Anda sedang mencari info beasiswa sekolah di Kerajaan Arab Saudi? Kerajaan Arab Saudi sendiri merupakan negara terbesar di Timur Tengah yang menempati hampir 80% wilayah Jazirah Arab. Negara yang berbatasan dengan Oman, Yaman, Yordania, Irak dan Kuwait ini memang menjadi salah satu tujuan kuliah luar negeri yang cukup populer, termasuk dari Indonesia. Apalagi negara ini memiliki sejarah panjang serta sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad.

Daftar Universitas di Kerajaan Arab Saudi yang Menawarkan Beasiswa

Arab Saudi memang menawarkan sistem pendidikan yang terbaik di wilayah Timur Tengah dengan berbagai pilihan Universitas terbaik yang masuk dalam Top Rank di dunia. Seperti halnya di negara lain, Arab Saudi juga menawarkan pendidikan untuk beberapa jenjang, yaitu Sarjana (4 Tth), Master (2 Th) dan Doktoral (3-4 th).

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah
Foto : Ilustrasi

Untuk pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan di Arab Saudi, menurut info beasiswa kuliah di Kerajaan Arab Saudi berikut beberapa Universitas terbaik di Kerajaan Arab Saudi:

  • King Fahd University Petroleum & Minerals/ KFUPM

Salah satu universitas yang terbaik di Arab Saudi ini sudah berdiri sejak tahun 1963. Namun Universitas ini hanya khusus untuk pria saja dan terbatas untuk perempuan. Perguruan tinggi ini menempati peringkat k-199 dalam QS World University.

Beberapa program studi yang ditawarkan KFUPM diantaranya seperti Teknik Listrik dan Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Struktural, Teknik Mesin, Matematika, llmu Komputer dan termasuk juga program studi dalam bidang bisnis serta 28 program studi spesifik lainnya.

  • King Saud University

Ini juga salah satu universitas terbaik di Arab Saudi yang sudah berdiri sejak 1957. Namun untuk perguruan tinggi yang ini menerima pelajar internasional baik pria dan wanita hingga totalnya mencapai lebih dari 1.000 pelajar dari berbagai negara.

Program Studi yang ditawarkan oleh universitas King Saud University diantaranya seperti bidang Pertanian, Kehutanan, Kimia, ilmu Biologi, Ilmu Komputer, Teknik Listrik dan Elektro, Farmasi, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Matematika, Kedokteran, Ilmu Biologi dan lainnya.

  • King Abdulaziz University

Kampus ini berada di Jeddah dimana untuk kampus pria dan wanita dipisahkan. Menurut info beasiswa di Kerajaan Arab Saudi, King Abdulaziz University juga menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Arab Saudi yang menawarkan beberapa Program Studi seperti Seni dan Desain, Sains, Humaniora, Kedokteran, Bisnis, Farmasi dan Kedokteran Gigi. King Abdulaziz University tidak hanya menawarkan program untuk Sarjana dan Pasca Sarjana saja, tapi juga kuliah jarak jauh.

Beasiswa Arab Saudi S2 & S3 di King Abdulaziz University

Dari beberapa perguruan tinggi terbaik di Kerajaan Arab Saudi, King Abdulaziz University menjadi yang paling sering menawarkan program beasiswa S2 dan S3 untuk siswa Internasional. Bagi penerima beasiswa dari KAU ini berhak untuk mendapatkan beberapa cakupan pembiayaan berikut ini:

  • Uang bulanan sebesar SR 1.900 setiap bulan.
  • Uang tunjangan sebesar SR 1.800 saat pertama kali tiba di Arab Saudi.
  • Perawatan kesehatan gratis.
  • Subsidi makanan.
  • Akomodasi dan berbagai fasilitas pokok sehari-hari.
  • Tunjangan untuk cetak Thesis senilai SR 3.000 dan Disertasi senilai SR 4.000.
  • Tunjangan untuk pengiriman buku pada saat kelulusan senilai SR 2.600.
  • Tiket PP ke Indonesia pada saat libur semester setiap tahunnya.

Berdasarkan info beasiswa di Kerajaan Arab Saudi, jika Anda tertarik untuk kuliah di KAU, maka berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa:

  1. Pelamar S2 maksimum berusia 30 tahun dan pelamar S3 maksimum berusia 35 tahun.
  2. Pelamar merupakan lulusan dari Universitas yang terakreditasi sangat baik di Indonesia.
  3. Memiliki kemampuan bahasa inggris dengan skor TOEFL minimal pBT 500/ cBT 173/ iBT 61dan IELTS 5.0 (maksimum dua tahun terakhir).
  4. Khusus untuk pelamar Arabic Language, Psychology, Islamic Law and Studies dan Information Science harus lancar berbahasa arab.
  5. Memiliki catatan kesehatan yang baik.
  6. Memiliki dua surat rekomendasi dari pembimbing atau instruktur.
  7. Tidak pernah dikeluarkan dari perguruan tinggi manapun di Arab Saudi.
  8. Melengkapi beberapa berkas seperti CV, Statement of Purpose (dalam bahasa inggris), salinan ijazah resmi yang sudah disahkan oleh Kedutaan Arab Saudi, salinan transkrip nilai dan salinan paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun.

Informasi dan cara pendaftarannya secara lengkap bisa Anda lihat melalui laman resmi KAU.

Beasiswa Arab Saudi S2 & S3 di KFUPM

Selain di King Abdulaziz University, Anda juga bisa mendaftar beasiswa di KFUPM (King Fahd University Petroleum & Minerals) melalui jalur Assistantship atu Lecturership. Menurut info beasiswa sekolah di Kerajaan Arab Saudi khususnya KFUPM bahwa program ini dibuka setiap bulan Februari dan bulan September setiap tahunnya.

Untuk pendaftaran jalur tersebut mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk membantu operasional universitas. Misalnya dengan mengajar praktikum untuk program S1, mengawasi ujian, administrasi dan lainnya. Jadi seperti ada semacam kontrak kerja yang harus ditandangani sebelum keberangkatan. Beasiswa yang akan diterima untuk mahasiswa yang loloas program ini mencakup:

  • Dibebaskan biaya kuliah penuh.
  • Tunjangan hidup bulanan.
  • Tempat tinggal yang sudah dilengkapi dengan AC.
  • Layanan medis yang gratis.
  • Free Textbook.
  • Subsidi untuk membeli makanan di kantin universitas.
  • Kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan penelitian di fakultas universitas.
  • Pelaksanaan proyek yang didanai dari pihak universitas.
  • Tiket pesawat PP Arab Saudi – Indonesia untuk awal dan akhir studi.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut, tentu saja Anda harus memenuhi beberapa persyaratannya. Berikut syarat-syarat yang harus dilengkapi agar anda bisa mendapatkan beasiswa:

  1. Pelamar Program Master (S2) harus telah menyelesaikan studi S1 dengan IPK minimal 3.00 dengan skala 4.00.
  2. Pelamat Program PhD (S3) harus sudah menyelesaikan studi S1 dan S2 dengan IPK minimal 3.00 pada skala 4.00.
  3. Salinan paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun.
  4. Salinan ijazah dan transkrip nilai, bagi pelamar PhD melampirkan ijazah dan transkrip nilai untuk S1 dan S2.
  5. Melampirkan tiga surat rekomendasi dari pemberi referensi akademik dan disubmit pada saat pendaftaran online, lengkap beserta nama pemberi referensi dan alamat emailnya.
  6. Statement of Purpose 1 halaman essay yang berisi tentang tujuan penelitian dan karir selama menempuh pendidikan di KFUPM.
  7. Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 dengan background warna putih.

Untuk cara pendaftarannya sendiri, berdasarkan info beasiswa kuliah di Kerajaan Arab Saudi, Anda bisa langsung melalui laman resmi KFUPM untuk mengetahui detail tanggal pendaftarannya. Demikian info beasiswa di Kerajaan Arab Saudi khususnya untuk beasiswa S2 dan S3 di Abdulaziz University dan KFUPM, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?