Saat ini kesempatan untuk bisa melanjutkan studi ke Lebanon terbuka dengan lebar, apalagi dengan adanya info beasiswa studi di Lebanon dari Kementerian Agama. Baik anda yang lulus dari SMA, Madrasah Aliyah atau pondok pesantren punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa ini. Sehingga nantinya bisa menimba ilmu di Lebanon dan belajar lebih banyak hal di sana selain jurusan yang dipilih.

Info Beasiswa Studi di Lebanon  

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah
Foto : Ilustrasi

Untuk melakukan pendaftaran seleksi beasiswa tentunya ada berbagai ketentuan yang harus anda penuhi dengan baik. Mencari info beasiswa sekolah di Lebanon adalah langkah yang tepat utuk mengetahui ketentuan apa saja yang harus diberikan untuk bisa lanjut ke proses seleksi. Sehingga anda bisa melakukan persiapan dan memenuhi semua persyaratan yang sudah ditentukan.

Berikut beberapa ketentuan penting yang harus diserahkan untuk proses seleksi beasiswa ini adalah:

  • Anda harus membuka website resmi http://diktis.kemenag.go.id, di sana anda tinggal mengisi formulir pendaftaran yang disediakan. Setelah itu, jangan lupa untuk download bukti pendaftaran tersebut sebagai kartu peserta anda
  • Mempersiapkan copy ijazah yang sudah dilegalisir yang usianya tidak lebih dari 3 tahun, jadi beasiswa ini tidak harus untuk anda yang baru lulus SMA di tahun yang sama dengan pendaftaran. Selain itu, jika belum lulus bisa menyertakan surat keterangan lulus yang diminta dari pihak sekolah
  • Pas foto terbaru dengan ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  • Sebelum pelaksanaan seleksi maka anda harus membawa berkas dalam bentuk cetak ke lokasi pendaftaran yang sudah ditentukan. Ada beberapa lokasi pilihan pendaftaran yang bisa disesuaikan dengan tempat tinggal anda dan memang harus benar-benar melakukan seleksi di tempat tersebut

Proses tersebut memang harus dilakukan tahap demi tahap dan memberikan berkas dengan benar. Sehingga pihak Kementerian Agama juga bisa mempertimbangkan kualifikasi atau kelengkapan anda untuk akhirnya memberikan beasiswa atau tidak. Tentunya setiap info beasiswa sekolah di Lebanon perlu diperhatikan dengan baik setiap detail ketentuan dan persyaratan yang ada di dalamnya.

Ujian Seleksi Beasiswa di Lebanon

Sama halnya seperti seleksi beasiswa untuk kuliah Islam lainnya akan dilakukan dalam dua jenis tes yaitu ujian tulisa dan lisan. Untuk bisa menyaring calon mahasiswa yang memang berkualitas untuk dibawa menempuh studi di Lebanon maka akan dilakukan seleksi dari nilai akademik, bacaan Al-Quran dan hafalannya serta bagaimana pemahaman Bahasa Arab yang dimiliki.

Poin-poin yang diujikan tentu saja akan menjadi dasar modal penting untuk menjalani program info beasiswa kuliah di Lebanon. Selain itu ada dua jenis ujian yang akan dilakukan pada calon penerima beasiswa yaitu:

  • Ujian lisan yang berisikan wawancara menggunakan Bahasa Arab untuk melihat kemampuan terjemah, pemahaman teks dan bagaimana dalam melakukan percakapan. Selain itu dilihat juga bacaan Al-Quran dan hafalannya minimal 2 juz
  • Ujian tulis tentunya digunakan untuk mengetahui pemahaman tata bahasa, teks dan insya` termasuk juga untuk pengetahuan agama Islam

Jadi tentunya untuk mendapatkan hasil seleksi sesuai dengan yang diharapkan anda harus mempelajarinya dengan baik. Untuk yang sudah memiliki kemampuan Bahasa Arab sejak masa sekolah tentu tinggal mengasahnya kembali. Sehingga memang sangat penting memperhatikan info beasiswa kuliah di Lebanon untuk mengetahui detail persyaratan penting seperti ini yang memang tidak bisa dipersiapkan secara instan.

Pilihan Universitas Terbaik di Lebanon

Beasiswa ini memberikan anda biaya untuk bisa melanjutkan studi di Lebanon, tentu selanjutnya adalah mencari universitas yang pas sesuai dengan minat masing-masing. Di Lebanon sendiri tentunya ada beragai universitas yang bisa dijadikan pilihan dengan kualitas yang maksimal untuk dijadikan tempat menimba ilmu. Sehingga beasiswa yang anda dapatkan bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Berikut beberapa universitas terbaik dari info beasiswa sekolah di Lebanon:

  • American Universty of Beirut yang memiliki peringkat tertinggi di Lebanon. Ada berbagai pilihan jurusan yang ada di sana seperti kedokteran serta teknik sipil dan struktur yang paling terkenal dan banyak diminati
  • Beirut Arab University memiliki begitu banyak fakultas dan berbagai pilihan jurusan di dalamnya seperti fakultasi kedokteran, administrasi bisnis, teknik, sains, farmasi, ilmu kesehatan, seni hingga hukum serta ilmu politik
  • Haigazian University anda bisa memilih jurusan Bahasa Arab, aplikasi sains, ilmu sosial atau bisnis administrasi sebagai pertimbangan

Dengan mengetahui pilihan universitas dan jurusan yang disediakan maka akan lebih mudah bagi anda dalam menentukan pilihan. Jadi nantinya bisa lebih cepat untuk berangkat ke Lebanon dan menuntur ilmu di sana. Pertimbangkan dimana minat anda yang terbesar untuk mempelajari suatu ilmu, kemudian kumpulkan info beasiswa studi di Lebanon yang akan menjadi jembatan anda menuju ke negara tersebut.

Gambaran Kuliah di Lebanon

Lebanon memang negara yang banyak disebut sebagai Parisnya Timur Tengah, apalagi dengan berbagai budaya yang ada di sana tentunya membuat perjalanan mencari ilmu anda di sana akan semakin menyenangkan. Bahkan di dunia pendidikan, Lebanon menempati urutan ke 5 sebagai tempat untuk pendidikan ilmu pengetahuan dan matematika. Sehingga tidak salah jika anda memutuskan untuk mengejar beasiswa sampai ke negara indah ini.

Di negara ini juga terdapat begitu banyak lokasi bersejarah yang akan membuat proses untuk belajar budaya, berbagai agama di dunia, hubungan luar negeri, bahasa dan perdagangan menjadi lebih optimal di sini. Jadi bisa dikatakan negara ini memang paling cocok digunakan sebagai lokasi untuk menimba studi lanjut sesuai dengan minat anda masing-masing, tentunya dengan jaminan kualitas pendidikan yang optimal.

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kuliah di Lebanon:

  • Untuk kualitas pendidikan di dunia Lebanon menempati peringkat ke 10 sebagai yang terbaik berdasarkan survei yang telah dilakukan.
  • Untuk mata kuliah di universitas biasanya diajarkan dalam Bahasa Arab dan Perancis, sedangkan Bahasa Inggris juga terkadang digunakan untuk mempelajari ilmu pengetahuan serta bisnis internasional.
  • Lebanon memang memiliki kualitas pendidikan yang tinggi, namun masih banyak orang muda yang menjadi lulusannya memilih untuk tidak bekerja di negaranya sendiri dengan berbagai alasan serta pertimbangan tentunya.
  • Sebenarnya Lebanon memiliki 41 universitas nasional yang sudah terakreditasi, namun memang cukup banyak yang dioperasikan di Inggris atau Perancis. Sehingga yang dari Lebanon sendiri hanya sedikit yang dikenal luas.
  • Di Lebanon untuk warganya ada program wajib belajar yang dilakukan mulai dari anak usia 6 sampai 14 tahun, dengan pengajaran Bahasa Inggris dan Perancis yang sudah diberikan sejak awal sekolah.

Sistem pendidikan serta lingkungan yang bagus untuk sebuah tempat pendidikan menjadi alasan yang kuat untuk anda mengejar kesempatan bisa datang ke sana dan melanjutkan studi. Kesempatan beasiswa yang dibuka lebar untuk anda harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Sehingga jangan sampai melewatkan info beasiswa sekolah di Lebanon terutama beasiswa dari Kementerian Agama.

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah | Jasa penerjemah dokumen beasiswa sekolah/kuliah di Lebanon

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?