Info beasiswa kuliah di Jepang dapat menjadi bekal untuk anda melanjutkan studi. Sebagai bahan referensi untuk anda menentukan pilihan negara melanjutkan studi di luar negeri. Memilih negara tempat anda melanjutkan studi juga perlu anda pertimbangkan, agar anda dapat nyaman dan betah belajar di negara tersebut. Berbagai faktor dapat anda pertimbangkan untuk memilih negara tempat anda melanjutkan studi. Seperti faktor sosial budaya perlu dipertimbangkan.

Jasa penerjemah bahasa asing tersumpah
Foto : Ilustrasi

Negara Jepang yang terkenal akan sistem pendidikannya akan menjadi negara yang cocok untuk menuntut ilmu. Selain menuntut ilmu, menikmati keindahan alam serta budaya Jepang akan menjadi bonus melanjutkan studi di Jepang. Terlebih apabila anda dapat menerima beasiswa dalam melanjutkan studi. Tentu saja perlu persiapan yang matang untuk dapat memperoleh beasiswa. Berikut ini, beberapa info beasiswa studi di Jepang sebagai bahan persiapan anda memperoleh beasiswa di Jepang.

Monbukagakusho Scholarship

Info beasiswa kuliah di Jepang yang pertama adalah Monbukagakusho atau sering disingkat MEXT. Beasiswa Monbukagakusho diberikan langsung dari pemerintah Jepang kepada pelajar Indonesia untuk meneruskan tingkat pendidikan mulai dari D2, D3, hingga S1. Beberapa universitas terkenal seperti Tokyo University of Foreign Student dan Osaka University akan menjadi tempat anda melanjutkan studi. Tersedia banyak program studi dari berbagai perguruan tinggi di Jepang yang dapat anda pilih.

Bidang Studi

Masing-masing jenjang studi mulai dari D2 hingga S1 mempunyai pilihan bidang studi yang beragam dan berbeda. Pertama, jenjang D2 atau disebut Senshu di Jepang menawarkan pelatihan praktis kejuruan. Anda dapat memilih maksimal 2 bidang studi saat mendaftar. Bidang studi yang dapat dipilih adalah Technology, Personal Care and Nutrition, Education anda Wlfare, Business, Fashion and Home Economics, Culture and General Education, dan bidang lainnya.

Info beasiswa studi di Jepang selanjutnya pada jenjang D3 atau dikenal dengan istilah KOSEN di Jepang. Program ini berfokus pada studi teknik yang terdiri dari percobaan dan latihan praktek. Anda mempunyai kesempatan memilih 3 bidang studi saat mendaftar. Bidang studi yang dapat dipilih sebagai berikut.

  1. Bidang Kimia : materials engineering.
  2. Bidang Fisika : mechanical engineering, electrical and electronic engineering, information, communication anda network engineering, architecture, civil engineering, maritime engineering, dan bidang studi lainnya.

Jenjang penddikan S1 sering disebut dengan istilah Gakubu di Jepang. Jenjang ini dibagi menjadi dua kategori IPA dan IPS, karena memang ditujukan untuk lulusan SMA. Sedangkan untuk lulusan SMK bisa mendaftar bila memiliki jurusan yang linier dengan bidang studi. Berikut bidang studi yang dapat dipilih.

  1. Kategori IPS-a : law, politics, pedagogy, sociology, literature, history, japanese language.
  2. Kategori IPS-b : economics, business administration
  3. Kategori IPA-a : Science (mathematics, physics, shemistry), electric and electronic studies (electronics, electrical engineering, information enginering), mechanical studies (mechanical engineering, naval architecture), civil engineering and architecture (civil engineering, architecture, enviromental engineering), chemical studies (applied chemistry, chemical engineering, industrial chemistry, textille engineering), metallutgical engineering, mining engineering, maritime engineering, biotechnology.
  4. Kategori IPA-b : agriculture, agriculture chemistry, agriculture engineering, animal science, veterinary medicine, forestry, food science, fisheres, hygenic studies, pharmacy, nursing, biology.

Persyaratan dan Cara Mendaftar

Info beasiswa sekolah di Jepang selanjutnya terkait dengan persyaratan. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menempuh beasiswa mext ini, berikut beberapa persyaratannya.

  1. Merupakan lulusan SMA atau SMK atau sederajat.
  2. Nilai rata-rata Ujian Nasional 8,4 untuk jenjang S1, bidang studi IPS tetap bisa mendaftar walaupun kurang dari 8,4 tapi harus melampirkan sertifikat Japanese Language Proficiency Test minimal level N3.
  3. Nilai rata-rata UN 8,0 untuk jenjang D2 dan D3
  4. Pemohon beasiswa tidak sedang menerima beasiswa lainnya.

Prosedur pendaftaran yang harus dilakukan cukup mudah. Anda dapat mendaftar secara online melalui web pendaftaran beasiswa mext. Kemudian cetak kartu pendaftaran dan lengkapilah dokumen pendukung seperti formulir pendaftaran yang sudah terisi, fotocopy ijazah, fotocopy SHNUN, serta fotocopy sertifikat kemampuan bahasa Jepang JLPT (optional). Semua dokumen tersebut dikirim ke Kedutaan Besar Jepang di Jl. Thamrin No. 24 Jakarta. Jangan lupa cantumkan jenjang pendidikan yang akan didaftar pada amplopnya.

Ajinomoto Post-Graduate Scholarship

Mengetahui info beasiswa sekolah di Jepang selanjutnya berasal dari perusahaan Ajinomoto. Perusahan bumbu penyedap ini menyediakan beasiswa penuh bagi anda yang ingin melanjutkan studi S2 di Jepang. Biaya yang ditanggung oleh Ajinomoto cukup banyak. Tidak hanya biaya kuliah saja tetapi juga biaya hidup. Biaya hidup yang diberikan ± 23,4 juta per bulan untuk beasiswa Master’s Course Graduate selama 2 tahun.

Universitas dan Program Studi

Info beasiswa kuliah di Jepang selanjutnya tentang universitas dan program studi yang dicover oleh beasiswa Ajinomoto. Program beasiswa Ajinomoto ini bekerja sama dengan 6 universitas besar di Jepang yaitu Tokyo University, Kyoto University, Nagoya University, Ochanomizu University, Kagawa Nutrition University, dan Waseda University. Tidak semua program studi disediakan beasiswa, program studi yang ditawarkan hanya berkaitan dengan bidang nutrisi, teknologi pangan, ilmu kimia, ilmu biologi, dan juga kesehatan masyarakat.

Persyaratan dan Cara Mendaftar

Persyaratan pendaftaran cukup mudah. Anda perlu memilki motivasi tinggi untuk melanjutkan studi S2 di Jepang dalam bidang nutrisi, teknologi pangan, kesehatan masyarakat, ilmu kimia, dan ilmu biologi. Memiliki IPK minimal 3,50 saat S1. Merupakan warga negara Indonesia dengan masimal umur 35 tahun. Serta mempunyai motivasi tinggi untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Jepang.

Untuk dapat terdaftar sebagai penerima beasiswa Ajinomoto, anda perlu menyiapkan berkas-berkas dokumen sebagai berikut.

  1. Surat pernyataan post-graduate scholarship
  2. Formulir pendaftaran
  3. Formulir bidang studi dan program studi yang akan diambil
  4. Surat rekomendasi dari ahli seperti rektor atau dosen atau pembimbing skripsi
  5. Salinan transkrip nilai pada jenjang S1
  6. Salinan sertifikat bahasa asing, yaitu kemampuan bahasa Inggris serta bahasa Jepang

Dokumen pada nomor satu sampai empat dapat anda downloada format resminya di halaman resmi beasiswa Ajinomoto. Setelah semua berkas dan dokumen terpenuhi. Anda harus mengirimkannya ke kantor Ajinomoto Indonesia yang ada di Jl. Laksda Yos Sudarso 77-78, Sunter Jakarta. Apabila ada dinyatakan lolos seleksi, anda akan dihubungi untuk tahap seleksi selanjutnya. Pembukaan pendaftaran dibuka pada awal tahun, jadi jangan sampai ada lewatkan kesempatan ini. Itu dia beberapa informasi beasiswa di Jepang. Masih banyak lagi beasisawa yang dapat diperoleh untuk kuliah di Jepang. Jangan pernah pantang menyerah dan persiapakan segala persyaratan untuk dapat meneruskan kuliah di Jepang. Jangan lupa untuk belajar bahasa Jepang, karena ketrampilan bahasa Jepang akan menjadi poin plus bagi pendaftar beasiswa di Jepang. Semoga artikel tentang info beasiswa sekolah di Jepang ini dapat bermanfaat untuk anda.

Senangnya bisa melanjutkan sekolah, apalagi dapat beasiswa, mau menerjemahkan dan translet dokumen persyaratan dan persiapan kuliah, studi, belajar dan sekolah di luar negeri? Kami tim penerjemah tersumpah dan sworn translator siap membantu.

Please follow and like us:
error: Content is protected !!
× Apa yang bisa kami bantu?