Belakangan ini pemerintah membuka investasi asing di Indonesia sebesar-besarnya. Datangnya para investor asing yang membuat investasi diberbagai sektor tersebut, diharapkan mampu memberikan banyak dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi. Artinya, pemerintah menginginkan kedatangan mereka mampu memperbaiki taraf hidup masyarakat. Dengan adanya investasi yang masuk diyakini mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas, sehingga mampu mengurangi angka pengangguran.

Jasa penerjemah bahasa asing tersumpah dan terpercaya
Foto : Ilustrasi

Ternyata kedatangan investor asing, memberikan berkah juga kepada para kalangan penerjemah. Para investor yang tidak mengerti bahasa Indonesia, tentunya akan menyewa penerjemah bahasa Indonesia. Sejatinya penyewaan jasa penerjemah ini bertujuan untuk menjaga kepercayaan dalam bisnis. Biasanya mereka menggunakan jasa penerjemah untuk menerjemahkan obrolan yang dilakukan oleh sang investor dengan orang Indonesia yang tidak bisa berbahasa asing.

Investasi asing di Indonesia saat ini berasal dari berbagai negara, sehingga tidak hanya penerjemah bahasa Inggris saja yang akan dibutuhkan. Seperti yang banyak orang ketahui, banyak investor yang datang dari luar negeri juga tidak bisa berbahasa inggris, contohnya investor yang berasal dari Jepang, Korea dan China. Sehingga membutuhkan penerjemah yang bisa berbahasa sesuai dengan negara tujuan si investor.

Investasi Asing Jadi Angin Segar Para Penerjemah

Investasi asing di Indonesia saat ini merupakan sebuah angin segar bagi para kalangan penerjemah. Hampir seluruh investor yang datang tidak mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Dengan banyaknya investor yang masuk ke Indonesia, membuat lapangan pekerjaan sebagai penerjemah semakin banyak dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan gencarnya investor asing masuk tidak diiringi dengan pendidikan bahasa asing yang baik.

Sehingga membuat para masyarakat tidak bisa melakukan komunikasi dengan investor tentang investasi yang dilakukan. Misalnya dalam hal pembebasan tanah untuk mendirikan perusahaan, sudah pasti investor membutuhkan penerjemah untuk membahasnya dengan pemilik tanah. Selain itu, karena kendala bahasa segala urusan dengan karyawan jadi terganggu. Dengan demikian peran penerjemah menjadi sangat penting untuk menghubungkan antara bos dan karyawan.

Penerjemah Merupakan Kepercayaan Investor

Dalam dunia bisnis kepercayaan merupakan hal yang sangat penting, terlebih apabila investasi yang ditanamkan memiliki angka cukup besar. Para investor biasanya sangat mengandalkan para penerjemah untuk melancarkan bisnisnya. Hal tersebut digunakan ketika si investor ingin berkomunikasi dengan para bawahan yang tidak mengerti bahasa asing. Sehingga penerjemah digunakan sebagai penyambung lidah, untuk memberi tahukan apa yang diinginkan pemilik investasi.

Sebenarnya penerjamah dapat diartikan sebagai bos bayangan, karena seluruh hal yang diinstruksikan oleh pemilik modal disampaikan melalui mereka. Sehingga, penerjemah merupakan orang kepercayaan yang dianggap mampu menyampaikan keinganan si investor dengan baik kepada karyawan, sehingga nantinya mampu memberi keuntungan. Tentunya, investor tidak mau mengalami kerugian setelah melakukan investasi asing di Indonesia dengan jumlah yang besar.

Ketergantungan Investor Kepada Penerjemah

Meskipun sudah melakukan investasi asing di Indonesia, tidak selalu para investor tetap tinggal untuk menjalankan bisnisnya. Biasanya setelah mendapatkan penerjemah yang sangat dipercaya, mereka memercayakan bisnisnya kepada orang tersebut. Mereka ditugasi untuk melaporkan setiap perkembangan pada perusahaan. Tentunya hal tersebut dapat terjadi jika investor telah benar-benar mempercayai penerjemah yang selama ini berfungsi sebagai penyembung lidah sang investor. Namun, jika penerjemah bekerja dengan memuaskan maka investor akan memberi kepercayaan lebih dalam mengelola bisnisnya. Dengan demikian maka investor akan mengalami ketergantungan kepada penerjemah. Dengan ketergantungan tersebut, investor tentu tidak mau kehilangan orang kepercayaan, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan si penerjemah. Itulah keuntungan yang dapat diperoleh oleh para penerjemah dengan datangnya investasi asing di Indonesia.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?