Ada banyak info beasiswa sekolah di Amerika yang dapat dicatat untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan selanjutnya di tingkat pendidikan yang lebih tinggi berdasarkan jurusan dan universitas yang sudah ditetapkan. Karena saat ini ada banyak beasiswa yang memang diberikan untuk WNI yang ingin belajar di Amerika dari pemerintah Indonesia, yayasan, dan juga pemerintah Amerika.

Jasa penerjemah bahasa inggris
Foto : Ilustrasi

Dari semua beasiswa yang dibagi berdasarkan tingkat pendidikannya di Amerika, beasiswa Fullbright merupakan beasiswa yang paling populer dan memiliki banyak peminatnya. Namun, meskipun begitu ada banyak persyaratan dan langkah-langkah yang harus dilakukan agar Anda bisa mendapatkan beasiswa ini. Dimana untuk tingkat pendidikan master hanya ada 4 universitas yang terdaftar oleh beasiswa Fullbright.

Sedangkan, tingkat pendidikan PhD ada sebanyak 5 hingga 6 universitas yang sudah dilengkapi dengan beasiswa ini. Maka dari itulah, jangan sampai salah dalam memilih universitas saat ingin mencari beasiswa ini. Sehingga, Anda tidak akan kehilangan beasiswa ini dan hanya berakhir pada universitas yang tidak berkualitas di Amerika. Misalnya saja, bila Anda ingin belajar di Harvard, Stanford, MIT dan Penn State.

Berdasarkan info beasiswa sekolah di Amerika yang berkembang saat ini, jika nilai GRE Anda pas-pasan dan tidak ada rekam jejak riset ataupun international paper yang berkualitas, bisa dipastikan Anda akan kesulitan mendapat beasiswa di beberapa universitas yang anda inginkan di atas. Sementara itu, bila Anda masuk dalam program Master dan ingin mencoba mendaftarkan diri dalam 4 universitas, sebaiknya jangan gegabah!

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah Dream University, Safe University, dan Good Universities. Dream University yang dimaksud disini bisa diambil dari beberapa universitas impian setiap orang, seperti UT, MIT, Harvard dan lain-lain. Sedangkan Good University meliputi universitas yang bagus, tapi tingkat kompetitinya tidak seberat kampus public Ivies. Selanjutnya, untuk safe university merupakan universitas cadangan.

Ini berlaku untuk Anda yang ingin aman dan tetap merasakan beasiswanya bila ternyata Anda gagal di tahun itu dan gagal di 3 universitas yang lain. Namun meskipun begitu, tidak semua universitas menawarkan program jurusan yang Anda inginkan. Ada coursework program atau program untuk PhD saja untuk graduate program. Sedangkan jumlah jurusannya sangat spesifik dan lebih banyak.

Info Beasiswa Studi di Amerika untuk Beasiswa Fullbright

Beasiswa Fullbright adalah salah satu beasiswa yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Berdasarkan info beasiswa kuliah di Amerika yang sudah ada, beasiswa ini diberikan untuk mereka yang ingin menempuh pendidikan S2, reseach dan S3 di salah satu universitas di Amerika. Dana beasiswa ini didapatkan dari US Department of State.

Beasiswa Fullbright ini mengutamakan pelamar dari fakultas, seperti dosen dan staf kampus. Namun, jenis beasiswa ini juga terbuka bagi mereka yang berada di luar fakultas. Selain di Indonesia, ternyata beasiswa ini juga memberikan bantuan beasiswa bagi masyarakat yang ada hingga 150 negara. Tak heran bila persaingannya menjadi sangat ketat. Anda wajib memahami info beasiswa sekolah di Amerika ini dulu.

Beasiswa Fullbright ini mempunyai 13 atau bahkan lebih varian beasiswa di setiap kategori, fellowship, Fullbright scholarship dan juga Fullbright grant. Sedangkan untuk lulusan dari fresh graduate bisa memilih Fullbright scholarship. Sementara untuk seorang yang sudah profesional bisa memilih beasiswa fellowship. Setiap kategori ini memiliki beberapa persyaratan umum untuk calon pelamar.

Info Beasiswa Studi di Amerika dan Persyaratan yang Harus Dipenuhi

  1. Salah satu info beasiswa kuliah di Amerika yang merupakan persyaratan paling mutlak untuk mendapat kesempatan beasiswa Fullbright dari AS adalah harus merupakan warga negara Indonesia dan sedang tidak tinggal di Amerika. Selain itu, pelamar juga tidak boleh seorang karyawan atau kerabat dekat dari kedutaan besar Amerika beserta US Department of State.
  2. Seorang pelamar beasiswa ini harus mempunyai jiwa kepemimpinan. Karena beasiswa ini nanti menjadi beasiswa gelar yang bisa diikuti semua orang. Jadi umumnya ada 3 macam persyaratan yang tidak sama untuk bisa mengikuti beasiswa ini. Untuk Anda yang ingin menempuh jenjang tingkat pendidikan S2 atau master, maka nilai TOEFL Anda harus 550. Ini salah satu info beasiswa kuliah di Amerika.
  3. Untuk Anda yang ingin menempuh tingkat pendidikan S3 atau PhD, maka Anda harus memiliki skor TOEFL senilai 575 atau lebih. Ada lagi beasiswa berbentuk research yang telah ditawarkan kepada senior research yang telah memegang jenjang pendidikan S3 atau dokter. Khusus beasiswa research ini tidak ada persyaratan nilai TOEFL yang ditentukan.
  4. Ada lagi beasiswa FLTA untuk lulusan sastra Inggris dan juga bisa didapat oleh guru bahasa Inggris yang nantinya akan mengajar bahasa Indonesia di AS. Untuk lama studinya nanti selama 9 bulan dengan persyaratan skor TOEFL mencapai 550. Ada pula beasiswa Humphrey dengan masa pendidikan 10 bulan untuk peningkatan karir. Persyaratannya skor TOEFL 525 dan sudah bekerja selama 5 tahun.
  5. Beasiswa yang lain adalah ILEP yang diberikan untuk guru SMP dan SMA. Sedangkan, beasiswa CCIP diberikan untuk WNI yang berada di luar kota besar, sementara itu untuk Global Ugrad diberikan untuk mahasiswa yang menempuh tingkat pendidikan S1. Ada lagi US-ASEAN yang diberikan untuk pejabat pemerintah, dengan persyaratan TOEFL senilai 500.

Info Beasiswa Studi di Amerika dan Juga Cara Pendaftarannya

  1. Silahkan isi form pendaftaran dulu. Namun sebelumnya, penuhi dulu persyaratan administrasinya, berupa dokumen identitas pendukung berbentuk foto copy yang sudah dilegalisir dan juga 2 surat rekomendasi dari staff dosen dan pimpinan atau dosen. Anda juga bisa melengkapi dokumennya dengan daftar riwayat hidup, transkrip nilai, FC ijazah, FC hasil TOEFL ITP atau IELTS yang terbaru kurang dari 2 tahun.
  2. Semua dokumen pendukung persyaratannya harus tersedia ke dalam bahasa Inggris, dan ada transkrip nilai beserta ijazah ke dalam bentuk versi asli. Selain harus melengkapi dokumen persyaratannya, Anda juga harus memilih 1 halaman study objective tentang rencana pendidikan dan juga alasan kenapa memilih pendidikan itu, beserta apa rencana Anda ke depannya.
  3. Dokumen pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa Amerika ini wajib dikirim ke dalam hard copy di alamat resminya. Jika sudah berhasil lolos administrasi, Anda harus mengikuti tes wawancara dulu. Umumnya petugas interview adalah warga Indonesia dan juga Amerika dengan lama wawancara yang tidak sama, setidaknya sekitar 30 menit untuk menempuh ujian interview. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu saja kabar baiknya.

Semua pengumuman lolos dan tidaknya akan disampaikan lewat email. Jika Anda dinyatakan telah lolos, maka nantinya akan ada perintah berikutnya hingga akhirnya Anda harus mengikuti training dulu jika Anda berhasil menerima beasiswa Fullbright ini. Barulah setelah mengikuti training, Anda bisa berangkat ke Amerika. Lebih jelasnya bisa membaca sekali lagi tentang info beasiswa studi di Amerika yang sudah dijelaskan di atas.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?