Sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di ASEAN, tak heran jika kemudian info beasiswa sekolah di Thailand senantiasa menjadi salah satu hal yang paling diburu di dunia maya. Negara yang memiliki julukan gajah putih ini memang terbilang beda dengan negara ASEAN lainnya. Pariwisata yang begitu maju menjadikan negara satu ini sebagai salah satu negara paling sejahtera di Asia Tenggara.

Jasa penerjemah bahasa thailand
Foto : Ilustrasi

Tak heran jika kemudian ada banyak akademisi yang menjadikan negara satu ini sebagai tempat menuntut ilmu. Bagi anda yang sedang mencari info beasiswa sekolah di Thailand, ada banyak sekali opsi beasiswa yang bisa anda pilih dari mulai yang ditanggung oleh pemerintah hingga yang ditanggung oleh pihak swasta. Tentunya beasiswa seperti ini bisa menjadi sebuah peluang emas jika anda bisa mendapatkannya.

Perlu anda tahu, pemerintah Thailand banyak bekerjasama dengan jepang dalam membangun kualitas pendidikan dan industri di negara mereka. Karena itu jangan heran jika kualitas pendidikan di negara satu ini jauh melampaui kualitas pendidikan di negara Asia Tenggara lainnya. Tak heran jika kemajuan negara satu ini terbilang sangat signifikan dalam berbagai sektor.

Jenis Beasiswa yang Bisa Anda Pilih untuk Melanjutkan Studi di Thailand

Ada banyak jenis beasiswa yang bisa ada dapatkan jika anda ingin melanjutkan studi di Thailand. Sudah tentu jenis beasiswa ini berasal dari berbagai sponsor. Ada yang berasal dari pemerintah resmi, swasta, atau bahkan dari luar negeri. Jadi anda tidak perlu khawatir kehabisan kuota untuk mendapatkan kuota. Berdasarkan info beasiswa sekolah di Thailand yang terpercaya, ada 7 jenis beasiswa yang bisa anda dapatkan.

1.ASEAN Scholarship

Opsi beasiswa pertama yang bisa anda dapatkan adalah ASEAN Scholarship. Beasiswa satu ini hanya bisa diakses oleh mahasiswa yang berasal dari ASEAN. Dikutip dari berbagai sumber, Beasiswa ASEAN ini merupakan beasiswa terfavorit bagi mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Banyak juga mahasiswa dari negara Asia tenggara lain yang melamar program beasiswa satu ini.

2.ASEAN University Network (AUN) SEED Scholarship

Beasiswa selanjutnya yang bisa anda dapatkan pada saat anda berintensi melanjutkan kuliah di Thailand adalah AUN SEED Scholarship. Bekerja sama dengan JICA, program beasiswa satu ini menyediakan peluang bagi berbagai Universitas yang ada di ASEAN untuk melakukan pertukaran mahasiswa. JICA ini sendiri merupakan salah satu lembaga yang berasal dari Jepang. Setiap tahunnya kurang lebih ada 365 mahasiswa dari seluruh ASEAN yang mengikuti program beasiswa satu ini.

3.His Majesty the King’s Scholarships and Her Majesty the Queen’s Scholarships

Beasiswa satu ini merupakan beasiswa yang hanya ditujukan bagi mereka yang hendak melanjutkan studi S2 dan S3. Program beasiswa satu ini disponsori oleh Royal Thai Government (RTG). Ada banyak info beasiswa kuliah di Thailand yang menyediakan informasi terkait beasiswa satu ini. Jadi anda tidak akan kesulitan untuk mengakses informasi di dalamnya.

4.Graduate Scholarships

Selanjutnya ada Graduate Scholarships yang menjadi salah satu info beasiswa kuliah Thailand terbaik yang bisa anda dapatkan. Program satu ini diperuntukkan bagi para Graduate School dan mereka yang hendak mengambil program pascasarjana. Anda hanya perlu mendapatkan LOA untuk mengakses program beasiswa satu ini. Tak heran jika setiap tahunnya ada banyak mahasiswa yang mengejar program beasiswa satu ini.

5.Research Scholarship

Opsi beasiswa lain yang bisa anda dapatkan jika anda melanjutkan kuliah di Thailand adalah Research Scholarship. Program beasiswa satu ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang butuh biaya operasional untuk melakukan riset. Jadi nantinya program beasiswa akan melakukan covering terhadap semua kebutuhan yang anda perlukan selama proses riset berlangsung. Program Beasiswa satu ini menjadi salah satu program yang paling direkomendasikan untuk anda.

6.Conference Scholarship

Tidak kalah berkualitas, info beasiswa kuliah di Thailand selanjutnya adalah Coneference Scholarship. Beasiswa satu ini ditujukan bagi mereka para akademisi dengan gelar magister dan doktoral yang berencana untuk melakukan publikasi terhadap karya ilmiah yang sudah mereka ciptakan. Khusus bagi anda yang berencana untuk melakukannya di Thailand, anda bisa mengikuti program beasiswa satu ini.

7.Partial Scholarship

Terakhir ada partial scholarship. Beasiswa ini bisa anda dapatkan meski anda masih berstatus kuliah. Jadi beasiswa ini memungkinkan anda untuk memangkas biaya operasional kuliah yang sedang anda jalani. Khusus anda yang berada di Thailand, anda bisa mendapatkan tambahan dana kuliah dengan mengikuti program beasiswa pendidikan satu ini.

Syarat Melamar Beasiswa Kuliah di Thailand Secara Umum

Menurut info beasiswa kuliah di Thailand yang bisa dipercaya, setiap universitas menuntut beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum anda melanjutkan kuliah di tempat mereka. Ada banyak orang yang melamar program beasiswa di Thailand jadi anda juga harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik karena persaingan yang ada di dalam program beasiswa ini sangatlah ketat. Berikut ini persyaratan yang harus anda penuhi jika anda berencana kuliah di negeri satu ini.

Secara umum, tidak ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi jika anda berhasil memenuhi persyaratan administrasi secara lengkap. Terkecuali jika pihak universitas memang meminta persyaratan khusus bagi anda seperti misalnya surat pengantar dosen, atau Surat penerimaan (LOA). Pertama pastikan anda mengikuti rule yang sudah ditentukan oleh pemerintah di negara Thailand ini. Thailand mewajibkan semua peserta beasiswa kembali ke negaranya masing-masing setelah lulus.

Anda juga diharuskan berusia kurang dari 35 tahun dan belum pernah terlibat di dalam tindak kriminal apapun. Hal ini harus dibuktikan oleh SKCK yang dikeluarkan oleh maber Polri. Untuk anda yang hendak mengambil pasca sarjana, anda harus memastikan kalau IPK atau GPA anda berada pada angka minimal 3,25 dari skala 4.

Universitas dan Jurusan Yang Bisa Anda Ambil Melalu program beasiswa Di Thailand

Dikutip dari berbagai situs yang menyediakan info beasiswa studi di Thailand terbaru, berikut ini 10 universitas terbaik di Thailand yang bisa anda jadikan rekomendasi jika anda berencana untuk melanjutkan kuliah di negara gajah putih ini.

  1. Chulalongkorn University
  2. Mahidol University
  3. Thammasat University
  4. Chiang Mai University
  5. Kasetsart University
  6. King Mongkut’s University of Technology Thonburi
  7. Khon Kaen University
  8. Prince of Songkla University
  9. King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang
  10. Suranaree University of Technology

Adapun mengenai jurusan yang bisa anda ambil, ada banyak sekali program yang bisa dipilih. Berikut ini daftar jurusan terbaik dan terfavorit yang bisa anda ambil melalui program beasiswa yang ada di Thailand.

  1. Arsitektur dan Pembangunan – S1, S2
  2. Bisnis dan Manajemen – S1, S2, S3
  3. Humaniora – S1, S2
  4. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi – S1, S2
  5. Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan – S1, S2
  6. Ilmu Sosial dan Media – S1, S2
  7. Ilmu Teknik dan Teknologi – S1, S2, S3
  8. Kesehatan dan Kedokteran – S1, S2

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Sekedar tips, pastikan anda mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibutuhkan dalam proses seleksi beasiswa Thailand ini dengan baik supaya tidak terjadi kesalahan. Akhir kata, kami berharap semoga info beasiswa studi di Thailand ini bisa bermanfaat dan memudahkan proses yang sedang anda lakukan.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?