Punya restoran? Wajib untuk Anda tahu bagaimana cara mudah urus surat tanda daftar restoran ke pihak yang berwenang. Apalagi untuk mengurus surat-surat seperti ini sama sekali tidak sulit sebab sudah diberlakukan system online atau oss (online single submission) yang praktis dan mudah diakses.

Online system submission atau oss ini sudah dilindungi oleh sumber hukum, yakni PP No. 24 Tahun 2018, meskipun pada kenyataannya memang membutuhkan waktu evaluasi ketika dipraktikkan. Pasalnya selama 2 bulan berjalan, meskipun sudah online, namun masih membutuhkan cara manual.

Tips dan Cara Mudah Urus Surat Tanda Daftar Restoran
Gambar : Ilustrasi

Membuka sebuah usaha restoran tentu membutuhkan keahlian khusus di bidang kuliner serta tidak ayal mengharapkan keuntungan berlimpah. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan masa depan bisnis melalui keabsahan usaha Anda di mata hukum. Untuk itu, coba cermati cara pengurusan izin di bawah ini.

Cara Mengurus Surat Daftar Restoran

Cara mudah urus surat tanda daftar restoran sebenarnya kita bedakan menjadi 3 cara, yakni cara melalui system jakevo, melalui antrian manual, dan melalui oss. Subjek yang bisa membuat ajuan melalui jakevo adalah perusahaan berkantor fisik, sementara yang mengajukan melalui antrian manual adalah perusahaan berkantor virtual. Terakhir, yang melalui oss adalah bisa kantor fisik atau virtual.

Untuk cara pengajuan yang melalui jakevo, tinggal unggah dokumen di website jakevo. Sementara yang melalui antrian manual bisa mengisi seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk menyerahkannya ke kantor PTSP setempat. Terakhir yang oss, tinggal mengunjungi portal oss saja maka dari sanan nanti Anda bisa mengikuti serangkaian tata cara melakukan pendaftaran dengan unggah dokumen.

Cara mudah urus surat tanda daftar restoran juga bisa Anda rasakan dengan ketentuan syarat-syarat untuk jakevo akta pendirian dan SK, NPWP, bukti pemilikan usaha, IMB, PBB, dan surat pernyataan. Kemudian yang melalui antrian manual, siapkan dokumen yang persis sama seperti pada ketentuan jakevo. Dan terakhir untuk pendaftar melalui oss, syaratnya NIB yang melingkupi semua dokumen.

Tips Mengurus Surat Daftar Restoran

Jika Anda sudah cukup mempelajari cara-cara pengurusan dokumen pendaftaran seperti di atas, selanjutnya bisa mencari tahu apa tips mudah urus surat tanda daftar restoran. Tips umumnya adalah Anda tidak melewatkan informasi sekecil apa pun terkait dokumen maupun di luar dokumen. Langkah memerhatikan sedetail mungkin syarat ini supaya Anda tidak bolak-balik mengurus pendaftaran.

Lantas sebelum Anda berfokus pada tips mengurus surat tanda daftar restoran, jangan lupa bekali diri Anda dengan tips sukses membuka usaha restoran. Pertama Anda harus matang dalam memilih konsep dan juga brand usaha. Kedua, pastikan menu yang disajikan memang cocok bagi banyak konsumen. Ketiga, pastikan rencana bisnis yang disusun untuk kelangsungkan restoran Anda sudah sangat matang.

Banyak sekali hal yang berkaitan dengan trik sukses membangun bisnis restoran, baru kemudian Anda bisa menerapkan tips mudah urus surat tanda daftar restoran dengan matang dan percaya diri. Kepentingan surat-surat tersebut tentu untuk keberlangsungan usaha supaya panjang umur dan selalu mendapatkan kepercayaan konsumen. Tidak pelak konsumen juga akan mempertimbangkan apakah restoran Anda memiliki izin atau tidak. Dari sekian cara dan tips mengurus surat tanda daftar restoran di atas, Anda bisa belajar untuk pengurusannya di kemudian hari. Yang pasti semakin berjalannya waktu, pemerintah tentu memberikan kepraktisan melalui system-sistem pendaftarannya. Jika dua bulan di tahun 2018 lalu system oss dianggap perlu perbaikan, sekarang sudah bisa dijadikan tips mudah urus surat tanda daftar restoran.

Pusat Penerjemah – Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah dokumen akta akte pendirian perusahaan/usaha, SIUP, TDP, domisili, NPWP, Keputusan Menteri, laporan keuangan, laporan tahunan, laporan pajak.

Hubungi Kami

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?