Apakah Anda sedang mencari info beasiswa studi di Sudan? Sudan sendiri merupakan salah satu negara yang berada di timur benua Afrika. Seperti pada kebanyakan negara lainnya, Sudan juga memberi kesempatan bagi siswa internasional yang ingin melanjutkan studi ke Sudan. Sudan menawarkan beberapa pilihan beasiswa, mulai dari S1, S2 dan S3. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa pilihan beasiswa studi ke Sudan yang bisa Anda pilih.

Beasiswa S1 Sudan Oleh PCI Muslimat NU di International University of Africa

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah
Foto : Ilustrasi

Salah satu beasiswa ke Timur Tengah adalah beasiswa S1 yang ditawarkan oleh Pengurus Cabang Istimewa Muslimat NU Sudan. Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/ Sederajat di Indonesia yang ingin melanjutkan studi Sarjana di International University of Africa. Namun, beasiswa ini hanya untuk pelajar putri saja dan bisa juga untuk lulusan dari pondok pesantren.

International University of Africa merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di wilayah Khartoum, Sudan. Kampus yang sudah didirkan sejak tahun 1977 ini mengusung studi islam sebagai kurikulum utamanya. Disini ada beberapa fakultas yang bisa dipilih oleh para penerima beasiswa, dianatrana Fakultas Adab (Sastra), Fakultas Dirasah Islamiyah (Studi Islam), Fakultas Syariah Wal Qonun (Hukum Islam), Fakultas Tarbiyah (Pendidikan) dan Fakultas Lughat Arabiyah (Bahasa Arab).

Menurut info beasiswa sekolah di Sudan, Penerima beasiswa S1 di International University of Africa ini akan mendapatkan beberapa cakupan beasiswa seperti diantaranya:

  • Gratis biaya pendidikan penuh dengan waktu pendidikan yang ditentukan.
  • Disediakan asrama mahasiswa.
  • Diberikan uang saku bulanan senilai $40 setiap bulannya.
  • Makan 3 kali sehari.

Akan tetapi, beasiswa ini tidak menanggung biaya tiket keberangkatan dan kepulangan dari Jakarta – Khartoum, termasuk biaya visa juga tidak ditanggung. Sehingga calon mahasiswa bisa mencari informasi atau sumber lain untuk pembiayaan yang ini. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa tersebut diantaranya:

  1. Memiliki kemampuan bahasa arab aktif.
  2. Memiliki akhlakul karimah.
  3. Bersedia untuk berkhidamah di PCI Muslimat NU Sudan.
  4. Telah hafal Al-Quran minimal dua juz, juz 29 dan juz 30.
  5. Bersedia untuk melakukan pembayaran administrasi sesuai yang telah ditentukan.
  6. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya.

Selain persyaratan yang sudah disebutkan di atas, calon mahasiswa juga harus melengkapi beberapa berkas dokumen berikut ini dalam bentuk soft copy:

  1. Formulir pendaftaran yang bisa diunduh melalui laman resmi pengelola beasiswa. Untuk tahun ajaran 2019/2020 belum keluar pengumanan resminya.
  2. Scan Ijazah dan transkrip nilai beserta terjemahannya, dengan nilai rata-rata minimum 7
  3. Foto formal
  4. Scan akta kelahiran
  5. Surat keterangan dari rumah sakit yang menyatakan bebas hepatitis dan AIDS
  6. Scan Surat Rekomendasi dari Kantor NU atau Kartu Keanggotaan NU (Kartanu)
  7. Surat rekomendasi dari pesantren atau sekolah asal dengan berbahasa arab
  8. Surat persetujuan dari orang tua/ wali

Bagaimana cara melakukan pendaftarannya? Menurut info beasiswa kuliah di Sudan tahun ajaran yang lalu, calon penerima beasiswa bisa mengumpulkan semua berkas yang dibutuhkan kemudian dikirimkan dalam bentuk softcopy melalui email yang sudah ditentukan. Calon mahasiswa bisa memilih sendiri Program Studi sesuai yang ada di fakultas yang sudah disebutkan sebelumnya.

Beasiswa S1 ke Sudan untuk Lulusan SMA/ Sederajat

Tidak hanya beasiswa dari NU Sudan saja, bagi lulusan SMA/ Sederajat juga bisa memanfaatkan beasiswa S1 untuk ke Sudan dimana beasiswa ini digabung dengan penerimaan beasiswa S1 ke Mesir, Maroko dan Lebanon. Sehingga pendaftarannya pun terpusat melalui Kementerian Agama RI di laman http://diktis.kemenag.go.id. Adapun berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa internasional, diantaranya:

  1. Mengunduh formulir pendaftaran yang disediakan melalui website Kemenag serta mengunduh bukti pendaftaran online.
  2. Pas foto berwarna berukuran 3 x 4 2 lembar.
  3. Melampirkan legalisir ijazah SMA/ Madrasah Aliyah/ Ponpes/ Muadalah/ Kejar Paket C atau sederajat lainnya dengan ketentuan usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun. Bagi yang belum memiliki ijazah bisa menggunakan surat keterangan lulus dari sekolah asalnya.
  4. Semua dokumen yang diperlukan dikumpulkan dalam bentuk hardcopy.
  5. Peserta mengikuti seleksi di tempat-tempat yang sudah ditentukan.

Untuk ujian seleksinya sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu ujian tulis dan ujian lisan. Ujian tulis menggunakan bahasa arab yang meliputi pemahaman teks, tata bahasa dan insya’. Sedangkan untuk ujian lisan juga menggunakan bahasa arab yang meliptuhi kemampuan percakapan, terjemahan dan pemahaman teks serta hafalan bacaan Alquran minimal 2 Juz.

Seluruh informasi mulai dari pendaftaran hingga pengumuman beasiswa ini diinformasikan secara terpusat melalui laman resmi kemenag. Untuk universitas tujuannya sendiri ditentukan setelah calon penerima beasiswa dinyatakan resmi diterima menurut info beasiswa sekolah di Sudan.

Beasiswa S2 Bahasa Arab di KIIFAL (Khartom International Institute for Arabic Language) Sudan

Selain beasiswa S1, info beasiswa kuliah di Sudan juga menawarkan beasiswa pascasarjana Bahasa Arab di KIIFAL. Beasiswa hanya terbatas untuk tidak lebih dari 5 orang mahasiwa Indonesia. Jika Anda lolos seleksi, maka selama studi di KIIFAL Anda akan bertemu dengan mahasiswa internasional lainnya dari berbagai negara mulai dari Filipian, Korea, Malaysia, Kenya, Srilanka, Amerika dan lainnya.

Adapun berikut ini beberapa ketentuan pendaftaran yang harus dipenuhi dan diataati oleh calon mahasiswa:

  1. Ijazah S1 memiliki nilai akumulatif minimal Jayyif (baik) dengan spesifikasi Bahasa Arab-Tarbiyah, Bahasa Arab dan sastra serta Studi Bahasa Jurusan Bahasa Arab.
  2. Mematuhi segala peraturan selama menjalankan studi di KIIFAL.
  3. Mengikuti tes kemampuan bahasa Arab dan pendaftaran ulang pada tanggal yang sudah ditentukan oleh pihak KIIFAL.
  4. Beasiswa ini tidak memberikan tanggungan biaya tempat tinggal dan transportasi, namun diberikan tunjangan biaya hidup setiap bulannya.
  5. Melampirkan berkas-berkas dokumen yang diperlukan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar beasiswa tersebut, berikut berkas-berkas yang harus dilengkapi oleh calon mahasiswa:

  • Daftar Riwayat Hidup/ CV.
  • Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak dua lembar.
  • Mengisi formulir permohonan mahasiswa yang sudah disediakan.
  • Akta kelahiran.
  • Surat Keterangan Berkelakuan Baik.
  • Surat Keterangan Sehat.
  • Rekomendasi dari pihak terkait di Indonesia seperti Kemenag, Universitas, Yayasan dan sebagainya.

Untuk informasi pendaftaran dari beasiswa ini bisa langsung saja melalui Kantor Bidang Pensosbud KBRI Khartoum. Namun untuk tahun ajaran 2019/ 2020 informasi resminya belum tersedia. Demikian info beasiswa di Sudan yang bisa menjadi informasi bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Sudan. Semoga info beasiswa studi di Sudan cukup membantu dan bermanfaat bagi pelajar-pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah | Jasa penerjemah dokumen beasiswa sekolah/kuliah di Sudan

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?