Sebenarnya jika anda mau mencari maka ada berbagai kesempatan mendapatkan beasiswa ke luar negeri, salah satunya adalah info beasiswa sekolah di Yordania. Baik jenjang S1 sampai ke program doktoral bisa dikejar menggunakan beasiswa yang disediakan oleh berbagai pihak. Kementerian Agama RI menyediakan beasiswa penuh untuk kuliah S3 di luar negeri dalam beasiswa program 5000 doktor yang bisa anda coba.

Program Beasiswa Luar Negeri Kemenag

Program beasiswa secara penuh ini disediakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya alam yang ada di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Dengan begitu nantinya dosen dan para tenaga pengajar bisa mengembangkan ilmunya sampai ke luar negeri dan meningkatkan mutu pendidikan yang ada di kampusnya masing-masing. Tentu saja Yordania menjadi salah satu tujuan yang tepat untuk memperdalam ilmu tersebut.

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah
Foto : Ilustrasi

Diberikan dalam bentuk beasiswa full kepada para penerimanya tentu ada berbagai fasilitas serta jaminan yang didapatkan. Berdasarkan info beasiswa studi di Yordania dari Kementerian Agama RI ini ada beberapa fasilitas yang akan anda dapatkan yaitu:

  • Biaya hidup selama masa studi.
  • Semua biaya kuliah dan berbagai iuran yang berkaitan dengan program kuliah yang dijalani.
  • Tunjangan kemandirian yang diberikan hanya satu kali selama masa studi, yaitu saat keberangkatan.
  • Tunjangan untuk membeli buku sesuai kebutuhan kuliah.
  • Asuransi kesehatan sebagai salah satu syarat untuk kuliah di luar negeri.
  • Biaya perjalanan pulang pergi dari Indonesia ke Yordania dan kembalinya setelah masa studi selesai.
  • Tunjangan keluarga yang diberikan mulai tahun kedua perkuliahan dengan aturan bantuan diberikan pada 1 istri atau suami yang sah dan 2 orang anak. Tunjangan yang diberikan adalah 25% dari keseluruhan jumlah biaya hidup setiap bulannya.
  • Biaya penelitian untuk menyelesaikan disertasi.
  • Conference fund adalah biaya yang diberikan pada anda untuk mengikuti konferensi internasional, sebagai pembicara yang akan diberikan setahun sekali selama masa studi.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kemenag RI ke Yordania

Dalam memberikan beasiswa ini, Kementerian Agama RI telah melakukan kerjasama dengan banyak kampus di berbagai penjuru dunia. Dengan begitu anda juga memiliki banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi tujuan melanjutkan masa studi dengan biaya bantuan dari beasiswa ini. Yordania menjadi salah satu negara yang bisa dijadikan pilihan, tetapi hanya ada satu kampus yang bekerjasama yaitu Yarmouk University.

Ada dua jalur untuk mendapatkan beasiswa ini yaitu:

  • Anda bisa memilih sendiri kampus yang akan dijadikan tujuan dengan syarat harus berada dalam ranking 200 dunia. Jika tidak maka harus ada proses verifikasi dari pihak tim seleksi terkait keterediaan calon supervisor tenaga ahli dan rekomendasi dari pihak tertentu, sehingga anda bisa mengambil kampus yang diajukan tersebut.
  • Anda memilih menggunakan jalur khusus dimana tinggal menentukan pilihan dari daftar kampus mitra yang sudah bekerjasama dengan Kementerian Agama RI. Anda akan mendapatkan keuntungan untuk mengikuti konsultasi supervisor, workshop penulisan akademik serta proses melakukan aplikasi serta registrasi untuk kursus bahasa secara insentif.

Persyaratan Mengajukan Beasiswa Berdasarkan Info Beasiswa Studi di Yordania

Setelah memahami jalur pendaftaran untuk bisa memilih kampus mana yang akan dijadikan tujuan belajar, maka anda juga perlu mengetahui berbagai persyaratan yang sudah ditentukan. Persyaratan dalam info beasiswa kuliah di Yordania ini akan memudahkan anda untuk melakukan langkah persiapan terutama berkas yang harus diserahkan. Sehingga tidak ada yang sampai tertinggal untuk dipertimbangkan.

Berikut persyaratan berdasarkan info beasiswa studi di Yordania yang harus anda persiapkan dengan baik:

  • Warga Negara Indonesia dengan usia maksimal 47 tahun saat melakukan pendaftaran.
  • Sudah mendapatkan gelar magister dengan program studi sudah terakreditasi BAN-PT.
  • Status pendaftar adalah seorang dosen tetap perguruan tinggi islam baik negeri maupun swasta, dosen tetap di fakultas agama islam, dosen tetap pendidikan agama islam dan PNS di dirjen pendidikan islam serta unit eselon 1 di Kemenag pusat.
  • Sudah bersedia untuk menandatangani kontrak perjanjian dengan pihak Kementerian Agama.
  • Melampirkan surat permohonan kepada Dirjen Pendidikan Islam kepada Direktur Pendidikan Tinggi Islam.
  • Surat pengantar dari rektor tempat anda bekerja.
  • CV dan copy berbagai dokumen lain seperti KTP, ijazah S1 serta S2 dan transkrip nilai dan SK kepegawaian.
  • Sertifikat bahasa asing untuk Bahasa Inggris, Bahasa Perancis dan jika ada kemampuan bahasa lainnya.
  • Anda harus sudah mempersiapkan rencana penelitian untuk disertasi dengan standar penulisan riset ilmiah sesuai bidang kajian yang diambil.
  • Mendapatkan rekomendasi dari profesor yang membimbing anda dengan lampiran bukti pengesahan tesis.
  • Sudah mendapatkan letter of acceptance dari perguruan tinggi yang menjadi tujuan pendidikan anda.
  • Mempersiapkan diri untuk seleksi dokumen, wawancara hingga leaderless group discussion.

Info Beasiswa Kuliah di Yordania Untuk Pilihan Jurusan

Kementeria Agama sudah memberikan info beasiswa sekolah di Yordania secara resmi untuk pilihan jursan yang bisa anda pertimbangkan. Tentu saja bidang kajian tersebut adalah yang akan didanai biaya kuliahnya oleh pihak Kemenag. Jadi anda harus mempertimbangkan untuk menyesuaikan pilihan program studi yang akan diambil dengan baik sesuai mata kuliah yang diberikan saat mengajar.

Berikut beberapa pilihan jurusan yang bisa anda pertimbangkan dengan baik sebelum mengajukan beasiswa yaitu:

  • Kajian budaya dan masyarakat muslim ada begitu banyak pilihan jurusan seperti ekonomi, psikologi, politik islam, sosiologi, kajian gender dan antropologi.
  • Kajian sains dan agama bisa dipilih antropologi kedokteran, ketahanan pangan, psikologi terapan, ketahanan energi, kesehatan masyarakat dan lingkungan.
  • Kajian islam, pembangunan dan studi strategis ada hukum internasional, HAM dan demokrasi, resolusi konflik, studi gender, hubungan internasional serta radikalisme dan terorisme.
  • Kajian akademik Al-Quran dan sumber-sumber doktrin Islam bisa dipilih ilmu perpustakaan, orientalisme, sosiolinguistik, hukum Islam, Filsafat ilmu-ilmu keislaman dan filologi teks keislaman.

Tentunya berbagai pilihan jurusan tersebut memberikan ruang untuk anda bisa mempertimbangkan dengan baik mana yang sebaiknya dipilih. Apalagi bisa juga disesuaikan dengan keinginan masing-masing atau mendukung mata kuliah yang saat ini dipegang di kampus masing-masing. Sehingga akan memberikan manfaat lebih untuk anda nantinya setelah menyelesaikan masa studi dari Yordania.

Sebenarnya memang ada banyak program beasiswa lain yang bisa anda dapatkan untuk bisa berangkat ke Yordania. Berbagai info beasiswa kuliah di Yordania bisa dikumpulkan untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan melanjutkan studi di sana. Namun memang mungkin saja ada berbagai hal yang membuat anda bisa kehilangan beasiswa tersebut di tengah masa studi tentu menjadi hal yang cukup menakutkan bagi penerima beasiswa. Untuk meminimalisasi masalah tersebut ada bantuan penyelesaian studi luar negeri yang diberikan satu kali yang berisikan pembiayaan uang kuliah dan biaya lainnya yang memang berkaitan dengan penyelesaian studi. Dari info beasiswa sekolah di Yordania bantuan ini diberikan untuk mahasiswa yang kesulitan biaya dalam menyelesaikan studi.

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah | Jasa penerjemah dokumen beasiswa sekolah/kuliah di Yordania

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?