Mendapatkan beasiswa di negara Islam memang menjadi tujuan dari beberapa orang untuk bisa memperdalam ilmu yang sudah dimiliki baik untuk studi S1 maupun master, jadi info beasiswa sekolah di Suriah menjadi salah satu hal yang banyak dicari. Saat ini untuk mahasiswa Indonesia juga memiliki kesempatan untuk memperdalam ilmu di Suriah atau Syria dengan bantuan beasiswa.

Tujuan Beasiswa Kuliah di Suriah

Jasa penerjemah tersumpah
Foto : Ilustrasi

Pada dasarnya beasiswa ini adalah hasil kesepakatan dari Pengurus Pusat Ikatan Alumni Syam Indonesia atau Alsyami bersama dengan Universitas Bilad al-Syam. Namun berdasarkan info beasiswa kuliah di Suriah memang calon mahasiswa hanya diterima untuk jurusan dakwah wa al-I`lam dan syari`ah wa al-Qonun. Jadi untuk anda yang tertarik dengan penawaran beasiswa ini bisa mulai untuk mempersiapkan diri.

Tentu saja dibukanya beasiswa ini bertujuan untuk melakukan penyaringan pada lulusan Madrasah Aliyah, pesantren dan sederajat untuk bisa melanjutkan studinya di Suriah. Dukungan dari para alumni untuk para calon mahasiswa bisa mendapatkan pendidikan lanjutan tentang keislaman di tempat yang tepat, tentunya harus sangat dimanfaatkan dengan baik karena kesempatannya cukup besar.

Proses Pendaftaran Beasiswa Kuliah di Suriah

Untuk bisa melakukan proses seleksi mendapatkan beasiswa ini tentu saja ada proses pendaftaran yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Hal ini tentu saja akan diberikan pada info beasiswa studi di Suriah yang anda kumpulkan. Maka memastikan informasi yang didapatkan itu memang benar adanya tentu sangat penting untuk mempersiapkan diri secara lebih optimal.

Beberapa poin pendaftaran yang harus anda perhatikan berdasarkan info beasiswa studi di Suriah yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan pendaftaran awal yang berisikan biodata melalui dua jalur, yaitu nomor whatsapp yang sudah ada contact person untuk setiap wilayah dan email yang sudah ditentukan.
  • Memberikan lampiran berkas ijazah dilegalisir dari SMA atau pesantren. Namun ada beberapa persyaratan lain terkait ijazah ini yaitu tidak boleh lebih dari 3 tahun usianya dan bagi yang belum lulus bisa meminta surat keterangan lulus sebagai berkas sementara.
  • Jika sudah memiliki paspor mana bisa melampirkan fotokopi paspornya.
  • Semua berkas harus disiapkan dalam bentuk hardcopy untuk dikirimkan ke lokasi seleksi di masing-masing wilayah karena sudah dipersiapkan sebelumnya.

Anda perlu memperhatikan info beasiswa studi di Suriah terbaru terkait jadwal seleksi terbaru yang dikeluarkan. Selain itu, perlu juga diperhatikan bahwa anda harus melakukan seleksi di wilayah domisili masing-masing. Sehingga jangan sampai tertinggal informasi terkait tanggal seleksi hingga tempatnya. Dengan begitu, anda bisa mempersiapkan diri sebelum melakukan proses seleksi beasiswa ke Suriah.

Persiapan Bahan Seleksi Beasiswa Suriah

Untuk proses persiapan sebelum seleksi dilakukan tentu saja anda juga perlu mengetahui apa saja materi yang akan diujikan sebagai bahan pertimbangan. Untuk anda yang merupakan lulusan sekolah Islam atau madrasah mungkin tidak terlalu kesulitan untuk melalui proses seleksinya. Tetapi tentu saja harus tetap dipersiapkan dengan baik pendalaman akan materi yang memang sudah ditentukan.

Berikut beberapa materi yang harus dipelajari sebelum proses seleksi dari info beasiswa sekolah di Suriah yaitu:

  • Ujian lisan akan dilakukan dengan Bahasa Arab dengan materi terjemah, kemampuan percakapan dan pemahaman sebuah teks
  • Ujian tulis juga menggunakan Bahasa Arab tidak hanya untuk tata bahasa, insya` dan pemahaman teks, tetapi juga untuk pengetahuan agama Islam

Dari dua proses seleksi tersebut maka hasilnya akan diumumkan oleh pihak Pengurus Pusat Ikatan Alumni Syam Indonesia sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Jadi anda harus benar-benar mendalami kemampuan berbahasa Arab dan pengetahuan lainnya. Terutama untuk yang bukan lulusan dari sekolah Islam tentu saja harus mempelajarinya dengan baik jika memang ingin melanjutkan studi di Suriah atau Syria ini.

Tidak hanya untuk studi S1 tetapi juga program master yang bisa diambil di Suriah untuk dipertimbangkan. Anda bisa memilih untuk mengambil studi lanjut di bidang teknologi informasi, studi Arab, keuangan, komunikasi, manajemen hingga kriminologi. Tinggal menyesuaikan dengan minat serta keinginan masing-masing. Jaminan pendidikan yang optimal tentu saja akan diberikan oleh universitas yang ada di sana untuk anda.

Fasilitas yang Didapatkan Penerima Beasiswa Suriah

Berbicara mengenai beasiswa ke luar negeri sudah tentu perlu juga dipertimbangkan mengenai berbagai fasilitas yang akan didapatkan. Tentu saja anda perlu mengkonfirmasi hal ini dalam info beasiswa studi di Suriah yang didapatkan. Dengan begitu berbagai kebutuhan lainnya bisa lebih dipersiapkan dengan baik untuk memaksimalkan kenyamanan anda selama melanjutkan studi di sana.

Berikut beberapa fasilitas yang didapatkan oleh penerima beasiswa adalah:

  • Biaya pendidikan yang berkaitan dengan kebutuhan kampus akan ditanggung sepenuhnya.
  • Biaya makan selama menjalankan pendidikan di Suriah.
  • Biaya untuk ijin tinggal atau iqamah sudah dipenuhi dengan baik sampai masa studi selesai.
  • Biaya tempat tinggal dan akomodasi lainnya sudah disediakan. Penerima beasiswa akan tinggal di asrama sehingga tidak perlu mempersiapkan biaya untuk tinggal.
  • Biaya yang perlu anda persiapkan adalah untuk berbagai keperluan pribadi dan tiket perjalanan dari Indonesia ke Suriah. Maka persiapan ini juga perlu dilakukan dari jauh hari agar pas waktu keberangkatan tiket anda sudah siap.

Alasan Banyak yang Memilih Studi di Suriah

Tentunya ada banyak yang memilih Suriah sebagai tempat untuk melanjutkan studi juga berdasarkan berbagai alasan yang menguntungkan. Bahkan ada juga banyak yang memang sudah memiliki guru di Suriah terutama yang memang ingin mengambil program master di sana. Sehingga alasan ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum memutusan mengambil beasiswa di Suriah ini.

Berikut beberapa alasan kebanyakan orang memilih belajar ilmu keislaman di Suriah atau Syria yaitu:

  • Adanya kualitas pendidikan, apalagi untuk ilmu agama Islam yang memang sudah terjamin untuk didapatkan siapapun yang melanjutkan studi di sana. Anda bisa mencari info beasiswa kuliah di Suriah untuk memudahkan studi di sana.
  • Mahasiswa yang kuliah di sana tentu akan merasakan suasana lingkungan di daerah Suriah yang ramah dan menikmati berbagai fasilitas sekitar yang ada.
  • Lingkungan Islam yang otentik dan masih tradisional, sehingga selama belajar di sana tentu anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda serta menarik untuk melengkapi pengalaman selama studi di Suriah.
  • Budaya yang ada di sana juga sangat mendukung budaya keislaman yang membuat anda bisa menikmati suasana serta memaksimalkan proses belajar di Suriah.
  • Biaya hidup yang lebih murah juga menjadi alasan untuk bisa menghemat biaya beasiswa yang diberikan untuk uang saku.

Dengan adanya beberapa alasan tersebut, maka anda bisa mengejar beasiswa yang ditawarkan untuk bisa studi di Suriah. Beragam informasiyang disebarkan harus anda ikuti dengan baik agar tidak sampai tertinggal berita terbaru untuk dipersiapkan sebelum keberangkatan menuju ke Suriah, untuk melanjutkan studi terutama untuk ilmu yang ingin anda dalami, dimulai dari mencari info beasiswa studi di Suriah.

Jasa penerjemah bahasa arab tersumpah | Jasa penerjemah dokumen beasiswa sekolah/kuliah di Suriah

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?