Para pelajar Indonesia yang sedang membutuhkan info beasiswa studi di Malaysia, wajib membaca pembahasan artikel ini. Artikel ini akan membahas beberapa peluang beasiswa di Malaysia yang dapat anda raih. Negara Malaysia memang menjadi salah satu destinasi para pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Selain karena letak negara Malaysia yang dekat dengan Indonesia, kualitas pendidikan di sana juga baik. Terlebih dengan banyaknya beasiswa yang ditawarkan untuk dapat melanjutkan studi di Malaysia. 

Jasa penerjemah bahasa asing tersumpah
Foto : Ilustrasi

Melanjutkan kuliah di luar negeri mungkin adalah impian banyak orang. Akan tetapi impian tersebut sering kali terkendala oleh biaya. Biaya kuliah atau studi di luar negeri memang tidak sedikit, ditambah dengan biaya hidup yang harus ditanggung. Hal itu cukup memberatkan para pelajar yang ingin melanjutkan sekolah di luar negeri. Untuk itu, mencari beasiswa adalah solusi terbaik. Berikut beberapa info beasiswa kuliah di Malaysia yang dapat anda jadikan referensi.

Malaysian International Scholarship (MIS)

Info beasiswa studi di Malaysia yang selanjutnya adalah MIS atau Malaysian International Scholarship. Beasiswa ini merupakan program beasiswa penuh untuk melanjutkan studi S2, S3, serta postdoktoral yang ditawarkan oleh pemerintah Malaysia untuk mahasiswa internasional di luar negara Malaysia. Negara Indonesia termasuk salah satu negara yang bekerja sama dengan Malaysian Inernational Scholarship. Sehingga mahasiswa Indonesia dimudahkan akses pendaftaaan melalui Kementrian Luar Negeri yang ada di Indonesia.

Universitas dan Bidang Studi

MIS bekerja sama dengan kurang lebih 24 universitas di Malaysia baik Public Universities atau Private Universities. Public Universities seperti Universiti Malaya, Universiti Sains Malaya, Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Putra Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan yang lainnya. Sedangkan Private Universities contohnya Univeristi Teknologi Petronas, Monash Universiti Malaysia, Universiti tenaga Nasional, dan masih banyak lagi.  

Info beasiswa kuliah di Malaysia selanjutnya tentang bidang studi yang dapat diambil. Dalam program MIS ini terdapat 9 bidang studi yang diprioritaskan untuk dipilih, diantaranya sebagai berikut :

  • Sains dan Teknik
  • Pertanian dan Perikanan
  • Ekonomi dan Keuangan Islam
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Bioteknologi
  • Biosekurtas dan Keamanan Pangan
  • Infrstruktur dan Utilitas
  • Studi Lingkungan
  • Kesehatan (kecuali kedokteran, keperawatan, farmasi klinik)

Persyaratan dan Cara Mendaftar

MIS ini bertujuan untuk mencari mahasiswa berprestasi dalam bidang akademik dan juga ketrampilan. Selain itu terdapat beberapa persyaratan untuk mendaftar Malaysia International Scholarship, diantaranya sebagai berikut :

  1. Usia tidak boleh lebih dari 40 tahun (untuk S2 dan S3), dan maksimal 45 tahun untuk postdoktoral.
  2. Mahasiswa dengan IPK minimal 3,5 baik untuk S2 atau S3. Sedangkan postdoktoral dilihatdari jurnal atau potofolio pemohon beasiswa.
  3. Memiliki sertifikat bahasa asing dengan skor minimal, sertifikat IELTS 6.5, sertifikat TOEFL PBT 580, TOEFL CBT 230, atau TOEFL IBT 92.
  4. Surat keterangan sehat dari dokter bersertifikat.
  5. Membuat proposal yang berkaitan dengan bidang studi yang akan diambil.
  6. Memiliki Letter Offer Condotional (LoA) dari universitas tujuan di Malaysia.

Info beasiswa sekolah di Malaysia terkait pendaftaran MIS ini cukup dimudahkan, karena dapat melalui Kedubes Malaysia di Jakarta. Sehingga anda tidak perlu mengirim dokumen pendaftaran ke Malaysia. Akan tetapi sebelumnya anda harus melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui halaman resmi MIS. Buatlah sebuah akun terlebih dahulu kemudian cetak formulir pedaftarannya

Lengkapi formulir serta dokumen persyaratan yang diperlukan seperti foto, CV, transkrip nilai, sertifikat bahasa asing, paspor, proposal riset, LoA, surat kesehatan, form tunjangan penelitian, form aplikasi penegmbalian, surat rekomendasi, form pengesahan. Formulir-formulir dapat anda peroleh adari web resmi MIS. Jangan lupa untuk scan semua dokumen sebelum dikirim. Semua dokumen tersebut dikirim ke Kementrian Luar Negeri yang beralamat di Jl. Taman pejambon No 6 Jakarta Pusat.

Setelah dikirim, anda akan mendapatkan tanda pengesahan. Scanlah bukti penengesahan tersebut. Semua scan dokumen dan bukti pegesahan diupload pada akun MIS yang telah anda buat sebelumnya. Tahap selanjutnya Anda hanya perlu menunggu hasil pengumuman untuk tahap wawancara. Pembukaan pendaftraan biasanya antara bulan Januari sampai Maret. Oleh karena itu, persiapkan terslebih dahulu segala persyaratan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Beasiswa Syariah ISRA

Info beasiswa sekolah di Malaysia yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah beasiswa Syariah ISRA. ISRA adalah kependekan dari International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance. Berfokus pada dunia perbankan syariah, ISRA menyediakan beasiswa kepada pelajar di dalam atau luar negeri Malaysia dalam bidang keilmuan syariah. Menyediakan beasiswa untuk S1, S2, dan juga S3 untuk mewujudkan tujuan utamanya yaitu memperkuat pengembangan industri keuangan islam di seluruh dunia.

Universitas dan Program Studi

Perguruan tinggi yang diakui menyelenggarakan beasiswa ISRA ini diantaranya Universiti of Malaya, Universiti Putra Malaysia, dan yang lainnya. Program studi yang dapat diambil dalam jalur beasiswa ISRA ini cukup beragam. Untuk progam pascasarjana baik master maupaun doktor hanya berfokus pada studi keuangan islam. Sedangkan untuk jenjang S1 terdapat banyak jurusan yang dikelola beasiswa ISRA, yaitu :

  • Perbankan syariah;
  • perbankan konvensional;
  • akuntansi;
  • hukum;
  • ekonomi;
  • keuangan;
  • manajemen; dan
  • bidang terkait lainnya yang berhubungan dengan perkembangan industri keuangan syariah.

Persyaratan Program Beasiswa di Malaysia

Info beasiswa studi di Malaysia selanjutnya tentang persyaratan untuk calom penerima beasisawa. Persyaratan untuk dapat memperoleh beasiswa ini cukup banyak, diantaranya sebagai berikut.

  1. Calon penerima beasiswa harus berasal dari latar belakang syariah.
  2. Beasiswa ini terbuka umum untuk warga negara dari semua negara, termasuk Indonesia.
  3. Pemohon harus sudah masuk ke lembaga pendidikan tinggi yang diakui dalam program fulltime.
  4. Pemohon beasiswa pascasarjana wajib memliki IPK minimal 3,5 atau setara.
  5. Pemohon beasiswa sarjana wajib memilki IPK minimal 3,3 atau setara untuk hasil semester pertama.
  6. Mahasiswa ongoing yang sedang mengambil bidang studi yang diterima beasiswa ISRA juga bisa mendaftar.

Cara Mendaftar Beasiswa Syariah ISRA

Anda perlu melengkapi dokumen yang harus dipenuhi dan dikirimkan langsung ke Shari’ah Scholarship Award ISRA di orong Universiti A, Kuala Lumpur. Setelah mengirim dokumen pendaftraan, apabila memenuhi syarat anda akan dipanggil untuk seleksi berikutnya yaitu wawancara via email. Cukup menarik karena beasiswa ini buka sepanjang tahun, jadi jangan lewatkan kesempatan. Dokumen yang harus dipenuhi diantaranya sebagai berikut :

  1. Melengkapi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di web resmi isra.
  2. Fotocopy tanda pengenal berupa paspor atau KTP.
  3. Surat LoA dari univesitas tujuan.
  4. Salinan ijazah serta transkrip nilai.
  5. Membuat esai tentang alasan penerima beasiswa harus diberikan dan rencana konstribusi untuk jasa keuangan islam. Esai tidak boleh lebih dari 100 kata.
  6. Surat rekomendasi bagi aplikasi pascasarjana.
  7. Proposal thesis bagi aplikasi pascasarjana.

Demikian beberapa informasi tentang beasiswa melanjutkan studi di Malaysia. Negara Malaysia adalah negara tetangga yang letaknya tidak jauh dari Indonesia. Budaya dan juga bahasa yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Anda dapat melanjutkan belajar di luar negeri dengan nyaman seperti di negara sendiri. Semoga pembahasan tentang info beasiswa sekolah di Malaysia ini bermanfaat untuk anda yang sedang berjuang untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?