Bagi sebagian besar orang saat ini, mengetahui tentang info beasiswa studi di Inggris adalah hal yang sangat penting sekali. Khususnya untuk mereka yang ingin melanjutkan studinya atau bahkan ingin menempuh kuliah dan sekolah disana, maka salah satu cara paling hemat adalah mencari tahu tentang info beasiswa di Inggris lebih dulu.

Jasa penerjemah bahasa inggris
Foto : Ilustrasi

Karena Inggris sendiri merupakan salah satu tujuan utama bagi sebagian besar orang yang ingin melanjutkan studi. Hal ini tak lain karena negara ini memiliki kualitas pendidikan yang sangat maju dan bagus. Ini sudah dibuktikan dari banyaknya universitas yang terkemuka yang bisa ditemukan di Inggris. Maka dari itulah, jika Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Inggris, kini beasiswa adalah solusinya.

Dengan mengetahui info beasiswa sekolah di Inggris beserta info beasiswa di Inggrisinilah yang nantinya akan membuat Anda tidak perlu khawatir lagi tentang biaya kuliah dan biaya sekolah. Mengingat sekarang ini sudah banyak beasiswa yang memang diberikan untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di Inggris. Salah satu beasiswa yang diberikan pemerintah Inggris adalah beasiswa Chevening.

Jadi, apa sih yang dimaksud dengan beasiswa Chevening itu? Untuk Anda yang saat ini sebagai seorang murid SMA atau sebagai CAMABA dan juga scholarship hunter, tentu akan menjadi sangat seru sekali bisa menghirup udara baru yang lebih fresh sambil melanjutkan pendidikan Anda ke tingkatan yang lebih tinggi. Anda tak harus memikirkan biaya hidup, jika Anda adalah pelajar berprestasi.

Dengan menjadi seorang pelajar berprestasi, maka peluang untuk mendapatkan beasiswa menjadi semakin besar. Dengan begitu, Anda dapat mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. Bahkan, tak menutup kemungkinan pula bila dengan memahami tentang beberapa info beasiswa kuliah di Inggris inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk bisa menentukan universitas dan jurusan manakah yang paling sesuai dengan Anda.

Info Beasiswa Studi di Inggris

Berdasarkan info beasiswa kuliah di Inggris yang beredar saat ini, ada banyak universitas di Inggris yang ternyata juga menawarkan program beasiswa untuk mahasiswanya. Hal ini didasarkan pada tingkat pendidikannya dan juga jurusan yang ditentukan. Dengan begitu, peluang emas untuk menggapai cita-cita di negeri orang semakin besar. Di bawah ini adalah beberapa informasi universitas dan jurusan yang menawarkan beasiswa, antara lain:

University of Oxford, di UK – Beasiswa yang ditawarkan Skoll Scholarship adalah untuk program MBA. Beasiswa yang diberikan untuk universitas ini Cuma dibatasi 5 orang terpilih saja di setiap tahun. Sedangkan pertanggungan yang diberikan dari beasiswa kuliah penuh beserta biaya hidupnya sebesar £63,000 setara dengan 1,1 Milyar rupiah.

Masih ada program lain dari Hoffman Scholarship, Oxford Weidenfeld dan Leadership Programme untuk program S2 Oxford berdasarkan bidang studi yang dipilih untuk 20 orang terpilih. Jadi, untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan di jenjang S2 di Inggris, Anda bisa mencobanya pada program lain ini. Mengingat kapasitasnya lebih banyak, sehingga lebih mudah dibandingkan yang sebelumnya.

University of East Anglia – Untuk Anda yang ingin menempuh kuliah disini dengan beasiswa, Anda hanya bisa mengambil jenjang pendidikan Mphil/ PhD, dimana studinya membahas tentang filosofi. Beasiswa bebas pajak yang nantinya ditanggung senilai £14.553/ tahun. Lokasinya ada di Norwich Research Park, di Inggris Raya. Untuk Anda yang menginginkannya, persiapan Anda harus benar-benar matang.

University of Sussex – Di dalam universitas ini menyediakan beasiswa penelitian bagi para doktoral. Sehingga, hal ini sangat membantu sekali. Karena dalam program beasiswa disini menyediakan prodi jurusan School of History, School of English, Art History and Philosophy, Film and Music dan juga School of Media. Jumlah biaya yang ditanggung dalam beasiswa ini setidaknya senilai £36,377.

University of Bristol – Dalam program beasiswa di universitas ini berlaku untuk prodi jurusan hukum dan ilmu sosial untuk jenjang pendidikan PhD. Jenjang PhD itu sendiri merupakan nama lain dari dokter filsafat. Biaya yang diberikan dalam program beasiswa ini sebesar £12.000. Alamat universitasnya ada di Senate House, di Tyndall Ave, tepatnya berada di Inggris Raya.

University of Sheffield – Universitas disini memberikan beasiswa untuk jenjang pendidikan PhD. Gedung dalam universitas ini sangat menakjubkan dan unik. Untuk biaya yang akan ditanggung dalam program beasiswa ini senilai £32,500 setiap tahun. Alamatnya berada di Western Bank, UK. Tentu saja program beasiswa ini sangat bagus sekali, mengingat uang pertanggungan yang diberikan cukup besar untuk menempuh pendidikan di dalam universitas ini.

Info Beasiswa Studi di Inggris dan Ketentuan Persyaratannya

  1. Harus merupakan warga negara yang masuk ke dalam persyaratan beasiswa Chevening. Salah satunya bisa dari Indonesia. Selain itu, setiap mahasiswa yang mendapat beasiswa harus mau kembali ke negara asal setidaknya 2 tahun sesudah masa beasiswa tersebut telah berakhir. Itupun harus sudah menyelesaikan jenjang pendidikan Sarjana agar bisa mengikuti program pascasarjana di Universitas yang ada di Inggris.
  2. Harus memiliki pengalaman bekerja paling sedikit 2 tahun dan mengajukan 3 mata kuliah yang berbeda-beda sesuai dengan persyaratan yang ada di universitas Inggris. Disamping itu, calon mahasiswa yang akan mendapat beasiswa setidaknya harus sudah mendapat tawaran masuk tanpa syarat dari salah satu universitas pilihan yang menyediakan program beasiswa tersebut.
  3. Harus dapat memenuhi persyaratan berupa mampu berbahasa Inggris aktif untuk beasiswa Chevening Scholarship, dengan skor IELTS minimal 6.5/ CEA, Pearson PTE Academic minimal/ 176 minimal 58, kemudian 58/ TOEFL iBT minimal 79. Selain itu, bagi pelamar yang dulunya pernah studi di Inggris dan pernah dibiayai pemerintah Inggris tidak boleh mengikuti program beasiswa ini.

Info Beasiswa Studi di Inggris dan Tata Cara Pendaftarannya

Untuk bisa mendaftar dalam program beasiswa Chevening Scholarships ini, Anda bisa melakukannya secara online lewat laman resminya. Setelah itu, tugas Anda adalah mengunggah dokumen aplikasi pendukung yang dibutuhkan. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu saja informasi berikutnya yang akan dikirimkan lewat email untuk tes dan lain-lain. Barulah setelah semuanya lolos, Anda bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Dengan mendapatkan beasiswa Chevening inilah Anda akan mendapatkan biaya kuliah senilai 18.000 poundsterling atau setara dengan 300 juta rupiah. Uang beasiswa ini meliputi fasilitas untuk biaya hidup, tiket pesawat, pengajuan visa, uang saku saat kuliah di Inggris, biaya thesis, dan juga dana yang dikhususkan untuk acara tentang beasiswa Chevening yang ada di Inggris. Ditinjau dari informasi yang sudah dijelaskan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ternyata beasiswa Chevening yang disediakan oleh pemerintah Inggris ini ternyata selalu dilaksanakan di setiap tahun. Maka dari itulah, jika Anda ingin mendapat beasiswanya, sebaiknya penuhi dulu persyaratannya agar bisa lolos sesuai dengan info beasiswa sekolah di Inggris yang sudah disampaikan sebelumnya.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?