Mengintip info beasiswa kuliah di China akan menambah motivasi anda melanjutkan studi. Mengapa demikian? Pasalnya banyak sekali program beasiswa yang dapat anda raih negara China. Negara terbesar di dunia ini juga sangat memperhatikan kualitas pendidikan di sana. Pantas saja banyak pelajar-pelajar dari seluruh penjuru dunia yang ingin melanjutkan studi di China. Ditambah dengan peluang beasiswa yang sangat banyak untuk pelajar di luar negara China.

Jasa penerjemah bahasa china
Foto : Ilustrasi

Bahkan terdapat program yang membuat negara China berbeda dengan negara destinasi lanjut studi lainnya seperti Jepang, Australia atau USA.  Di China, beasiswa internasional tidak hanya tersedia dari pemerintah pusat atau lembaga saja, pemerinah daerah juga memiliki program beasiswa untuk mahasiswa di luar negara China. Masing-masing daerah mempunyai sistem pendanaan yang mandiri. Kuota penerima beasiswa juga berbeda-beda tergantung kebijakan pemerintah daerah.

Banyaknya peluang lanjut studi dengan beasiswa di negara China jangan sampai anda lewatkan. Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan untuk belajar di negara China. Mulai beasiswa dari pemerintah Indonesia, beasiswa pemerintah pusat China, beasiswa lembaga-lembaga, beasiswa dari pemerintah daerah China, hingga beasiswa langsung dari universitas tujuan studi. Piliha beasiswanya juga beragam, ada beasiswa parsial hingga beasiswa penuh. Untuk itu mari kita simak beberapa ulasan tentang info beasiswa studi di China.

Chinese Local Goverment Scholarship

Telah disinggung sedikit di atas tentang info beasiswa sekolah di China yang disediakan oleh pemerintah daerah China. Tidak tanggung-tanggung, terdapat kurang lebih 20 beasiswa dari pemerintah daerah China. Diantaranya ada Fujian Goverment Scholarship, Jasmine Jiangsu Goverment Scholarship, Shanghai Goverment Scholarship, Beijing Goverment Scholarship, Tianjin Goverment Scholarship, Sichuan Provincial Goverment Scholarship, dan masih banyak lagi. Daftar perguruan tinggi yang dapat diambil tentunya universitas-universitas yang terletak di provinsi tersebut.

Apabila tertarik, anda dapat mencari info beasiswa sekolah di China tentang universitasnya terlebih dahulu kemudian mencari tahu apakah pemerintah daerah tersebut  menyediakan beasiswa atau tidak. Cermati pula kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, biasanya antar daerah mempunyai target program studi yang berbeda-beda. Seperti halnya beasiswa dari pemerintah Shanghai yang hanya menawarkan beasiswa di Shanghai University bidang studi Finance and Economics saja.

Jasmine Jiangsu Goverment

Contoh lain Local Goverment Scholarship di China adalah Jasmine Jiangsu Goverment. Beasiswa ini memberikan beasiswa pada semua jenjang pendidikan, universitas, serta semua program studi yang ada di provisi Jiangsu. Sungguh menarik, karena di provinsi Jiangsu ini ada beberapa universitas ternama seperti Jiangsu University, Nanjing University of Science & technology juga Nanjing University of Finance & Economics, dan universitas lainnya.

Semua program studi di universitas tersebut yang ada di provinsi Jiangsu dapat anda pilih bila diterima beasiswa Jasmine Jiangsu Goverment. Pemerintah Jiangsu menyediakan dua jenis beasiswa yaitu beasiswa penuh dan juga parsial. Dalam beasiswa penuh, anda akan mendapat full biaya kuliah, biaya hidup, dan juga tunjangan lainnya. Sedangkan untuk beasiswa parsial hanya mendapat sejumlah uang dalam satu tahun akademis. 

Info beasiswa kuliah di China melalui Jasmine Jiangsu Goverment selanjutnya membahas persyaratannya. Dokumen serta berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar adalah sebagai berikut.

  1. Scan halaman foto paspor.
  2. Salinan ijazah terakhir serta transkrip nilai dari jenjang pendidikan sebelumnya yang telah disahkan oleh notaris. Berkas ijazah maupun transkrip nilai selain bahasa Mandarin atau Inggris harus melampirkan terjemahannya yang telah disahkan notaris juga.
  3. Bagi pelamar program pascasarjana harus melampirkan dua surat rekomendasi dari profesor dalam bahasa Mandarin atau Inggris. Sedangkan untuk pelamar jenjang pendidikan lainnya hanya perlu melampirkan satu surat rekomendasi saja.

Cara pendaftaranya cukup mudah. Anda perlu melakukan registrasi online terlebih dahulu pada halaman study in Jiangsu. Setelah mendapatkan akun, anda harus melengkapi formulir pendatraan online ya ada di web tersebut. Dokumen persyaratan juga harus discan dan diupload. Selanjutnya anda dapat mencetak formulir pendaftaran. Kirim semua berkas termasuk formulir pendaftaran ke kantor Jasmine Jiangsu Goverment Scholarship di Room 2313, No. 15, West Beijing Road, Nanjing, Jiangsu, P. R.China.

Beasiswa Langsung dari Universitas

Info beasiswa kuliah di China yang selanjutnya berasal dari beasiswa langsung Universitas. Selain beasiswa dari pemerintah daerah China, beasiswa lanjut studi di China dapat anda raih dari Universitasnya langsung. Negara China yang sangat luas memiliki banyak sekali universitas-universitas unggulan di tiap-tiap daerah. Beberapa universitas ternama memang membuka kesempatan kepada mahasiswa di luar negara China yang ingin melanjutkan kuliah di China. Salah satu caranya dengan menawarkan beasiswa.

Setidaknya terdapat kurang lebih 40 universitas unggulan di China yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa internasional menuntut ilmu di China dengan jalur beasiswa. Beberapa universitas yang menawarkan beasiswa diantaranya University of Science anda Technology of China (USTC), Hangzou Dianzi University, South China University of Technology, Chonqing technology and Business University, Guangdonng University of Foreign Studies, Graduate School of Chinese Academy of Agriculutural Science, dan masih banyak lagi.

USTC Scholarship

Contoh beasiswa langsung dari univeritas adalah University of Science and Technology of China (USTC) Scholarship. Beasisawa ini dapat digunakan untuk melanjutkan studi baik S1, S2, atau S3 di USTC. Berbagai jurusan ditawarkan USTC yang dapat anda pilih seperti jurusan teknik, teknik informatika, manajemen, matematika, ilmu dan teknologi nuklir, fisika, ilmu komputer, kimia, ilmu bumi, dan jurusan lainnya.

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa di China

Info beasiswa sekolah di China tentang USTC Scholarship selanjutnya akan membahas tentang persyaratannya. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa di luar negara China. Memiliki ijazah pada jenjang pendidikan selanjutnya. Batas usia untuk pelamar S1 maksimal 30 tahun, pelamar S2 maksimal 35 tahun, dan pelamar S3 maksimla 40 tahun. Cara pendaftarannya dimulai dari registrasi online terlebih dahulu.

Tahap selanjutnya adalah membuat akun di web resmi pendaftaran USTC. Kemudian isi formulir pendaftaran dan melengkapi beberapa dokumen seperti Accepetance Letter (untuk pelamar S2 dan S3), dua surat rekomendasi dari profesor universitas sebelumnya, fotocopy paspor, fotocopy Foreifner Physichal Examination Form, bukti kemampuan bahas Inggris atau Mandarin, serta rencana studi. Dokumen persyaratan juga harus dikirim langsung ke USTC yang beralamat di Jinzhai Road, Hefei, 230026, Anhui, China.

Demikian pembahasan tentang beasiswa yang dapat anda raih untuk melanjutkan studi di China. Banyak sekali beasiswa yang dapat diraih di China, sehingga tidak dapat dijelaskan secara rinci satu persatu. Memiliki impian melanjutkan studi di luar negeri memang tidak ada salahnya. Akan tetapi impian tersebut harus disertai pula dengan semangat juang yang tinggi. Memperoleh beasiswa kuliah di luar negeri memang tidak mudah. Banyak persyaratan serta kompetensi yang harus dipenuhi. Berusahalah menjadi mahasiswa yang berkompetensi untuk memperoleh beasiswa ke luar negeri. Untuk itu persiapkanlah dengan sebaik-baiknya. Semoga pembahasan tentang info beasiswa studi di China ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin melanjutkan studi di China.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?