Info beasiswa kuliah di Korea semakin banyak peminatnya. Telebih dengan fenomena halyu wave yang semakin mendunia. Termasuk negara Indonesia yang saat ini sedang mengalami demam korea style. Melalui drama serta artis-artis kpop, negara Korea berhasil memperkenalkan kemajuan negaranya ke seluruh dunia. Semakin hari budaya Korea juga kian mendunia, hal itu tentu saja berpengaruh terhadap animo pelajar Indonesia untuk dapat meneruskan studi di negara gingseng Korea Selatan ini.

Jasa penerjemah bahasa korea
Foto : Ilustrasi

Negara Korea Selatan memang terkenal degan sistem pendidikannya yang bagus. Tentu ini juga menjadi salah satu daya tarik untuk meneruskan studi di sana. Saat ini sudah banyak beasiswa yang dapat diraih untuk meneruskan studi di Korea Selatan. Mulai beasisawa dari pemerintah Indonesia, beasiswa dari pemerintah Korea, hingga beasiswa dari masing-masing universitas Korea bagi mahasiswa internasional. Untuk menambah wawasan anda tentang info beasiswa studi di Korea, mari simak penjelasan-penjelasan berikut.

Korean Goverment Scholarship Program (KGSP)

Mendengar kalimat info beasiswa kuliah di Korea yang langsung terlintas pasti KGSP. Korean Goverment Scholarship Program atau sering disebut dengan KGSP adalah beasisawa penuh yang diberikan langsung oleh pemerintah Korea Selatan. Beasiswa ini ditujukan kepada pelajar internasional yang ingin kuliah di Korea. Negara Indonesia termasuk negara yang bekerja sama. KGSP sangat menjanjikan karena memberikan kesempatan untuk semua jenjang pendidikan tinggi mulai dari S1, S2, hingga S3. 

Peminat KGSP di Indonesia setiap tahunnya cukup banyak. Hal itu karena banyak keuntungan yang akan di dapat jika diterima kuliah di Korea dengan KGSP. Penerima beasiswa akan mendapatkan biaya pendidikan penuh, biaya hidup juga ditanggung, masih ditambah biaya kursus bahasa Korea, asuransi, dan akomodasi. Selain itu, persyaratan untuk mendaftar KGSP tidak rumit. Anda tidak perlu melampirkan setifikat TOEFl, IELTS, atau TOPIK karena sertifikat bahasa asing bersifat optional.

Info beasiswa sekolah di Korea dibagi menjadi dua jalur pendaftaran yang dapat dilalui. Pertama mendaftar melalui Kedutaan Besar Korea Selatan yang berada di Indonesia. Kemudian jalur yang kedua mendaftar langsung ke universitas yang bekerja sama dengan program KGSP. Sayanganya anda anda hanya dapat mengikuti satu jalur pendaftaran saja dalam tahun yang sama.

Universitas dan Program Studi

Untuk jenjang pendidikan S1, jurusan yang dapat dipilih melalui jalur universitas hanya yang berhubungan dengan Natural Science dan Engineering saja. Dan untuk jalur pendaftaraan melalui Kedubes Korea Selatan dibuka untuk semua jurusan pada universitas yang menyelenggarakan KGSP. Akan tetapi terdapat pengecualian untuk jurusan yang masa studinya lebih dari 4 tahun, seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Arsitekstur, dan Farmasi.

Terdapat sekitar 39 universitas tujuan S1 untuk jurusan Natural Science dan Engineering. Diantaranya ada Busan University of Foreign Studies, Daegu University, Jeju National University, dan 36 univeristas lainnya. Sedangkan untuk jalur pendaftaran melalui jalur Kedubes Korea, terdapat kurang lebih 65 universitas yang tersedia. Diantaranya ada Seoul National University, Korea Universiy, KAIST, dan 62 lainnya.

Selanjutnya info beasiswa studi di Korea untuk jenjang pendidikan S2 dan S3. Terdapat banyak sekali univeristas yang dapat kamu pilih untuk melanjutkan studi pascasarjana. Salah satunya ada KAIST, program studi yang dapat diambil sangat banyak. Mulai dari bidang Natural Science ada Physics, Mathematical Science, dan Chemistry. Sedangkan untuk bidang Enginering ada sektar 15 jurusan yang dapat diambil, diantaranya Mechanical Engineering, Aerospace Engineering, Electrical Engineering, dan masih banyak lagi. 

Selain itu di Jeju National University terdapat banyak sekali jurusan yang dapat diambil. Salah satunya dalam bidang Art terdapat jurusan music dan fine art. Selanjutnya ada Korea University, yang menyediakan banyak bidang studi yang dapat diambil. Dalam bidang Bussines Adminitration tersedia bidang studi seperti Marketing, Finance, Accounting, dan masih banyak lagi. Selain itu masih banyak lagi universitas tujuan lain yang dapat kamu pilih.

Persyaratan

Persyaratan untuk mendaftra KGSP antara lain sebagai berikut :

  • Pemohon beasiswa bukan berasal dari negara Kore Selatan, dan merupakan warga negara yang memenuhi persyaratan (termasuk negara Indonesia)
  • Berusia maksimal 40 tahun
  • Sudah menyelesaikan studi baik pada jenjang S1 atau S2
  • Melengkapi domkumen pendaftaraan, yaitu formulir pendaftaran, ijazah dan transkrip nilai yang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan Korea, salinan paspor dan tes kesehatan, serta dokumen pendukung lainnya yang bersifat optional seperti sertifikast bahasa asing dan sertifikasi prestasi.

Cara Pendaftaran

Pertama untuk jalur pendaftaran melalui Kedubes, anda dapat memilih tiga universitas yang akan anda daftar. Kemudian lengkapilah dokumen-dokumen persyaratan yang harus dikumpulkan. Selanjutnya anda dapat mengirimkan semua dokumen ke pihak Kedubes Korea Selatan yang beralamat di Jl. Jendereal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta. Dokumen dikirim dalam amplop tertutup dengan tulisan KGSP. Anda hanya perlu menunggu proses panggilan seleksi selanjutnya.

Selanjutnya info beasiswa sekolah di Korea untuk jalur pendaftaran langsung ke universitas, anda hanya dapat memilih satu universitas saja. Semua dokumen persyaratan cukup anda buat satu salinan saja, dan dikirim langsung ke pihak universitas. Apabila memenuhi syarat, anda akan segera dihubungi untuk wawancara dengan profesor. Keuntungan dari jalur ini, anda hanya perlu melewati satu kali seleksi wawancara saja. 

Bayak proses dan persyaratan yang harus anda lalui untuk dapat menerima KGSP. Apabila anda memang bersungguh-sungguh, tentu semua itu tidak akan menghalangi anda. Tetapi anda harus teliti memilih jurusan yang menyediakan kelas internasional. Apabila tidak, maka selama kuliah anda akan menggunakan full bahasa Korea sebagai bahasa pengantar. Kasusnya berbeda apabila anda memang sudah lancar berbahasa Korea.

Art Major Asian Scholarship

Info beasiswa kuliah di Korea selanjutnya untuk anda yang menggeluti bidang seni. AMA atau Art Major Asian Scholarship ditawarkan oleh Korea National University of Art (K’ARST) bagi pelajar di kawasan Asia yang ingin belajar seni di Korea. K’ARTS adalah salah satu univrsitas terkemuka yang ada di Korea Selatan. Jenjang pendidikan yang dapat diikuiti adalah jenjang S1 dan juga S2.

Program Studi

Banyak program studi di bidang seni yang dapat dipilih dalam Srt Major Asian Scholarship ini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Vocal Music
  • Instrumental Music
  • Composition
  • Acting
  • Theatre studies
  • Anomation
  • Design, dan masih banyak lagi.  

Persyaratan dan Cara Mendaftar

Beasiswa AMA meng-cover seluruh biaya kuliah selama di Korea. Tidak hanya itu, biaya hidup juga ditanggung dengan pemberian tunjangan setiap bulan, termasuk juga biaya kursus bahasa Korea, serta asuransi kesehatan. Terdapat berbagai persyaratan yang harus anda siapkan untuk mendaftar seperti sertifikat kemampuan bahasa Korea atau Inggris, rencana studi, hingga portofolio hasil karya anda.  Ada hanya perlu mengisi form pendaftaraan dan mendaftar secara online di situs resmi AMA. Demikian beberapa beasiswa yang dapat anda peroleh untuk meneruskan kuliah di Korea. Masih banyak lagi jalur beasisawa yang dapat anda ikuti. Anda dapat memilih jalur beasiswa dari pemerintah Indonesia, pemerintah Korea, atau langsung dari universitasnya. Semua beasiswa pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Jangan pernah bosan untuk mencari info beasiswa sekolah di Korea sebagai bahan pertimbangan anda.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?