Untuk Anda yang masih ragu dengan info beasiswa sekolah di Perancis yang terbaru, maka jangan risau lagi. Karena kini kami punya berita terbarunya untuk Anda yang berencana melanjutkan studi di Eropa, khususnya di negara Perancis. Karena negara ini menjadi salah satu negara yang paling sering dituju mahasiswa dari mancanegara yang ingin melanjutkan studinya.

Jasa penerjemah bahasa perancis
Foto : Ilustrasi

Hal ini terjadi karena kualitas pendidikan di negara Perancis terkenal sangat baik dan biaya perkuliahannya juga dianggap cukup terjangkau. Karena, saat ini pemerintah Perancis telah memberikan bantuan pendidikan hingga sebesar 90%. Selain itu, masih ada lagi beasiswa yang masih terbuka yang bisa Anda ikuti agar mimpi Anda bisa menjadi kenyataan untuk menempuh pendidikan di Perancis tanpa memusingkan masalah biayanya.

Beberapa universitas yang membuka program beasiswa di Perancis adalah Paris College of Art, University of Bordeaux, Toulouse 1 Capitole University, Le Cordon Bleu, SKEMA Business School, Audencia Business School, Universite de Lorraine dan juga Ecole Polytechnique. Semua info beasiswa sekolah di Perancis yang telah disebutkan berikut ini terbuka untuk umum. Sehingga, Anda juga berpeluang besar mendapatkan beasiswa ini.

Info Beasiswa Studi di Perancis Berdasarkan Tingkat Pendidikan dan Jurusannya

Ada banyak info beasiswa kuliah di Perancis yang bisa Anda dapatkan saat Anda ingin menempuh pendidikan di Perancis. Sehingga, Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satunya adalah beasiswa Eiffel Excellence. Beasiswa ini diberi permintah Perancis lewat Kementrian Luar Negeri Perancis untuk memberi peluang pada pelajar internasional agar dapat melanjutkan studi di tingkat Ph.D dan Master di universitas Perancis.

Jurusan yang ditawarkan dalam program beasiswa ini adalah hukum, ekonomi, beserta jurusan Manajemen. Sedangkan, di tingkat master, Anda bisa menempuh pendidikan pada jurusan ilmu teknik. Sedangkan untuk jenjang Ph.D bisa mengikuti jurusan ilmu Sains yang lingkupnya jauh leibh luas. Misalnya saja, seperti ilmu pasti, ilmu teknik, matematika, kimia, fisika, ilmu kehidupan, ilmu bumi, nano dan bioteknologi, TIK dan lain-lain.

Bila Anda berhasil meraih beasiswa ini, Anda akan mendapat tunjangan 1.181 Euro/ bulan untuk tingkat pendidikan master. Sedangkan, di tingkat Ph.D bisa mendapat tunjangan sebanyak 1.400 Euro. Selain itu, masih ada fasilitas yang lainnya yang ditawarkan dalam program beasiswa ini. Misalnya saja, seperti tingkat keberangkatan ke negara Perancis dan kepulangan ke negara Indonesia.

Masih ada fasilitas berupa, jaminan sosial untuk penerima beasiswa yang usianya melebihi dari 28 tahun, asuransi kesehatan untuk mahasiswa yang usianya kurang 28 tahun, kegiatan untuk mengenal kebudayaan lebih jauh dan tunjangan tempat tinggal. Namun, satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa tunjangan ini tidak termasuk biaya pendaftaran ke dalam universitas ataupun biaya untuk perkuliahan.

Namun meskipun begitu, Anda tak perlu ragu, mengingat bila Anda sudah masuk ke dalam universitas di Perancis, maka negara akan memberikan tunjangan untuk uang kuliah sebanyak 10.000 Euro/ tahun. Biaya untuk uang kuliah ini diberikan untuk mahasiswa internasional dan juga mahasiswa Perancis. Namun, Anda harus daftar ke universitas dulu agar bisa mengajukan beasiswa ini. Tanpa itu, Anda tidak bisa mengajukannya.

Beasiswa Erasmus +, menurut info beasiswa kuliah di Perancis, beasiswa ini diselenggarakan Uni Eropa untuk pelatihan, pendidikan, olahraga, dan juga kepemudaan bagi siswa yang bukan dari Eropa. Jadi, beasiswa ini nanti berlaku bagi siswa yang mau melanjutkan pendidikan ke Perancis. Sedangkan tingkat pendidikan yang bisa mendapatkan beasiswa ini adalah Doktorat multilateral, Master, dan proyek kerjasama yang spesifik.

Bahkan, di Indonesia sendiri ternyata sudah ada sebanyak 266 siswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ini. Dimana ada 248 mendapat beasiswa di tingkat master, sedangkan 16 beasiswa untuk penelitian dan pengembangan pengajaran dan sisanya adalah beasiswa yang diberikan dijenjang doktorat. Bila Anda berhasil mendapatkan beasiswa ini, Anda akan mendapat 24.000 Euro/ tahun untuk tingkat Master.

Sedangkan untuk program 2 tahun master mendapat  48.000 Euro. Jumlahnya ini meliputi biaya kuliah sebanyak 8.000 Euro per tahun, biaya hidup senilai 12.000 Euro per tahun dan juga mobility cost yang meliputi biaya perpindahan negara selama studi dan biaya pesawat senilai 4.000 Euro per tahun. Tentu saja jumlah uang yang didapatkan cukup banyak untuk mengikuti program beasiswa ini.

Beasiswa LPDP-BPI – Jenis beasiswa yang satu ini merupakan program yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan dana studi untuk jenjang Doktoral dan Magister, baik untuk dalam negeri dan juga luar negeri. Salah satu negara yang mendapatkan beasiswa ini adalah di Perancis. Dimana disini tersedia 17 universitas di Perancis yang masuk ke dalam universitas LPDP.

Info Beasiswa Studi di Perancis tentang Persyaratan yang Harus Dipenuhi

  • Agar mendapatkan beasiswa di Perancis, persyaratannya adalah Anda harus bukan dari warga negara Perancis atau bukan juga berkewarganegaraan ganda bersama dengan negara Perancis. Selain itu, batasan usia maksimalnya adalah 30 tahun bagi pelamar yang ingin menempuh program Master atau setidaknya berusia maksimal 35 th untuk Anda yang mengajukan beasiswa dalam jenjang tingkat pendidikan PhD.
  • Untuk aplikasi beasiswanya sendiri tidak dapat Anda ajukan sendiri. Karena, menurut info beasiswa sekolah di Perancis, Anda baru bisa mengajukan program beasiswa saat Anda sudah diterima ke dalam lembaga perguruan tinggi di negara Perancis. Selain itu, program beasiswa ini nanti hanya bisa digunakan untuk mahasiswa yang ingin menempuh tingkat pendidikan Ph.D, Sekolah Teknik, dan juga Master saja.
  • Jika Anda sudah mendapat beasiswa dari pemerintah Perancis yang berasal dari program beasiswa yang lainnya, maka Anda tidak dapat mengajukan program beasiswa Eiffel. Karena beasiswa ini hanya untuk 1 jenis beasiswa saja. Sementara itu, jika Anda ingin mengajukan beasiswa dalam program Master dan sebelumnya ditolak dalamproses seleksinya, maka Anda tetap tidak bisa mengikuti beasiswa.
  • Hal tersebut berlaku sama, meskipun Anda telah mendaftar kembali dalam bidang studi yang tidak sama dengan sebelumnya. Tak hanya itu saja, menurut info beasiswa kuliah di Perancis, jika Anda sebelumnya pernah mendapat beasiswa Eiffel di tingkat Master, maka Anda tidak bisa mendapatkan beasiswa ini kembali dijenjang yang sama lagi.
  • Untuk Anda yang ingin mengajukan program beasiswa di tingkat Ph.D, maka Anda hanya bisa mengajukannya bila sebelumnya Anda sudah pernah mendapat beasiswa pada tingkat Master. Barulah setelah itu Anda bisa mendaftar di tingkat Ph.D. Itupun Anda harus memiliki kemampuan bahasa yang memang dibutuhkan di setiap program studi pilihan Anda.

Info Beasiswa Studi di Perancis Berdasarkan Cara Pendaftarannya Agar dapat mendaftarkan diri ke dalam beasiswa dari Eiffel Scholarship, maka prosesnya tidak bisa dilakukan sendiri. Namun, lewat institusi perguruan tinggi tujuan Anda. Maka dari itulah, daftarkan diri dulu Anda ke dalam universitas pilihan Anda berdasarkan program studinya, setelah itu Anda akan mendapat surat penerimaan atau LoA. Dari sinilah berdasarkan info beasiswa studi di Perancis, Anda sudah bisa mengajukan beasiswa.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?