Sekarang ini banyak info beasiswa kuliah di Rusia yang beredar dimana-mana. Karena jumlah peminat yang mencari beasiswa untuk menempuh pendidikan disana semakin banyak. Bahkan, sekarang ini ada salah satu universitas swasta yang ada disana yang juga menawarkan beasiswa untuk jurusan IT dalam tingkat pendidikan kuliah S1 dan S2. Universitas itu, bernama Innopolis University.

Jasa penerjemah bahasa rusia - indonesia, indonesia - rusia
Foto : Ilustrasi

Universitas ini fokus pada penelitian dan pendidikan di bidang jurusan Robotika dan IT.  Bahasa yang dipakai dalam praktik perkuliahan nantinya menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itulah, jika Anda tertarik untuk mengikuti program beasiswa di universitas ini, sebaiknya asah kemampuan berbahasa Inggris Anda. Selanjutnya, ikuti beberapa tes seperti TOEFL dan sejenisnya untuk mendukung proses pendaftarannya nanti.

Point Penting dari Info Beasiswa Studi di Rusia

Seperti yang telah diketahui, bahwa jalur beasiswa merupakan salah satu cara yang paling hemat untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri, termasuk di Rusia. Selain itu, cara ini juga bisa meningkatkan hubungan di antara negara dan bisa meningkatkan jumlah jatah beasiswa di negara yang bersangkutan. Karena ini adalah deretan proses dari pemberian jatah beasiswa di setiap tahunnya.

Bahkan, berdasarkan pusat kebudayaan Rusia beserta Kementrian Pendidikan Federasi Rusia ternyata belum lama ini telah membuka pendaftaran beasiswa untuk calon mahasiswa. Para calon mahasiswa ini nanti harus menyerahkan semua dokumen ke pusat kebudayaan Rusia yang ada di Jakarta. Beberapa dokumen itu meliputi ijazah akademis, rekomendasi dari universitas atau sekolah, transkrip nilai sah dari sekolah ataupun universitas sebelumnya.

Selain itu, berdasarkan info beasiswa kuliah di Rusia, untuk bisa mendaftarkan diri ternyata juga harus ada surat keterangan medis tentang kondisi kesehatan, surat persetujuan dari orang tua, FC akta kelahiran, 10 lembar pas photo sesuai dengan paspor dan juga harus memiliki paspor terlebih dahulu. Jadi, sekarang ini proses pengumpulan dokumennya lebih praktis.

Karena sekarang ini setiap pusat Kebudayaan Rusia secara aktif ikut membantu calon pemegang beasiswa. Jadi, ini berbeda sekali dengan proses pendaftaran di zama dahulu. Dimana Anda harus menunggu adanya undangan dari pihak universitas dulu yang mau dituju, setelah itu harus membeli dulu tiketnya ke Rusia, dan juga harus membuat visa sendiri terlebih dahulu.

Untuk proses penerimaan beasiswa nanti dibutuhkan waktu paling lama 3 bulan. Barulah kemudian bila setiap dokumennya sudah diserahkan, maka calon pemegang beasiswanya nanti harus melewati proses wawancara dulu. Ini adalah tahapan yang terpenting. Jika tempat tinggal calon mahasiswa jauh dari tempat wawancara, maka proses wawancaranya bisa dilakukan via Skype dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Setelah proses wawacara berlangsung, maka selang beberapa hari kemudian nama kandidat yang berhasil lolos seleksi akan langsung diumumkan. Namun, khusus untuk beasiswa ini tidak termasuk biaya transportasi menuju ke Rusia. Jadi, Anda harus membeli tiket pesawat sendiri dulu. Selanjutnya, Anda akan mendapat uang senilai 1.200 rubel atau setara dengan 211 ribu rupiah setiap bulan.

Jumlah ini memang tidak cukup banyak, khususnya melihat taraf hidup Moskow yang cukup tinggi. Namun meskipun begitu, para peserta dari Indonesia nanti akan mendapatkan kiriman uang saku dari Lembaga Penyaluran Dana Pendidikan dari Indonesia senilai 300 USD di setiap bulan untuk mahasiswa dari program Magister dan juga Aspirantura yang sedang belajar di Rusia.

Hal ini sudah disampaikan ke dalam info beasiswa kuliah di Rusia yang terbaru. Dimana cakupan beasiswa yang diberikan nanti meliputi 100% jaminan uang perkuliahan senilai 600.000 rubles atau setara dengan 131 juta rupiah setiap semester untuk program S1. Sedangkan, untuk program S2 akan diberikan sebanyak 153 juta rupiah/ semester atau setara dengan 700.000 rubles.

Itupun nantinya masih ada tunjangan lagi sebanyak 200 USD hingga 700 USD di setiap bulan, tergantung dari program studi yang ditempuh dan prestasi akademiknya. Beasiswa ini juga meliputi asrama kampus untuk menghemat biaya hidup. Sedangkan, program jurusan studi yang tersedia dalam beasiswa ini adalah Computer Science untuk pendidikan S1 dan pendidikan S2 ada jurusan Software Engineering, Data Science, robotics, SNE.

Info Beasiswa Studi di Rusia Ditinjau dari Persyaratannya

  • Menurut info beasiswa sekolah di Rusia yang sudah ada, persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat mendaftarkan diri ke dalam program beasiswa di Rusia adalah harus bisa berkomunikasi ke dalam bahasa Inggris, setidaknya harus berada dalam level Intermediate untuk minimalnya. Selain itu, Anda juga harus bisa bahasa pemrograman berdasarkan persyaratan yang diminta di setiap program studi.
  • Setiap calon pelamar harus mempunyai prestasi dan pengalaman di bidang Robotika atau IT. Untuk persyaratan khususnya di setiap program studi bisa ditanyakan langsung pada web resminya. Selanjutnya, Anda tinggal mempersiapkan beberapa berkas dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa ini berbentuk softcopy, yang meliputi CV, surat rekomendasi, letter of motivation, ijazah atau transkrip nilai dan juga deskripsi proyek.
  • Dari info beasiswa sekolah di Rusia, semua dokumen yang masih memakai bahasa Indonesia harus diterjemahkan dulu menjadi bahasa Inggris memakai jasa penerjemah yang tersumpah. Selanjutnya, buat setiap file yang telah discan tidak boleh melebihi hingga 2 MB. Barulah setelah itu, Anda bisa mencoba melakukan pendaftaran beasiswa sesuai dengan minat jurusan dan tingkat pendidikannya.

Info Beasiswa Studi di Rusia Beserta Cara Pendaftarannya

Untuk proses pendaftarannya sendiri dimulai dari membuka situs resminya dan buat akun dulu. Kemudian isi data yang telah diminta, termasuk harus mengupload berkas dokumen yang dibutuhkan. Deadline untuk pendaftaran di tahun ini ditunggu hingga 1 Mei 2019. Proses seleksinya bisa meliputi tes online, wawancara lewat skype berdasarkan perwakilan universitas, wawancara dengan profesor Innopolis University yang kedua.

Selanjutnya, peserta juga harus menyelesaikan tes bahasa Inggris dulu, disertai dengan melampirkan sertifikat bahasa Inggris, seperti IELTS, TOEFL, dll. Dalam hal ini, selain program beasiswa ini diberikan untuk tingkat pendidikan S1 sampai dengan S3, masih ada program pelatihan hingga 10 bulan berdasarkan spesialisasi yang ditekuni calon peserta. Misalnya saja, seperti guru, dosen, dan pekerjaan profesional yang lain.

Namun, berdasarkan info beasiswa sekolah di Rusia khusus dalam program pelatihan ini nanti tidak ada yang namanya kuliah bahasa Rusia. Sehingga, setiap pendaftar hanya harus memahami beberapa kata khusus pada bidang yang akan ditempuh. Barulah nanti Anda bisa mencoba melakukan pendaftaran sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan secara online. Jika Anda berhasil lolos, maka akan ada pemberitahuan via email langsung. Untuk bisa mendapatkan program beasiswa di Rusia, Anda bisa melakukan pendaftarannya secara online di situs resmi yang tersedia untuk penerimaan mahasiswa asing yang ingin belajar di Rusia. Untuk pengisian aplikasi dan berkasnya bisa dilakukan sebelum deadline yang ditentukan sampai kuotanya terpenuhi. Dimana di tahun yang lalu jumlah kuota yang ditawarkan berdasarkan info beasiswa studi di Rusia sebanyak ratusan orang.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?