yaman.

Persyaratan yang biasanya dibutuhkan sebelum mengikuti seleksi adalah tentu saja berupa fotokopi ijazah dari sekolah sebelumnya yang telah dilegalisir Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Republik Yaman di Jakarta. Selain itu, terdapat standar rata-rata raport dengan minimal 70% – 80%. Jangan lupa melampirkan juga surat keterangan sehat, surat catatan kepolisian, akta kelahiran dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Persiapkan Diri Anda dengan Baik

Anda salah satu pemburu info beasiswa di Yaman? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ya, siapa pun yang ingin mendapatkan beasiswa sudah pasti harus mempersiapkan diri dengan baik. Persiapan diri dengan baik tentunya didukung dengan persyaratan-persyaratan yang harus Anda lengkapi, Anda juga harus memenuhi kriteria persyaratan yang diberikan, mengikuti jadwal seleksi tepat waktu, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk selalu aktif dalam mengikuti informasi terbaru yang diterbitkan oleh lembaga penyedia beasiswa. Lengkapi dokumen-dokumen penting yang Anda miliki di jauh-jauh hari agar nantinya Anda dapat memastikan bahwa dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap. Penuhi persyaratan yang dibutuhkan sebelum tenggat waktu yang dtentukan agar pikiran Anda jauh lebih tenang apabila semua persyaratan sudah dikumpulkan.

Jauh-jauh hari sebelum waktu seleksi, usahakan Anda telah memahami materi yang akan dijadikan soal. Jangan menggunakan sistem kebut semalam karena cara belajar tersebut hanya akan membuat Anda merasa blank saat mengerjakan soal. Perbanyaklah latihan soal dan menjaga kesehatan agar lancar ketika waktunya hari seleksi mengerjakan soal.

Tidak hanya Al Ahgaff University, seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa perguruan tinggi lainnya di Yaman yang juga menjadi favorit bagi para pelajar muslim yang ingin memperdalam ilmu mengenai Agama Islam. Ada kampus Darul Ulum Syariah University yang terletak di dekat Laut Merah daerah Hudaidah. Fakultas yang tersedia di kampus ini adalah Fakultas Sharea, Adab, Da’wah, The Holly Quran Studies dan juga Ushuludin.

Ada juga Yemenia University yang memiliki kelebihan tersendiri di atas perguruan tinggi yang lainnya. Universitas yang satu ini terletak di kota Sana’a. Anda bisa melanjutkan program S1 dengan sistem ekstensi. Biasanya, perguruan tinggi lainnya hanya menerapkan sistem reguler yang tentunya tidak bisa memungkinan mahasiswa bergerak secara fleksibel. Terdapat enam fakultas di antaranya adalah Bahasa, Adab, Informatika, Ekonomi, Kedokteran dan juga Sharea & Law.

Selain itu ada juga Al Iman University yang juga terletak di Sana’a yang memberikan kuliah secara gratis untuk mahasiswa beragama islam. Khususnya untuk mahasiswa yang sudah berkeluarga. Kampus Al Iman dipimpin oleh seorang Syeikh bernama Syeikh Abdul Majid Az Zandani. Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di negeri Yaman? Meskipun banyak orang beranggapan bahwa Yaman dipenuhi dengan konflik namun tetap banyak mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di sana. Cari tahu terus info beasiswa kuliah di Yaman agar Anda mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai beasiswa yang ada.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?