Info beasiswa kuliah di Mesir biasanya sudah banyak diincar oleh calon lulusan Madrasah Aliyah atau yang sederajat. Beberapa universitas juga muncul untuk memberikan informasi terkait beasiswa dan salah satunya adalah Universitas Al-Azhar di Mesir. Memilih melanjutkan pendidikan di mesir khususnya di Universitas Al-Azhar melalui jalur beasiswa, dapat menguntungkan Anda. hal ini sebab dalam beasiswanya terdapat dana kuliah, biaya hidup, tiket pulang pergi, dan lain sebagainya.

Sudah banyak mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa dari Universitas Al-Azhar. Setiap tahun dibuka penerimaan calon mahasiswa baru berdasarkan hasil MoU antara pemerintah Indonesia (Diwakili Kementerian Agama RI) dengan pemerintah Arab Mesir (Al Azhar Al Syarif) dalam kerjasama di bidang pendidikan, baik program beasiswa maupun non beasiswa. Selain itu, info beasiswa di Mesir tidak hanya datang dari Universitas Al-Azhar, tetapi terdapat beasiswa dari Universitas lain yang ada di Mesir.

Jasa penerjemah bahasa asing
Foto : Ilustrasi

Mengapa Harus Studi di Mesir?

Alasan Anda harus melanjutkan studi di Mesir ialah selain belajar mengenai pengetahun umum, Anda juga bisa belajar memperdalam agama terutama agama islam, serta mempelajari sejarah peninggalan Yunani Kuno yang sangat terkenal. Salah satu perguruan tinggi terkenal dan tertua di Mesir adalah Univeristas Al-Azhar yang mengembangkan ajaran islam yang moderat. Selain itu juga, banyak sekali info beasiswa kuliah di Mesir yang sayang jika Anda lewatkan.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan pula jika melanjutkan studi di Mesir, antara lain biaya kuliah dan biaya hidup yang murah, Ijazah Anda kelak diakui secara internasional, mendapatkan banyak teman dari berbagai penjuru dunia, Anda dapat melatih kemandirian dan berkompetitif secara adil, dan lain-lain. selain itu juga, Universitas Al-Azhar merupakan pencetak ulama dan juga pemimpin dunia.

Alasan-alasan lain Anda harus melanjutkan studi di Mesir adalah Universitas di Mesir memiliki tenaga pengajar Profesor dan Dokter yang kompeten di bidangnya, Anda juga dapat mengkaji ilmu-ilmu keislaman dari sumber yang orisinil, memiliki lingkungan yang kondusif untuk belajar, serta sebagai pusat literature keislaman klasik dan kontemporer. Terlebih lagi Kairo masuk ke dalam jajaran kota pelajar terbaik di dunia.

Kualitas pendidikan di Mesir tidak dapat diragukan lagi. Pada tahun 2014-2015 lima perguruan tinggi di Mesir masuk jajaran kampus dunia versi QS World University Rankings. Jika dilihat dari segi budayanya, banyak hal menarik untuk ditelusuri karena menjembatani antara kawasan utara Afrika dan wilayah Timur Tengah serta garis pantai Mediterania yang menawarkan gabungan ketiga budaya region tersebut.

Beasiswa Studi di Mesir

Sangat mudah untuk mnedapatkan info beasiswa kuliah di Mesir karena pihak Indonesia telah bekerja sama dengan pihak Mesir. Sehingga peluang penerimaan beasiswa selalu ada setiap tahun. Salah satunya penerimaan beasiswa untuk S1 di Mesir, Maroko, Sudan, dan Lebanon yang penyelenggara seleksinya adalah Kementerian Agama Republik Indonesia. Salah satu tujuannya adalah Universitas Al-Azhar.

Info beasiswa di Mesir yaitu salah satunya Universitas Al-Azhar bisa diperoleh melalui dua jalan, yaitu melalui tes di Departemen Agama Indonesia atau mengajukan langsung ke Univeristas Al-Azhar ketika telah terdaftar sebagai mahasiswa Al-Azhar. Untuk mengikuti seleksi beasiswa melalui kemeterian Agama RI, Anda dapat mengisi formulir dan mendaftar melalui website. Ijazah yang digunakan mendaftar seleksi ialah ijazah Madrasah Aliyah atau pesantren yang telah terakreditasi (mu’adalah) dengan Ma’had Bu’uts al-Azhar.

Setelah melengkapi berkas-berkas, kemudian Anda akan mengikuti ujian yang waktunya telah ditentukan dan pengumumannya akan diinformasikan melalui website diktis. Sebelum itu Anda juga harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang ada. Pihak Universitas Al-Azhar meminta pemerintah RI untuk merumuskan sebuah sistem seleksi terpadu bagi Camaba Indonesia yang ingin kuliah ke Mesir. Untuk infromasi selengkapnya Anda bisa mengunjungi website resminya.

Untuk info beasiswa studi di Mesir untuk mahasiswa yang melanjutkan S2 atau S3, terdapat beasiswa dari WAMY (The World Assembly of Moslem Youth), Jeddah. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa muslim yang ingin melanjutkan studinya di Mesir tidak hanya di Universitas Al-Azhar saja, melainkan Universitas lain yang ada di Mesir.

Beasiswa lain yang tak kalah bergengsi adalah IsDB Scholarship yang ditawarkan oleh Islamic Development Bank atau Bank Pembangunan Islam mulai dari S1, S2, S3, sampai beasiswa postdoctoral dan riset. Anda bebas memilih ingin masuk di Universitas baik di dalam maupun di luar negeri termasuk Mesir. Untuk informasi selanjutnya mengenai cara mendaftar, dan persyaratan yang harus dipenuhi Anda dapat mengunjungi website resminya.

Tips Memilih Beasiswa sesuai Kebutuhan

Beasiswa banyak jenis dan macamnya, dan semua itu bisa Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan. Info beasiswa di Mesir juga seperti itu banyak jenis dan macamnya tinggal bagaimana cara kita agar mendapatkannya. Mulai dari beasiswa penghargaan karena pencapaian yang Anda raih, sampai beasiswa karena tidak mampu pun ada.

Beasiswa akan mudah And a raih jika memiliki prestasi, keahlian, serta softskill yang mumpuni. Ditambah lagi di jaman yang semakin modern ini bukan hal sulit untuk mendapatkan beasiswa. Salah satunya di Mesir, yang memiliki Universitas yang terkenal dalam kajian keislamannya yaitu Universitas Al-Azhar yang bisa kamu dapatkan dan ikuti seleksinya dengan mudah karena telah bekerja sama dengan pihak Indonesia. Inilah info beasiswa studi di Mesir yang bisa Anda dapatkan.

Keputusan untuk mendaftarkan diri pada jalur beasiswa tertentu bukanlah hal yang bisa didapatkan secara instan. Anda harus melewati berbagai proses tes seleksi dan butuh pemikiran yang matang karena tanggung jawab yang nantinya akan diemban ketika menerima beasiswa. Pilihlah beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. sehingga nantinya akan besar peluang Anda untuk lolos dan menerima beasiswa tersebut. Jika Anda memilih beasiswa di luar negeri seperti Mesir, maka Anda harus mempersiapkan sejak dini.

Info beasiswa studi di Mesir sudah banyak tertera beserta syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi. Penting untuk menemukan beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contohnya ketika Anda adalah siswa yang berprestasi dan ingin mencari beasiswa perguruan tinggi tingkat sarjana dan kondisi ekonomi keluarga Anda kurang mampu, maka Anda bisa mencari beasiswa S1, atau beasiswa siswa berprestasi, dan juga beasiswa bagi yang kurang mampu.

Setelah itu, Anda dapat mencari informasi informal yang tidak kalah penting dengan informasi formal atau resmi yang Anda temukan di internet. Anda bisa mencari kontak para alumni penerima beasiswa dan menanyakan seputar pengalaman yang mereka dapatkan ketika berkuliah dan menerima beasiswa, bagaimana cara mendaftar, dan bagaimana tips-tips agar dapat lolos seleksi. Itulah informasi mengenai beasiswa di Universitas yang ada di Mesir. Walaupun lebih banyak menegaskan Universitas Al-Azhar, namun semua universitas di Mesir, Maroko, Sudan, dan Lebanon serentak diadakan oleh Departemen Agama Republik Indonesia. Anda bisa menemukan info beasiswa studi di Mesir melalui internet atau surat kabar.

Jasa translet, terjemahan, penerjemahan, penerjemah resmi tersumpah on-line bahasa asing terbaik, terpercaya, tercepat, bergaranasi, order terjemahan mudah, buktikan, order terjemahan dari kota, wilayah, daerah, kabupaten, propinsi dan negara manapun, tak lagi ada batas.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?