Siapa yang tidak ingin melanjutkan studi ke Kuwait? Tak heran jika info beasiswa sekolah di Kuwait banyak dicari oleh lulusan-lulusan Indonesia yang ingin lebih memperdalam ilmunya ke Kuwait. Salah satu negara di Timur Tengah ini memang menjadi negara tujuan studi yang paling ditunggu-tunggu. Bahkan pemerintah Indonesia sendiri hampir setiap tahunnya membuka kesempatan bagi lulusan Indonesia yang ingin belajar di Kuwait.

Beasiswa Jenjang Pendidikan Menengah Umum di Kuwait

Berdasarkan info beasiswa studi di Kuwait, ternyata tidak hanya diperuntukkan bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 dan S2 saja loh. Pemerintah Indonesia juga menawarkan beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang menengah umum di Kuwait. Info penting bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di luar negeri secara gratis, Anda bisa memanfaatkan beasiswa dari Kementerian Pendidikan Negara Kuwait untuk mereka yang  berusia 13 hingga 15 tahun.

Jasa penerjemah bahas aarab tersumpah
Foto : Ilustrasi

Menurut surat terkait penawaran beasiswa dari Kuwait Nasional Commision for UNESCO (Education, Sciences and Culture) yang ditujukan kepada Direktur Jenderal Penddikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia, disebutkan bahwa Pemerintah Kuwait akan memberikan 5 beasiswa kepada pelajar RI untuk tahun ajaran 2019/ 2020.

Ini adalah info beasiswa sekolah di Kuwait terbaru yang masih berlaku hingga pertengahan tahun. Untuk pelajar yang berminat, silahkan melengkapi beberapa syarat dan berkas yang dibutuhkan berikut ini:

  • Pelajar dengan rentang usia 13 hingga 15 tahun di tahun pencalonan yaitu pada 1 Oktober.
  • Pelajar yang telah menyelesaikan studi reguler 6 hingga 8 tahun dan mendapatkan ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setara.
  • Sudah belajar bahasa Arab, bahasa Inggris dan Perancis selama 4 tahun.
  • Semua informasi yang tertera pada akta kelahiran, keterangan pribadi dan paspor harus sesuai dan juga otentik.
  • Berkelakuan baik dan belum pernah memiliki catatan perilaku buruk serta memperoleh surat keterangan baik dari pemerintah.
  • Melampirkan surat keterangan sehat jasmani, tidak cacat dan lulus tes kesehatan di Negara Kuwait.
  • Tidak pernah putus sekolah dalam jangka waktu satu tahun dan tidak pernah dikeluarkan dari sekolah karena sebab-sebab akademis atau perilaku buruk.
  • Tidak pernah datang ke negara Kuwait sebelumnya untuk belajar dan kemudian berakhir dengan kegagalan.
  • Tidak dibenarkan menerima pelajar yang saat ini berada di Negara Kuwait.
  • Memiliki kewarganegaraan Indonesia.

Untuk anda yang mencari info beasiswa studi di Kuwait, beasiswa yang diberikan kepada siswa yang lolos untuk mendapatkan beasiswa mencakup beberapa hal berikut ini:

  1. Kuwait National Commision for UNESCO akan mengirimkan tiket pesawat untuk kedatangan pelajar tersebut.
  2. Diberikan fasilitas tiket PP setiap tahun dengan Kuwait Airways ke negara asal.
  3. Diberikan fasilitas tempat tinggal, makan dan kesehatan di rumah sakit sesuai dengan ketentuan dari pemerintah negara Kuwait.
  4. Diberikan uang saku setiap bulan dan uang pakaian tahunan.
  5. Diberikan uang tunjangan untuk membeli keperluan sekolah.

Info beasiswa sekolah di Kuwait tersebut diperuntukkan bagi yang ingin memperdalam pendidikan agama. Bagi yang berminat dan tertarik untuk mendapatkan beasiswa tersebut, bisa mengirimkan berkas-berkas dan persyaratan yang diperlukan yang informasinya dapat diperoleh melalui laman resmi kemenag. Bagi pelajar yang lolos akan diumumkan setiap bulannya.

Beasiswa S2 dan S3 Kuwait University

Untuk beasiswa S2 dan S3 di Kuwait memang belum banyak tersedia pilihan Universitas. Hanya saja yang setiap tahunnya selalu membuka kesempatan bagi siswa internasional untuk melanjutkan studi di Kuwait bisa mengajukan permohonan beasiswa di Kuwait University. Disini menyediakan program Master dan PhD dengan berbagai bidang studi.

Info beasiswa kuliah di Kuwait tahun ajaran 2019/ 2020 saat ini belum keluar edarannya. Hanya saja berdasarkan informasi tahun lalu, berikut ini beberapa informasi persyaratan yang bisa Anda persiapkan jika tertarik untuk melanjutkan studi ke Kuwait, diantaranya:

  1. Usia pelamar maksimum berusia 30 tahun untuk program S2 maupuun S3.
  2. Paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun.
  3. Salinan ijazah yang telah dilegalisi oleh perguruan tinggi tempat dikeluarkannya ijazah tersebut.
  4. Salinan terjemahan dokumen-dokumen pendukung ke bahasa Arab yang dibuat oleh penerjemah yang tersumpah.
  5. Legalisasi salinan terjemahan oleh penerjemah tersumpah dari Ditjen Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM, Direktorat Konsuler Kementerian Luar Negeri, Konsuler Kedutaan Besar Kuwait, Konsuler Kementerian Luar Negeri Kuwait.

Sebagai dokumen-dokumen pendukung, calon penerima beasiswa juga wajib untuk melampirkan beberapa kelengkapan berikut ini:

  1. Ijazah lengkap beserta salinannya.
  2. Akta kelahiran.
  3. Surat Keterangan Sehat berupa hasil pemeriksaan medis dari rumah sakit yang direkomendasikan oleh pihak Kedutaan Besar Kuwait di Jakarta.
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian terbaru dari Kepolisian RI.
  5. Surat keterangan yang menyatakan pernah belajar bahasa arab (komponen ini yang paling dipertimbangkan untuk menentukan penerima beasiswa).
  6. Surat izin sekolah ke luar negeri dari orang tua.
  7. Surat rekomendasi dari sekolah atau perguruan tinggi terkait.
  8. Apabila lolos dan menerima beasiswa, maka wajib mengumpulkan pas foto 4 x 6 sebanyak 8 lembar dengan background warna biru.

Untuk pendaftarannya bisa langsung melalui kemenlu sehingga informasi resminya bisa dibuka melalui laman resmi pemerintah yang menaungi program beasiswa ini. Karena semua berkas pelamar beasiswa dikumpulkan dan dikirimkan secara kolektif. Untuk pilihan jurusannya sendiri cukup banyak di berbagai bidang, selengkapnya Anda bisa melihat melalui http://kuweb.ku.edu.kw/.

Mengapa Banyak Tertarik Studi ke Kuwait?

Ada banyak hal menarik mengapa banyak yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Kuwait. Salah satunya karena negara ini memiliki nilai tukar rupiah yang tertinggi. Untuk 1 Dinarnya saja senilai IDR 44.000 yang mengalahkan Poundsterling Inggris, Euro dan Dolar Amerika. Namun untuk penerima beasiswa ke Kuwait tidak perlu khawatir karena setiap bulannya diberikan tunjangan biaya hidup.

Selain itu, Negara Kuwait juga termasuk negara terkaya di dunia bersama dengan Qatar dan Uni Emirat Arab. Keuntungan lainnya jika melanjutkan studi ke Kuwait adalah para mahasiswa akan mendapatkan pelatihan khusus bahasa arab selama 2 hingga 3 semester.

Perlu menjadi catatan bahwa pihak Kuwait berhak untuk mencabut beasiswa sewaktu-waktu jika menemukan ketidaksesuaian data yang dikumpulkan dengan kenyataannya. Selain itu, jika prestasi selama menjalankan studi di Kuwait dinilai selalu menurun dan tidak lolos ujian bahasa Arab, maka beasiswa juga bisa dicabut. Itulah info beasiswa di Kuwait dan beberapa persyaratan yang harus Anda persiapkan. Untuk informasi lebih detailnya bisa melihat melalui laman resmi pemerintah dan universitas terkait. Khusus untuk beasiswa sekolah menengah memang pendaftarannya dilakukan secara kolektif melalui kemenag. Semoga info beasiswa sekolah di Kuwait di atas bermanfaat untuk pelajar dan lulusan-lulusan Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Kuwait.

Jasa Penerjemah Bahasa Arab Tersumpah | Jasa Penerjemah Dokumen Beasiswa di Luar Negeri

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?