Pengusaha besi, baja, dan produk turunannya wajib tahu bagaimana cara mudah urus surat izin besi, baja, dan produk turunannya. Surat izin ini diperlukan guna kelangsungan usaha dalam hal legalitas serta harapan usaha akan terus berkembang ke depannya. Perannya sangat penting, meski hanya dokumen.

Di samping cara, kita juga akan membahas tips penting selama proses pengurusan. Namun, kita coba ulas pembahasannya satu per satu. Sebelum masuk ke pembahasan cara dan tips, kita coba telaah dulu apa itu besi, baja, dan produk turunannya. Besi terdiri atas 26 proton, 26 elektron, serta 30 neutron.

Tips dan Cara Mudah Urus Surat Izin Besi, Baja, dan Produk Turunannya
Gambar : Ilustrasi

Berbeda dengan baja, pengertiannya adalah perpaduan antara besi dengan karbon. Adapun fungsi dari penyatuan karbon dengan besi untuk pengerasan permukaan pada baja itu sendiri. Diketahui unsur-unsur tambahan juga terdapat dalam baja yang memilii fungsi tertentu, di samping besi dan karbon. Beberapa cara mudah urus surat izin besi, baja, dan produk turunannya dibawah ini yang bisa anda pelajari.

Cara Mengurus Surat Izin Besi, Baja, dan Produk Turunannya

Anda memiliki usaha besi, baja, dsb? Berikut ini cara mudah mengurus surat izin besi, baja, dan produk turunannya ke Kemendagri. Buat akun dan daftarkan usaha Anda di inatrade dengan memasukkan NIB dari Kemenko. Jangan lupa membuat surat permohonan import besi dan baja, buatlah surat perjanjian indent, persiapkan miltest untuk besi dan baja yang hendak diimport, buatlah RKIB besi dan juga baja.

Jika semua dokumen sudah dipersiapkan, lanjut ke cara mudah urus surat izin besi, baja, dan produk turunannya ke Kemendagri. Caranya unggah seluruh data yang dibutuhkan ke akun inatrade, tekan tanda selesai jika unggahan sudah selesai. Nanti Anda akan mendapatkan nomor pendaftaran yang bisa digunakan untuk memonitor SPI besi dan baja Anda. Kurang lebih waktu tunggu selama sekitar 5 hari.

Pendaftaran usaha Anda ke Kemandagri belum menuntaskan keharusan Anda sebagai pengusaha besi. Pasalnya masih terdapat banyak langkah-langkah yang harus Anda lakukan, di antaranya laporan surveyor, pengurusan clearance import, dan hal-hal lainnya sampai ke hal-hal detail serta kecil juga. Jika berhubungan dengan bisnis, Anda harus memikirkannya sampai ke akar-akarnya.

Tips Mengurus Surat Izin Besi, Baja, dan Produk Turunannya

Dari beragam cara pengurusan surat izin di atas, ada beberapa tips mudah urus surat izin besi, baja, dan produk turunannya. Yang pertama tentunya Anda harus memastikan bahwa informasi yang didapatkan adalah informasi valid. Kedua, pastikan semua dokumen yang dibutuhkan untuk diunggah sudah lengkap. Tujuannya supaya ketika dilakukan pengunggahan, dokumen tidak terkendala pada system.

Tips mudah urus surat izin besi, baja, dan produk turunannya berikutnya adalah memastikan kembali bahwa dokumen yang sudah diunggah sudah tepat. Caranya, periksa kembali unggahan Anda satu demi satu sebelum melakukan submit. Jika sudah akurat maka Anda bisa mengklik submit untuk melanjutkan pendaftaran. Tujuan pengecekan ini supaya Kemendagri tidak meminta perbaikan dokumen.

Yang tidak kalah penting dari kemudahan melakukan pendaftaran adalah mengetahui keseluruhan proses surat menyurat yang dibutuhkan. Sebab usaha Anda adalah usaha yang berkaitan dengan trading internasional maka proses pengurusan dokumennya memang agak rumit, namun tentu harus dipenuhi. Besar atau kecilnya sebuah usaha tentu membutuhkan legalitas untuk perkembangan usaha tersebut ke depannya. Demikian juga dengan jenis usaha di bidang besi, baja, dan produk turunannya. Dengan cara serta tips di atas, diharapkan banyak orang yang terbantu dan bisa lebih mudah mengurus dokumennya. Perhatikan juga tips mudah urus surat izin besi, baja, dan produk turunannya di samping tata caranya.

Pusat Penerjemah – Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah dokumen akta akte pendirian perusahaan/usaha, SIUP, TDP, domisili, NPWP, Keputusan Menteri, laporan keuangan, laporan tahunan, laporan pajak.

Hubungi Kami

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?