Setiap akan membangun usaha atau perusahaan tentu saja anda perlu juga mengurus segala bentuk perizinannya, tidak perlu khawatir karena ada cara mudah urus izin usaha TDP (Tanda Daftar Perusahaan) yang bisa anda manfaatkan. Adanya tanda daftar ini memang sangat penting untuk dimiliki karena berkaitan dengan legalitas perusahaan atau usaha anda.

Tips dan Cara Mudah Urus Izin Usaha TDP (Tanda Daftar Perusahaan) Perpanjangan/Baru
gambar : ilustrasi

Prosedur lengkap harus anda patuhi dengan baik sehingga nantinya akan lebih mudah untuk mendapatkan surat izin yang dibutuhkan. Membangun usaha tentu saja bukan hanya mengenai srategi dan keuntungan tetapi masalah administrasi dan legalitas seperti ini juga penting untuk diperhatikan dengan baik demi keamanan dan perlindungan usaha anda.

Pada dasarnya anda menggunakan langkah manual juga sudah cepat dan praktis, meskipun saat ini juga sudah dikembangkan pendaftaran dengan sistem online. Anda tinggal memilih akan menggunakan tips mudah urus izin usaha TDP (Tanda Daftar Perusahaan) mana yang paling sesuai dan meyakinkan untuk dilakukan pengurusannya sehingga anda bisa mendapatkan TDP tanpa harus repot.

Persiapan Dokumen Pengurusan TDP

Jika anda ingin mengurus TDP baru maka ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan yang berkaitan dengan pemilik adalah fotokopi KTP penanggung jawab, fotokopi akte pendirian perusahaan yang sudah berbadan hukum, dan fotokopi NPWP. Selain itu harus dilengkapi juga dengan fotokopi izin gangguan dan fotokopi SIUP yang sebelumnya sudah diurus lebih dulu.

Sedangkan jika anda ingin melakukan perpanjangan TDP maka semua persyaratan tersebut harus diserahkan kembali ditambah dengan TDP asli dan fotokopi yang berlaku sebelumnya. Jika anda melakukan pengurusan ini menggunakan bantuan orang lain maka harus ada surat kuasa dan fokopi KTP dari penerima kuasa pengurusan tersebut.

Persyaratan yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu banyak, jadi anda tinggal memastikan bahwa semuanya sudah lengkap dan disatukan dalam map untuk memudahkan saat menyerahkannya. Salah satu tips mudah urus izin usaha TDP (Tanda Daftar Perusahaan) jika perusahaan anda sudah besar adalah menggunakan bantuan jasa khusus pengurusan TDP.

Prosedur Mudah Mengajukan Permohonan TDP

Cukup dengan cara mudah urus izin usaha TDP (Tanda Daftar Perusahaan) anda sudah bisa mendapatkan tanda daftar ini untuk membangun bisnis dengan baik dan sesuai peraturan yang berlaku. Tidak sulit jika anda sudah memenuhi dengan baik kebutuhan atau persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya termasuk kelengkapan dokumen yang diperlukan.

Anda harus membayar biaya administrasi terlebih dahulu sesuai dengan peraturan yang berlaku, kemudian petugas kantor akan melakukan pengurusan selanjutnya untuk perusahaan anda. Jika TDP yang anda ajukan untuk perusahaan berupa PT atau yayasan maka sebelumnya harus meminta pengesahan pada akta pendirian perusahaan dari menhukam. Jika sudah anda tinggal mengambil formulir permohonan TDP.

Setelah menyerahkan semua kelengkapan dokumen dan formulir maka permohonan TDP anda akan diproses oleh petugas. Tidak perlu khawatir adanya penolakan jika memang anda sudah mengikuti semua persyaratan dan prosedurnya dengan baik. Proses ini memang sudah serangkai dengan mengurus izin usaha dan izin tempat usaha atau perusahaan. Berbagai surat izin ini memang menjadi kelengkapan yang harus dimiliki setiap perusahaan atau badan usaha apa pun jenisnya. Hal ini penting dilakukan karena berkaitan dengan keamanan, pengawasan pemerintah terhadap usaha yang berkembang, sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Maka anda harus memahami dengan baik tips mudah urus izin usaha TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dengan baik.

Pusat Penerjemah – Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah dokumen akta akte pendirian perusahaan/usaha, Surat Badan Usaha (SBU), SIUP, TDP, KTA Asosiasi Konstruksi, domisili, NPWP, Keputusan Menteri, laporan keuangan, laporan tahunan, laporan pajak.

Hubungi Kami

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?