Sekarang ini, banyak sekali informasi mengenai beasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri termasuk Info beasiswa studi di Maroko. Kebanyakan negara yang dituju oleh penyedia beasiswa berada di Eropa dan Amerika. Namun tidak sedikit juga tawaran beasiswa untuk pelajar indonesia yang ingin melanjutkan studi di Maroko.

Jasa penerjemah bahasa asing tersumpah
Foto : Ilustrasi

Belajar dan tinggal sementara di negeri orang memang menjadi banyak impian dan tujuan banyak pelajar indonesia. Kesempatan mempelajari budaya baru, membuka perspektif tentang dunia, dan mencari relasi merupakan suatu pengalaman unik dan menyenangkan. Apalagi dengan iming-iming beasiswa. Siapa yang tidak tetarik? Nah, jika anda merupakan salah satu orang yang sedang mencari info beasiswa, terutama Info beasiswa kuliah di Maroko, simak yuk ulasannya berikut ini.

Kelebihan Studi di Maroko

Negara Maroko merupakan negara muslim yang terletak di ujung utara bagian barat benua Afrika. Banyaknya tawaran info beasiswa studi di Maroko membuat negara ini dinilai mampu menjadi tempat tujuan yang cocok untuk belajar. Maroko memiliki beberapa kelebihan tersendiri sebagai tempat untuk melanjutkan studi anda.

Kelebihan studi di Maroko yang pertama adalah lulus kuliah lebih cepat. Di Maroko lama studi yang akan anda tempuh akan lebih singkat daripada masa studi di Indonesia, Eropa dan Amerika. Jika di Indonesia standar studi berjalan lamanya empat tahun, di Maroko lama studi yang akan anda tempuh hanya selama tiga tahun.

Dalam tiga tahun, jumlah semester yang akan diambil adalah enam semester dengan pembagian 4 semester untuk dapat ijazah Diploma dan 2 semester berikutnya untuk dapat ijazah sarjana. Terlebih, di Maroko tidak ada yang namanya KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Keunggulan lain studi di Maroko yaitu dapat merasakan atmosfer yang sama dengan di Eropa. Alasannya, letak negara Maroko yang berdekatan dengan benua eropa menyebabkan pengaruh budaya benua kulit putih itu sangat terasa. Pengaruh budaya Eropa ini bisa dilihat dari bangunan-bangunan, gaya hidup serta mode pakaian masyarakat Maroko.

Selain itu, Maroko merupakan negara empat musim. Artinya, anda tetap bisa menikmati musim gugur, musim semi yang indah, musim panas, ataupun musim dingin ala inggris dengan bermain salju. Yang selanjutnya, selain belajar dibidang akademik, anda juga bisa belajar mengenai sejarah islam disini.

Di Maroko terdapat banyak peninggalan sejarah islam yang masih ada sampai sekarang. Salah satunya yaitu kota Fez, Marrakech dan kota Tangier. Dahulu kota Fez dan Marrakech merupakan pusat dinasti-dinasti islam independen pada masanya, sedangkan kota Tangier dikenal sebagai pintu gerbang masuknya islam di Eropa.   

Peninggalan sejarah islam yang lain seperti istana kerajaan, masjid, perpustakaan, manuskrip dan bangunan penting dapat di jumpai dengan mudah disana. Mengenal sejarah dengan melihat atau mengunjungi langsung tempat dan benda peninggalan sejarah berada memang lebih memuaskan sebab anda bisa berwisata sekaligus belajar. Banyak juga kan kelebihan kuliah di Maroko? Inilah Info beasiswa di Maroko.

Studi dengan Biaya Mandiri atau Beasiswa?

Salah satu pantangan besar saat kuliah di luar negeri ialah ketersediaan biaya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan kebutuhaan harian. Untuk itu, sebaiknya anda mulai mencari tahu kondisi dan suasana kehidupan seta pendidikan di Maroko jauh-jauh hari. Anda juga bisa mulai mencari info beasiswa di Maroko.

Di Maroko ada dua tipe perkuliahan, lembaga model perkuliahan Ta’lim ‘Aly dan Ta’lim ’Atiq. Setiap lembaga perkuliahan memiliki besaran beasiswa yang berbeda. Untuk mentukan studi dengan biaya mandiri atau beasiswa, terlebih dahulu anda harus mencari tahu, besarnya biaya studi, serta biaya hidup yang anda butuhkan selama menjalankan studi. Berikut perkiraan biaya hidup di Maroko dilansir dari web Maroko Mizyan.

Untuk sewa rumah, satu rumah biasanya dapat dihuni lima sampai sepuluh orang. biaya sewa yang dibayarkan rata-rata antara 1500-2000 dirham perbulan. Alternatif selain menyewa rumah adalah tinggal di asrama mahasiswa yang disediakan lembaga. Mahasiswa Ta’lim ‘Aly bisa tinggal di asrama yang disebut Hay Dauli dengan biaya sewa kamar 700 dirham/tahun. Sedangkan untuk mahasiswa Ta’lim ’Atiq tersedia flat atau asrama dengan fasilitas apapun secara gratis.

Untuk biaya tagihan listrik dan air, penyewa dan pemilik rumah akan membayar secara bersama-sama. Biasanya tiap penghuni rumah akan dikenai tarif sebesar 250-400 dirham, itupun sudah termasuk wifi.

Biaya makan dihitung dari bahan menu makanan yang disantap.  Di Maroko harga sembako lebih mahal 50% daripada di indonesia. Sedangkan untuk daging ayam, sapi, dan ikan harganya melampui 20% atau bahkan lebih murah. Biasanya, perkiraan satu kali masak menghabiskan 100-150 dirham. Bagi mahasiswa Ta’lim ’Atiq, makanan sudah disediakan oleh asrama 3x sehari.

Transportasi ke kampus dapat ditempuh dengan taksi dan bus dalam kota. Taksi sangat mudah ditemukan di kota, namun ongkosnya memang tidak sedikit. Alternatif seperti bus dalam kota bertarif 3-5 dirham perorang untuk sekali jalan. Jika anda benar-benar ingin menghemat anda bisa memilih untuk berjalan kaki ke kampus.

Dari data di atas anda bisa memperkirakan biaya hidup yang anda butuhkan saat studi di Maroko. Satu dirham bernilai sekitar 1500 rupiah. Nah, dari hasil yang anda peroleh, bandingkan dengan dana yang anda punya. Jika anda merasa kesulitan namun masih ingin studi di Maroko, anda bisa mencari tahu Info beasiswa di Maroko di bawah ini.  

Info Beasiswa di Maroko

Sebenarnya banyak sekali info beasiswa studi di Maroko. Beasiswa Kemenag berada di bawah naungan kementrian Agama Republik Indonesia dan hanya membuka 15 kuota tiap tahun. Universitas yang bisa dituju pendaftar beasiswa ini terbatas pada universitas dibawah naungan direktorat pendidikan tinggi Maroko Ta’lim ‘Ali.  Tingkat pendidikan yang dibuka yaitu S1, S2, dan S3.

Alur pendaftaran beasiswa dari Kemendikti dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Melakukan pendaftaran online di website kemendikti dan mengunduh bukti pendaftaran online/kartu peserta.
  2. Pas poto berwarna 3×4 dua lembar.
  3. Legalizir ijazah madrasah atau surat keterangan lulus jika belum ada ijazah.
  4. Mengikuti seleksi tulis dan wawancara dengan materi ujian
  5. Ujian tulis : Al Qur’an, Juz, Nahwu, Sharf, Balaghoh, Insya’, dan pendidikan agama islam.
  6. Ujian lisan : Al Qur’an, Juz, dan bahasa arab.

Syarat dan ketentuan mengikuti seleksi beasiswa Maroko adalah:

  1. Mengisi formulir pendaftaran online melalui website
  2. Daftar ulang di tempat pilihan pendaftaran online
  3. Mengikuti tes.

Untuk pendaftar studi S2 atau S3 diwajibkan berkomunikasi langsung dengan pihak kampus dan Depag. Selain syarat di atas, calon mahasiswa S2 dan S3 juga dituntut untuk menguasai Bahasa Arab dan Perancis karena kedua bahasa tersebut adalah bahasa resmi Maroko dan bahasa pengantar di kelas. Alur pendaftaran khusus S2 dan S3, dapat dirinci sebagai berikut.

  1. Mendaftarkan diri ke kampus tujuan di Maroko.
  2. Mendaftarkan diri ke Kemenag, jika berkas ditanggapi maka akan ada pemanggilan dari pihak Kemenag
  3. Setelah sampai di Maroko, calon mahasiswa harus pergi ke AMCI untuk mengecek berkas
  4. Melanjutkan berkas ke  Ta’lim ;Ali
  5. Mengambil syahadah tasjil dari kampus dan menyerahkannya ke AMCI.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, buka website resminya. Demikian info mengenai serba-serbi kuliah di Maroko. Pada akhirnya, saat dihadapkan dengan pilihan memilih kuliah di dalam atau di luar negri menjadi persoalan yang tidak gampang. Semoga artikel info beasiswa kuliah di Maroko diatas bermanfaat.

Kantor jasa layanan terjemahan, translate, penerjemahan resmi tersumpah, sworn translator, penerjemah bersumpah terbaik, terpercaya, tercepat dan bergaransi, lihat dan baca review klien yang menggunakan jasa translet, terjemahan penerjemahan dan penerjemah di tempat kami, review terjemahan, translet, penerjemah, penerjemahan terbanyak dan terbaik

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?