Info beasiswa di Singapura semakin banyak dicari akhir-akhir ini. Menjadi salah satu negara yang memiliki sitem pendidikan terbaik di Asia. Membuat Singapura banyak diburu oleh para pelajar dari berbagai penjuru dunia sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Pemerintah Singapura sangat memperhatikan dunia pendidikan. Hal inilah yang membuat kualitas pendidikan di negara Singapura menjadi salah satu sistem pendidikan yang terbaik di Asia.

Jasa penerjemah bahasa asing tersumpah
Foto : Ilustrasi

Menjadi pelajar di Indonesia yang telah mengenyam dunia pendidikan sejak kecil. Pasti ada harapan serta impian untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Akan tetapi, kendala yang pasti dihadapi apabila ingin melanjutkan sekolah di luar negeri adalah masalah biaya. Terlebih melanjutkan di Singapura, negara maju satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Mencari beasiswa menjadi pilihan terbaik untuk melanjutkan kuliah di Singapura. Untuk itu, inilah beberapa info beasiswa sekolah di Singapura.

Singapore International Graduate Award (SINGA)

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke S3, Singapora International Graduate Award (SINGA) dapat menjadi bahan pertimbangan. Beasiswa ini terbuka umum bagi pelajar internasional yang ingin mengambil gelar doktor riset (PhD) yang ingin melanjutkan studi di Singapura. Beasiswa ini akan diberika penuh selama 4 tahun hingga mendapat gelar PhD, masih ditambah tunjangan biaya hidup dan biaya penelitian.

Universitas dan Bidang Penelitian

Info beasiswa kuliah di Singapura melalui SINGA ini sangat bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan. Program beasiswa ini berkolaborasi dengan beberapa lembaga serta universitas terbaik di Singapura. Perguruan tinggi terbaik tersebut diantaranya Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), serta Singapore University of Technology and Design (SUTD). Beasiswa ini berfokus pada calon penerima beasiswa yang ingin melakukan penelitian di bidang Biomedical Science serta Physical Science and Egineering.

Persyaratan dan Cara Mendaftar

Bagi anda yang sudha menyelesaikan gelar S2, jangan ragu untuk mencoba SINGA karena setidaknya setiap tahun telah dialokasikan dana untuk 240 penerima beasiswa. Menariknya lagi beasiswa ini tanpa dibatasi umur. Info beasiswa di Singapura ini ditujukan secara umum kepada semua pelajar internasional di luar Singapura. Syarat lainnya yaitu mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang bagus baik secara lisan maupun tulisan serta surat rekomendasi.

Informasi beasiswa studi di Singapura melalui SINGA selanjutnya tentang cara mendaftar. Sebelumnya anda harus mempersiapkan dkuemn yang dibutuhkan, yaitu :

  1. Kartu identitas berupa KTP atau paspor
  2. Pas foto terbaru ukuran paspor
  3. Transkrip nilai pada jenjang S1 dan juga S2
  4. Ijazah pada jenjang S1 serta S2, apabila belum ada dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL)
  5. Surat rekomendasi dari 2 ahli
  6. Sertifikat bahasa asing seperti GRE, IELTS, TOEFL, SAT I dan II, atau GATE. Minimla skor sertifikat bahasa asing ini bergantung dari masing-masing universitas.

Cara pendaftarannya cukup mudah, anda hanya perlu melengkapi semua berkas-berkas dan dokumen. Pendaftaran dilakukan secara online melalui web beasiswa PhD Singapura. Ikutilah semua petunjuk pendaftaran dalam web tersebut. Anda juga akan dibimbing untuk memilih bidang doktoral yang akan anda ambil. Pembukaan pendaftaran biasanya dilakukan pada akhir tahun. Jadi segeralah persiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan.

Science & Technology Undergraduate Scholarship NUS

Info beasiswa sekolah di Singapura yang selanjutnya berasal dari National University of Singapore (NUS). Peluang ini diberikan kepada pelajar internasional di luar negara Singapura untuk melanjutkan studi S1 di NUS. Khususnya negara-negara di kawasan Asia, sehingga Indonesia termasuk di dalamnya. Beasiswa ini berfokus pada bidang sains dan teknologi sehingga diberi nama Science and Technology Undergraduate Scholarship.

Program Studi

National University of Singapore mempunyai banyak sekali program studi yang diajarakan. Akan tetapi untuk beasiswa ini difokuskan pada beberapa program studi, diantaranya sebagai berikut.

  • Biomedical Engineering
  • Chemical Engineering
  • Civil Engineering
  • Computing Business Analytics
  • Computer Science Courses
  • Information Systems
  • Information Security
  • Data Scinece and Analytics
  • Computer Engineering
  • Food Science & Technology
  • Dan berbagai program studi dalam bidang sains dan teknologi lainnya

Persyaratan dan Cara Mendaftar

Info beasiswa kuliah di Singapura melalui jalur beasiswa NUS selanjutnya terkait persyaratan. Beasiswa NUS ini memiliki persyaratan pendaftaran beasiswa yang cukup mudah. Calon penerima beasiswa haruslah warga negara dari negara di kawasan Asia. Memiliki potensi kepemimpinan yang kuat. Tidak hanya kegiatan akdemik, tapi juga aktif dalam kegiatan co-kuler. Memiliki prestasi yang luar biasa selama SLTA, serta berkompeten untuk masuk ke program gelar sarjana di NUS.

Cara mendaftar beasiswa ini tidak rumit, Anda tidak peru membuat aplikasi terpisah antara mendaftar beasiswa dan mendaftar NUS. Apabila anda sudah mendaftar ke NUS, maka secara otomatis anda akan dipertimbangkan untuk menerima beasiswa. Jadi langkah pertama anda harus mendaftar secara online terlebih dahulu pada halaman resmi NUS. Kemudian lengkapilah semua dokumen yang diminta. 

Setelah anda sudah submit semua dokumen pendaftaran dan sudah dinyatakan terdaftar, pihak NUS akan mulai memerikasa dokumen anda. Apabila dinyatakan layak memperoleh beasiswa, anda akan masuk ke dalam list penerima beasiswa. Tahap selanjutnya adalah menunggu pemberitahuan seleksi wawancara yang diinformasikan melalui email. Pembukaan pendaftaran biasanya dilakuan pada akhir tahun, jadi persiapkan terlebih dahulu segala persyaratannya.

Lee Kuan Yew Fellowship

Info beasiswa di Singapura untuk selanjutnya berasal dari LKY School, atau Lee Kuan Yew School. LKY School merupakan salah satu bagian dari National University of Singapore. Sebagai unibersitas nomer 1 di Asia, NUS memiliki banyak fakultas dan juga sekolah dan salah satunya adalah LKY School ini. LKY School memberikan beasiswa pada jenjang S2 yang biasa disebut LKY Fellowship. 

Program Studi

Beasiswa ini dikhususkan hanya untuk program MPM (Master in Publik Management). Jadi, beasiswa ini hanya dikhususkan untuk program S2 Manajemen Publik. Apabila anda ingin melanjutkan studi master bidang studi manajeman publik, beasiswa ini dapat menajdi bahan pertimbangan. Tidak hanya mengcover biaya kuliah, beasiswa ini juga memberikan tunjangan hidup bulanan dan tunjangan lainnya untuk keperluan kuliah.

Persyaratan dan Cara Mendaftar

Beberapa persyaratan harus anda penuhi untuk mendaftar LKY Fellowship, diantaranya sebagai berikut.

  1. Ijazah serta transkrip nilai S1
  2. Sertifikat bahasa Inggris dengan skor minimal, TOEFL IBT 100, TOEFL pBT 600, atau IELTS 7.0
  3. Anda juga harus mengikuti tes GMAT/GRE dan melampirkan hasilnya
  4. Resume serta CV yang lengkap
  5. Dua buah esai, 400 kata serta 600 kata degan menjawab pertanyaan yang disediakan di web resmi LKY
  6. Surat rekomendasi dari 2 ahli dalam bahasa Inggris
  7. Menceritakan jenjang karir saat ini.

Semua dokumen tersebut dikirim saat anda melakukan pendaftaran secara online di web resmi LKY. Jangan lupa untuk memilih program MPM (Master in Public Management) dan dicantumkan bahwa pelamar membutuhkan bantuan finansial. Setelah terdaftar anda akan diuhubungi lagi untuk seleksi selanjutnya. Demikian pembahsan tentang info beasiswa studi di Singapura. Banyak sekali beasiswa yang dapat anda cari untuk dapat melanjutkan studi di Singapura. Mulai dari beasiswa kuliah S1, S2, hingga S3 dapat anda peroleh. Setiap beasiswa pasti terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda harus jeli melihat ketentuan dan persyaratan dari setiap beasiswa sebelum mendaftar. Semoga dengan artikel tentang info beasiswa sekolah di Singapura ini dapat bermanfaat untuk anda.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?