Berbicara tentang info beasiswa kuliah di Spanyol ini tentu saja akan sangat menarik sekali. Mengingat negara Spanyol merupakan salah satu negara dari Uni Eropa yang kaya sekali dengan budaya dan sejarahnya. Bahkan, negara ini telah berhasil menjadi destinasi terpopuler bagi para wisatawan mancanegara di dunia. Di luar dari itu, ternyata negara ini juga menjadi destinasi pendidikan bagi semua mahasiswa.

Jasa penerjemah bahasa spanyol - indonesia, indonesia - spanyol
Foto : Ilustrasi

Banyak mahasiwa yang berasal seluruh dari penjuru dunia ingin melanjutkan studinya disini. Karena memang daya tariknya sangat luar biasa. Jumlah universitas disini ada sebanyak 774 uiversitas. Dimana beberapa di antaranya adalah universitas paling tua di Eropa. Disamping itu, bahasa Spanyol sendiri juga merupakan bahasa yang paling penting di dunia. Biaya untuk kuliahnya sekitar 5.500 Euro/ semester.

Macam-macam Info Beasiswa di Spanyol

Ada banyak jurusan yang bisa diambil ketika Anda ingin mencoba mengaplikasikan info beasiswa kuliah di Spanyol yang disebutkan berikut. Dimana beberapa jurusan tersebut terbagi atas beberapa tingkatan pendidikan. Maka dari itulah, agar Anda tidak bingung untuk memilih manakah jenis beasiswa yang paling cocok untuk Anda sesuai dengan bidang studi di Spanyol, sebaiknya simak beberapa di antaranya di bawah ini:

Erasmus Mundus Joint Courses – Program studi yang satu ini menawarkan sebuah beasiswa untuk calon mahasiswa yang berhasil diterima dalam jurusan ini. Hal penting yang harus Anda perhatikan ketika mengikuti program beasiswa disini adalah Anda harus mengikuti perkuliahan pada beberapa universitas yang ada dari berbagai negara. Keharusan ini dibuat agar para mahasiswa bisa merasakan atmosfir akademik beserta budaya di Eropa.

Ketika mulai menulis jurnal, maka akan dihadirkan sebanyak 100 joint courses untuk Anda yang ingin menempuh di tingkat pendidikan magister. Sedangkan, jika ingin menempuh di tingkat doktoral akan ada 8 jount courses. Sementara itu, sisanya sebanyak 49 program magister akan menawarkan program belajar berdasarkan rute menuju universitas yang terdapat di negara Spanyol.

LPDP – Beasiswa ini merupakan beasiswa pendidikan yang dibuat oleh 4 kementrian yang ada di Indonesia. Bahkan, setiap tahunnya selalu ada beasiswa ini untuk menempuh program doktoral dan magister yang ada di luar negeri. Nama lengkap dari beasiswa ini adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia. Namun, beasiswa ini kerap disebut juga dengan sebutan sebagai beasiswa LPDP hingga sekarang.

Alliance 4 Universities – Program ini menawarkan pertukaran pelajar dari 3 bulan sampai dengan 5 bulan untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan di tingkat S2 di UAM, UAB, UC3M, dan juga UPF. Namun sayangnya, peluang ini masih dibatasi untuk mahasiwanya. Beberapa universitas yang telah menawarkan program beasiswa ini adalah ITB, UNAIR, BINUS, UGM, UM Yogyakarta dan juga Telkom.

MFP Fellowship – Ini adalah program beasiswa untuk Anda yang ingin menempuh gelar doktor untuk 50 kandidat  yang telah terpilih oleh URV atau universitat Rovia i Virgili, yang ada di Tarragona. Untuk calon kandidatnya tidak dibatasi, bisa berasal dari seluruh penjuru dunia. Salah satunya boleh juga dari negara Indonesia. Karena sifat dari beasiswa ini adalah transparan, terbuka dan unggul.

Dana beasiswa ini berasal dari Uni Eropa lewat program European Union’s Horizon 2020 dan juga MSCA dengan nomor 713679 yang terfokus pada pilar tiga i MSCA. Yaitu, harus interdisiplin, internasional dan juga intersektoral. Dimana setiap kandidatnya nanti tidak sekedar melakukan sebuah penelitian saja di URV, namun mereka juga bisa bekerja secara magang.

Kemudian, melakukan penelitian, dan bekerja di banyak industri dan universitas di Uni Eropa. Disamping itu, program beasiswa ini ternyata juga didukung Fundacio Catalunya La Pedrera, Banco Santader dan juga IRTA. Untuk bidang penelitian yang akan didanai ini hampir meliputi semua bidang pendidikan, termasuk teknologi, sains, seni, kesehatan, ilmu sosial, kemanusiaan, dan hukum.

Beasiswa InnoEnergy – Berdasarkan info beasiswa kuliah di Spanyol, khusus untuk beasiswa yang satu ini adalah program yang diberikan secara penuh untuk mereka yang menempuh pendidikan di tingkat S2 untuk calon mahasiswanya yang berprestasi pada 2 universitas pada 2 negara. Salah satu universitas yang menawarkan program beasiswa ini adalah Polytechnic University of Catalonia yang berada di Barcelona, di Spanyol.

Persyaratan Info Beasiswa di Spanyol

  1. Harus merupakan WNI yang sudah lulus S1 atau lulus S2 dengan usia paling tua adalah 35 tahun untuk program magister. Sedangkan, untuk program doctor hanya bisa didaftarkan untuk mereka yang berusia kurang dari 40 tahun. Itupun harus disertai dengan kesehatan rohani dan jasmani yang sehat, bebas narkoba ataupun pelanggaran hukum yang lainnya.
  2. Nilai IPK paling sedikit senilai 3.25, itupun Anda masih harus mempunyai surat rekomendasi dan saat ini tidak menerima bantuan beasiswa yang lainnya. Tak hanya itu saja, Anda masih harus punya rencana studi dan juga menulis essay berdasarkan temanya. Untuk nilai TOEFL paling sedikit dengan LoA adalah 500, sedangkan nilai TOEFL yang bisa mendapatkan beasiswa ini 550 tanpa LoA.

Info Beasiswa di Spanyol dan Cara Pendaftarannya

Sebenarnya menurut info beasiswa sekolah di Spanyol yang sudah ada, untuk proses pendaftarannya ini dapat Anda lakukan secara online lewat situs resminya. Jadi, jika Anda masih baru dan belum pernah mendaftarkan diri ke dalam beasiswa, Anda harus membuat akun dulu. Setelah itu, jangan lupa untuk memenuhi data yang memang dibutuhkan ke dalam formulir pendaftaran yang tersedia.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengupload berkas-berkas dokumennya sesuai dengan yang telah ditentukan dalam program beasiswa ini. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk melakukan scan pada berkas dokumen Anda berdasarkan persyaratan yang ditentukan. Adapun untuk proses seleksinya nanti harus melewati beberapa tahapan berikut. Yang meliputi, harus melewati proses seleksi administrasi lebih dulu.

Proses seleksi administrasi ini menurut info beasiswa sekolah di Spanyol adalah dimana akan dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dan juga persyaratan yang lain. Sedangkan untuk pengumuman lolos atau tidaknya akan disampaikan secara online lewat akun pendaftaran yang Anda lakukan secara online. Kemudian, jika Anda berhasil lolos, maka Anda harus melewati proses seleksi berbasis komputer.

Untuk tes yang diujikan ke dalam beasiswa ini, meliputi soft kompetensi, tes potensi akademik dan juga on the spot writing. Setelah itu, barulah akan dilanjutkan pada proses pengumuman dari hasil seleksi komputer ini. Barulah jika Anda berhasil lolos, Anda harus melewati proses seleksi substansi yang terdiri atas verifikasi untuk dokumen asli pendaftaran, wawancara dan juga LGD. Tahapan terakhir berdasarkan beasiswa sekolah di Spanyol adalah proses penetapan kelulusan. Untuk yang satu ini sifatnya adalah mutlak. Jadi, hasilnya tidak bisa diganggu gugat. Untuk hasil kelulusan dari seleksi BPI reguler akan disampaikan secara online. Baik itu lewat email dan lain-lain. Maka dari itulah, pastikan sebelum daftar beasiswa, baca dengan baik tentang info beasiswa di Spanyol yang sudah disampaikan sebelumnya.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?